Trend Bisnis 2019 Yang Wajib Diketahui Pemilik Perusahaan

Trend Bisnis 2019 adalah tahun dimana perusahaan yang memanfaatkan aplikasi dan teknologi semakin berkembang. Kita bisa lihat dimana GOJEK, Traveloka, Tokopedia, Bukalapak telah menyandang status unicorn.

Seperti yang diketahui jika masyarakat indonesia merasa sangat dimudahkan dengan kehadiran perusahaan tersebut dimana cukup menggunakan smartphone mereka maka semua kebutuhan dapat terpenuhi. Mulai dari tiket pesawat, pesan antar makanan, layanan ojek, hingga kebutuhan rumah pun dapat mereka pesan hanya dengan duduk santai.

Trend bisnis Ini juga yang butuh diterapkan di perusahaan agar karyawan dapat bekerja secara efisien dan maksimal. Aplikasi yang tepat akan memudahkan karyawan dan akan meningkatkan omzet perusahaan. Oleh karena itu kami telah merangkum trend bisnis 2019 yang wajib diketahui pemilik perusahaan.

  • Trend Bisnis Memanfaatkan AI (Artificial Intelegent)

Jika kita mundur sedikit kebelakang banyak orang berkata AI adalah masa depan tetapi saat ini kita bisa bilang bahwa AI adalah masa kini. Artificial Intelegent adalah cabang ilmu komputer yang menekankan pengembangan intelejen mesin. Pola berfikir yang dibuat seperti manusia. Seperti, pengenalan suara, pemecahan masalah, pembelajaran dan perencanaan.

Trend bisnis tahun ini akan semakin banyak perusahaan yang menerapkan artificial intelegent baik untuk memudahkan pekerjaan atau meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan. Sebagai contoh penerapan AI adalah virtual asistant dan chatbot .

Meskipun tidak semua aplikasi AI diperlukan untuk perusahaan Anda tetapi ada baiknya Anda menganalisis dan melihat opsi yang ada untuk meningkatkan kualitas perushaaan Anda

  • Bekerja Secara Dinamis

Dengan kemajuan internet membuat semua perusahaan di dunia terhubung. Ini juga yang menuntut perusahaan harus dinamis. Sebagai contoh dan mungkin beberapa dari Anda juga mengalami dimana dalam 1 hari Anda bisa mengunjungi beberapa kota atau bahkan negara hanya untuk meeting. Pagi di jakarta, siang di surabaya, sore ke medan, dan malam kembali ke Jakarta

Tren bisnis 2019 akan semakin banyak perusahaan yang bekerja sama atau berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas perusahaan. Oleh karena itu para pemiliki perusahaan harus menyiapkan diri dan sumber daya yang bisa mendukung kerja yang dinamis.

  • Pilihan Pembayaran Semakin Berkembang

OVO, Gopay, DANA dan lain sebagainya adalah salah satu contoh aplikasi pembayaran yang memudahkan kita.

Trend bisnis tahun ini akan mengarah ke cashless dimana tidak lagi menggunakan uang tunai untuk melakukan pembayaran. Oleh karena itu para pemiliki perusahaan wajib beradaptasi dan menerapkan proses pembayaran seperti ini. Perusahaan mampu untuk melakukan transaksi non tunai dengan menggunakan kartu kredit dan lainnya.

  • Perang Harga Semakin Kompetitif

Kita bisa lihat di marketplace seperti tokopedia, bukalapak bagaimana dalam aplikasi tersebut untuk satu produk kita bisa melihat banyak sekali variasi harga. Ini membuat persaingan harga akan sulit dihindari. Jika kita memberi harga yang sedikit mahal sudah pasti akan kalah karena pelanggan dengan mudah melihat pilihan harga yang lebih murah.

Walaupun perusahaan Anda bukan perusahaan yang menjual produk di marketplace tersebut pelanggan akan tetap dengan mudah membandingkan harga karena di internet semua informasi dapat diakses oleh siapapun.

Oleh karena itu ada baiknya pemilik perusahaan mulai mempertimbangkan kembali harga mereka dengan melakukan strategi untuk memenangkan persaingan harga di tahun 2019 ini.

Itulah trend bisnis 2019 yang akan terjadi. Wajib untuk pemilik perusahaan mulai beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Kami dari EIKON Technology adalah perusahaan cloud solution dapat membantu Anda untuk menyediakan layanan yang memudahkan kerja di perusahaan Anda seperti layanan email, Cloud Server, Workflow document management.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of