Update Terbaru Google Chat: Kapasitas Space Lebih Besar

Pada bulan Maret 2022 lalu, Google Workspace mengumumkan metode baru mereka untuk meningkatkan komunikasi dan kolaborasi kerja. Salah satunya adalah dengan meningkatkan jumlah anggota yang dapat ditambahkan ke Space di Google Chat dari 400 peserta menjadi 8.000 peserta. Apakah penambahan kapasitas ini berlaku untuk seluruh edisi Google Workspace?

Mulai menerapkan update

Photo Credit: Google Workspace Updates

Update kapasitas Google Chat ini tidak memerlukan kontrol dari administrator. Sedangkan untuk end user, pengaturan mengikuti domain yang dipilih, yaitu:

  • Untuk Chat-preferred domain, fitur ini hanya berlaku untuk Space yang baru dibuat.
  • Untuk Chat-only domain, fitur ini tersedia untuk semua Space, baik yang baru maupun yang sudah ada.
  • Spaces dengan peserta lebih dari 8.000, tidak dapat dibuat di Google Hangouts.

Baca juga: Space Managers Kini Dapat Ubah Akses di Google Chat, Bagaimana Caranya?

Ketersediaan fitur

Penambahan kapasitas Google Chat ini berlaku mulai tanggal 18 Juli 2022 dan tersedia untuk seluruh pelanggan Google Workspace, termasuk mereka yang masih menggunakan G Suite Basic dan G Suite Business. Namun fitur baru ini tidak tersedia untuk pengguna dengan Google Accounts pribadi.

Baca juga: Mencoba Update Baru Google Chat Versi Web: Temukan Orang Lebih Mudah!

Batasan Google Chat

Google Chat sebenarnya memiliki batasan kapasitas menyesuaikan jenis percakapan atau Space yang digunakan. Berikut detail selengkapnya:

  • Interoperabilitas antara Hangouts lama dan Google Chat

Pesan langsung 1:1, chat grup baru, dan Space tak berangkai di Chat bisa muncul di Hangouts klasik, dan sebaliknya. Namun, chat grup lama dan ruang berangkai di Chat tidak dapat dimunculkan di Hangouts klasik.

  • Percakapan grup dan batas Space peserta

Kapasitas peserta dalam percakapan atau Space grup bergantung pada jenis Chat:

Chat typeDescriptionMaximum number of participants
Percakapan grupPercakapan di bagian “Chat” dengan 2 orang atau lebih400
Space tak berangkaiPercakapan tunggal (tipe ruang default)8.000
Space berangkaiPisahkan percakapan yang dikelompokkan berdasarkan topik8.000
  • Jaringan obrolan eksternal

Pengguna Google Workspace yang belum mengaktifkan Chat tidak akan dapat dijangkau melalui Chat. Pengguna dapat mengirim pesan ke pengguna eksternal mana pun di perusahaan. Dengan catatan, mereka telah mengaktifkan Chat.

Pengguna masih dapat menggunakan hangouts.google.com untuk chat eksternal dan chat Hangouts klasik kemudian akan ditampilkan di Chat.

Tamu eksternal tidak dapat ditambahkan ke obrolan grup yang dibuat di Chat. Namun, pengguna yang mengaktifkan Hangouts klasik dapat membuat percakapan grup tanpa nama di Hangouts klasik jika setelan Chat secara eksternal aktif. Percakapan grup Hangouts klasik kemudian dapat muncul di Chat sebagai grup chat baru dengan tamu eksternal.

Khusus untuk Google Workspace Essentials: Jika domain Anda tidak diverifikasi, pengguna tidak dapat menambahkan rekan kerja di luar tim Essentials mereka ke obrolan grup. Semua orang di luar tim Essentials dianggap sebagai tamu eksternal, termasuk orang-orang di perusahaan mereka yang datang dari luar tim. Apabila domain diverifikasi, pengguna dapat melakukan obrolan grup dengan siapa saja di perusahaan mereka.

Baca juga: Kontrol Admin untuk Spaces yang Dapat Ditemukan di Google Chat

Dengan meningkatnya kapasitas Google Chat, kini Anda bisa mengajak lebih banyak orang untuk diajak berdiskusi. Terlebih kini Chat juga telah terintegrasi dengan aplikasi produktivitas lain yang ada dalam ekosistem Google Workspace seperti Gmail, Docs, Sheets, hingga Slides.

Gunakan Google Workspace untuk meningkatkan kolaborasi kerja tim Anda. EIKON Technology, sebagai Partner Premier Google menyediakan Google Workspace for Business untuk penggunaan skala besar di perusahaan. Penjelasan selengkapnya mengenai paket berlangganan Google Workspace melalui EIKON Technology, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments