Memigrasikan Pesan Terenkripsi dengan Aman ke CSE Gmail

Administrator Workspace kini dapat memigrasikan email terenkripsi dari layanan lain, seperti Microsoft 365, Microsoft Exchange, atau Virtru, ke client-side encryption (CSE) Gmail dalam format S/MIME. Ini memungkinkan para pelanggan Google Workspace menyederhanakan proses migrasi dengan mengimpor email sensitif secara massal sebagai pesan S/MIME tanpa mengorbankan privasi atau postur compliance mereka.

Baca juga: Peningkatan Kapabilitas Emoji Picker Gmail, Kini Makin Inklusif

Kapabilitas migrasi pesan terenkripsi ke CSE Gmail

Photo Credit: Freepik

Sebelumnya, kapabilitas untuk memigrasikan email terenkripsi hanya terbatas dalam layanan Workspace. Kini setelah update, administrator dapat memigrasikan email terenkripsi dari sisi klien (CSE) dari layanan lain (seperti Microsoft 365, Microsoft Exchange, atau Virtru) dalam format S/MIME. Berikut detail selengkapnya:

  • Pesan S/MIME yang diimpor dari penyedia email lain kini didukung oleh CSE Gmail.

  • Pelanggan Virtru dapat menggunakan utilitas migrasi Gmail untuk mengenkripsi arsip teks biasa mereka dari Vault atau Takeout, dan mengimpornya sebagai pesan S/MIME.

  • Pelanggan dapat mengimpor secara massal arsip email teks biasa apa pun ke Gmail sebagai pesan S/MIME.

  • CSE Migration Utility Gmail tersedia untuk Windows, Mac, dan Linux, serta mendukung format file PST & Mboz.

Mulai menggunakan kapabilitas

Penting untuk diingat, bagi administrator Workspace, migrasi pesan S/MIME dari Microsoft 365 atau Microsoft Exchange ke Gmail, sertifikat yang digunakan harus sama dengan yang ditampilkan di Microsoft agar migrasi dapat berjalan.

Administrator perlu menyiapkan Gmail API dan Gmail CSR bagi end user menggunakan sertifikat yang sama yang ada di layanan Microsoft. Setelah akun Gmail dikonfigurasi dengan sertifikat S/MIME, Anda dapat memigrasikan pesan dari layanan Microsoft ke Gmail. Kapabilitas ini tidak memerlukan pengaturan tambahan dari end user untuk dapat digunakan.

Baca juga: Penerjemah Otomatis Gmail Kini Tersedia untuk Perangkat Seluler

Ketersediaan

Photo Credit: Pexels

  • Web dan Android

    • Kapabilitas ini tersedia mulai dari tanggal 21 Maret 2024.

  • iOS

    • Dilakukan perilisan dalam format extended rollout, baik untuk domain rilis cepat maupun domain rilis terjadwal mulai tanggal 21 Maret 2024 (kemungkinan hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas keseluruhan fitur).

Kapabilitas tersedia untuk pelanggan Google Workspace Enterprise Plus, Education Standard, dan Education Plus.

Baca juga: Meningkatkan Konsistensi Data Gmail di Security Investigation Tool dan BigQuery

Peningkatan kapabilitas ini memungkinkan administrator untuk memigrasikan email terenkripsi dari layanan lain ke CSE Gmail, bahkan dalam jumlah besar sekaligus. Kapabilitas ini telah tersedia bagi pelanggan Google Workspace Education yang bisa Anda dapatkan melalui EIKON Technology, partner resmi Workspace Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments