Peningkatan Kapabilitas Emoji Picker Gmail, Kini Makin Inklusif

Ada kalanya, saat menulis email, deretan kata-kata saja tak cukup untuk menyampaikan pesan yang ingin Anda sampaikan. Maka tak heran jika kemudian muncul emoji atau emoticon yang dapat disertakan pada pesan. Emoji merupakan gambar berukuran kecil yang mewakili suatu ekspresi wajah, barang, atau konsep tertentu dalam komunikasi digital, bisa berupa gambar statis maupun gambar bergerak (animasi). Salah satu contoh populernya adalah emoji smiley face.

Selain membantu Anda menyampaikan pesan, emoji juga dapat mencegah terjadinya kesalahpahaman dalam membaca email. Salah satu kelemahan pesan tertulis adalah terkadang Anda tidak bisa membaca emosi atau apa yang sedang dialami oleh penulisnya. Misalnya, pesan yang sebenarnya bercanda, tapi dianggap serius karena pesan tertulis tidak bisa menangkap emosi tersebut dengan baik. Memanfaatkan emoji, situasi semacam ini dapat dihindari.

Nah, untuk membantu Anda menyampaikan pesan lebih baik, Gmail kini menghadirkan kapabilitas emoji picker dalam penulisan email. Tidak sekadar menghadirkan emoji biasa, Gmail menghadirkan emoji yang lebih inklusif untuk para penggunanya. Seperti apa?

Kapabilitas emoji picker Gmail

Photo Credit: Google Workspace Updates

Seperti yang sudah disebutkan pada bagian pembuka, emoji dalam komunikasi digital dapat membantu Anda menyampaikan pesan lebih baik. Salah satu contoh penggunaannya adalah pada penulisan email. Dengan menyisipkan emoji maka intensi Anda dalam email akan lebih mudah dipahami oleh penerimanya.

Per tanggal 25 Oktober 2023 ini, Anda sudah bisa menemukan kapabilitas emoji picker atau penambahan emoji di Gmail. Menariknya lagi, emoji yang dihadirkan Google untuk Gmail ini dirancang lebih inklusif dengan menyertakan opsi warna kulit (skin tone) serta preferensi gender. Google juga telah meningkatkan kapabilitas ini di Gmail versi web.

Baca juga: Upgrade Penelusuran Google Chat dan Gmail, Kini Dilengkapi dengan Saran Pencarian

Mulai menggunakan fitur

Photo Credit: Google Workspace Updates

Untuk menggunakan kapabilitas emoji picker Gmail tidak dibutuhkan pengaturan tambahan apa pun dari administrator. Kapabilitas akan aktif secara default setelah tanggal peluncuran dan tidak dapat dinonaktifkan oleh pengguna. Jika ingin menambahkan emoji pada email Anda, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik ikon emoji di bagian bawah toolbar draf email Anda.
  2. Pilih panah di sudut kanan bawah.
  3. Pilih warna kulit atau preferensi gender sesuai kebutuhan Anda (tersedia untuk beberapa jenis emoji).
  4. Pilihan ini akan terus tersimpan hingga Anda memperbaruinya.

Baca juga: Penerjemah Otomatis Gmail Kini Tersedia untuk Perangkat Seluler

Ketersediaan fitur

Kapabilitas emoji picker dari Gmail ini dirilis secara bertahap untuk domain rilis cepat, mulai dari tanggal 25 Oktober 2023. Kemudian untuk domain rilis terjadwal, perilisan dilakukan secara bertahap mulai dari tanggal 13 November 2023. Kapabilitas ini tersedia untuk seluruh pelanggan Google Workspace dan pengguna dengan Google Account pribadi.

Baca juga: Meningkatkan Konsistensi Data Gmail di Security Investigation Tool dan BigQuery

Hadirnya kapabilitas emoji picker yang telah dirancang inklusif di Gmail ini diharapkan dapat membantu Anda untuk lebih mudah menyampaikan pesan serta menghindari kesalahpahaman selama bertukar email. Kapabilitas ini pun dirancang untuk mudah diakses dan digunakan sehingga tidak akan menghambat alur kerja Anda.

Tertarik untuk mulai mencoba kapabilitas emoji picker dan berbagai fitur andalan Gmail lainnya? Anda bisa mengoptimalkan seluruh fitur dan kapabilitas Gmail dengan berlangganan Google Workspace for Business yang tersedia di EIKON Technology. Kami merupakan partner resmi Google Workspace Indonesia yang menyediakan produk orisinal bergaransi. Untuk informasi lebih lanjut mengenai berlangganan Workspace, silakan hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments