EIKON TECHNOLOGY BLOG

6 Langkah Meningkatkan Keamanan Email Dari Serangan Cyber

Meningkatkan Keamanan Email

Keamanan email merupakan faktor penting yang harus diperhatikan oleh setiap orang. Zaman digital saat ini email sangat berperan penting dalam hal komunikasi terutama untuk bisnis. Hal ini menjadi celah oleh penjahat siber untuk mengambil keuntungan dengan melakukan hal yang tidak bertanggung jawab.

Keamanan email bukan hanya tanggung jawab provider dan juga admin tetapi pengguna juga harus berusaha menjaga data nya agar tidak emailnya tidak bisa dibobol oleh orang jahat. Oleh karena itu kami telah merangkum langkah langkah yang harus dilakukan untuk mengamankan email Anda.

6 Langkah Meningkatkan Keamanan Email

1. Aktifkan verifikasi 2 langkah

Verifikasi 2 langkah adalah dengan meminta provider email mengirimkan kode ke HP Anda sehingga saat ada orang jahat mengetahui password email tetap belum tentu bisa login karena harus mengisi kode angka yang dikirimkan ke HP Anda.

keamanan email

2. Update browser dengan versi terbaru

Dengan melakukan update browser terbaru maka sudah pasti browser tersebut telah memperbaiki kekurangan yang sebelumnya ada sehingga membantu Anda untuk mengamankan email.

Cara mengupdate Google Chrome

  1. Di komputer, buka Chrome.
  2. Di kanan atas, klik Lainnya .
  3. Klik Update Google Chrome. Jika tombol ini tidak ditampilkan, berarti Anda telah menggunakan versi terbaru.
  4. Klik Luncurkan Kembali

Browser akan menyimpan tab serta jendela yang terbuka dan membukanya kembali secara otomatis saat dimulai ulang. Jika Anda tidak ingin langsung memulai ulang, klik Nanti saja. Saat Anda memulai ulang browser di lain waktu, pembaruan akan diterapkan.

3. Gunakan password yang bervariasi dan sering menggantinya

Password merupakan hal yang sangat penting karena jika password mudah seperti tanggal lahir atau menulis password dengan “password” atau nama sendiri maka akan mudah dibobol oleh hacker karena tentu mereka sangat berpengalaman dalam mengetahui password .

Gunakan password yang unik dan gabungan dari beberapa karakter seperti “!n1 C0n7oH@#. Dan jangan lupa walaupun sudah menggunakan password yang unik tetap harus sering mengganti secara berkala.

4. Jangan membuka email mencurigakan

Salah satu cara hacker meretas email Anda adalah dengan mengirimkan email yang meminta Anda untuk membuka emailnya dan klik sesuatu di email tersebut. Jika ada permintaan tersebut jangan pernah dilakukan terutama email yang Anda tidak kenal pengirimnya.

Cek juga antara nama email dan nama akun pengirim apakah sama atau tidak. Jika berbeda maka berhati hatilah dengan email tersebut. Selain membuka email Anda juga berhati hati saat membuka lampiran email.

5. Tidak mengisi form web tidak umum

Adakalanya kita tertarik oleh penawaran menarik oleh website publik. Entah itu berupa diskon barang, ebook, video edukasi atau apapun dengan syarat Anda harus mengisi form yang ada kolom email dan password. Jika ada yang seperti itu maka Anda harus memperhatikan dengan sangat teliti website tersebut apakah website tersebut terpercaya atau tidak.

6. Gunakan Provider Berkualitas

Ada banyak pilihan provider saat kita ingin membuat email maka pilihlah provider yang sudah teruji keamananya dan sangat menjaga data penggunanya seperti layanan milik Google yaitu GMail.

Kami dari EIKON Technology selaku reseller g suite Indonesia dari google dapat menyediakan layanan email untuk perusahaan Anda tentu dengan keamanan email yang terjamin dan juga email yang Anda gunakan adalah dengan domain perusahaan Anda. jika berminat silahkan klik button dibawah dan kami akan menghubungi Anda.




Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of