Bluebar_navbar

22

Nov


Sebenarnya cara membuat rencana kerja tidaklah serumit yang dibayangkan, lho. Banyak pekerja dan murid mengalami sunday night blues yakni kondisi dimana perasaan sedih dan bahkan depresi kerap menyerang Anda ketika mengingat besok adalah hari Senin. Biasanya perasaan ini muncul saat menjelang sore hingga malam.

Merasa familiar dengan kondisi ini? Well, sebaiknya jangan lagi karena hal ini dapat diatasi dengan cara membuat rencana kerja yang menyenangkan sehingga Anda akan lebih produktif dan bahagia selama seminggu. Simak!

1. I Hate Love Monday: Mulai Atur Fokus Anda

Hari Senin tidak lagi menyebalkan ketika Anda sudah menyadari apa saja yang akan dilakukan selama seminggu ini. Kunci utamanya adalah fokus. Anda butuh perencanaan, konsistensi dan merencanakan waktu sebaik mungkin agar bisa lebih produktif.

Anda dapat memanfaatkan aplikasi Calender untuk mulai mengorganisir jadwal kerja harian, mingguan, atau bahkan bulanan. Aplikasi Calender yang berbasis cloud akan sangat membantu karena semua jadwal yang telah Anda atur akan terintegrasi pada semua device Anda untuk memudahkan akses ke agenda Anda kapanpun yang dibutuhkan.

Lakukan morning briefing bersama dengan anggota tim Anda untuk meninjau apa saja yang harus selesai dan apa yang harus dikerjaan di minggu ini. Buatlah catatan pada file dokumen online yang di-share pada seluruh anggota tim Anda, lalu mintalah mereka menuliskan task, project atau kesulitan apa untuk minggu ini.

Dengan menggunakan dokumen online berbasis cloud dapat memungkinkan Anda dan anggota tim untuk bekerja bersama-sama dan berkolaborasi dalam satu dokumen secara real-time. Anda dapat melihat progress terbaru yang dilakukan anggota tim pada dokumen tersebut tanpa harus mendatangi mereka satu-persatu.

2. Rabu Pagi: Mari Berbagi Dengan Orang Lain

Memasuki pertengahan minggu, jangan mengendurkan semangat. Bagi Anda yang telah menggunakan layanan Google Apps for Work, manfaatkan tools seperti Hangout untuk berkomunikasi dengan teman kantor atau anggota tim. 

Tinjau kembali agenda pada Calender Anda, apakah Anda sudah mengerjakan apa yang Anda tulis disana? Lihat juga catatan pada dokumen online yang sudah Anda buat bersama anggota tim. Tanyakan masalah apa yang mereka hadapi yang mungkin bisa Anda bantu mencari solusinya. 

Melakukan kolaborasi bersama anggota tim dapat meningkatkan semangat Anda karena rasa kebersamaan yang timbul dari kolaborasi tersebut. Sehingga Anda tak melulu merasa terbebani oleh suatu pekerjaan.

Sisipkan waktu senggang pada agenda kerja Anda

3. Kamis Siang: Kurangi Pekerjaan Siang Ini

Stress dalam bekerja dapat diatasi dengan cara membuat rencana kerja dan menyisipkan waktu senggang pada agenda mingguan Anda. Anda sudah memulai awal minggu dengan konsentrasi tinggi, cobalah untuk mengurangi pekerjaan pada siang ini. Tak ada salahnya memberi reward pada diri sendiri dengan menyisihkan waktu yang cukup senggang pada siang hari ini setelah bekerja penuh konsentrasi pada 3 hari sebelumnya. 

4. Jumat Sore: Check and Re-Check 

Tak terasa sudah hari Jumat, gunakan sore hari ini untuk me-review seminggu yang sudah berlalu. Cek kembali agenda Anda, apakah ada yang terlewat? Cari tahu hal-hal yang kurang di minggu ini untuk menjadi bahan perbaikan di minggu selanjutnya.

Kumpulkan anggota tim dan bahaslah mengenai tantangan apa yang mereka alami selama seminggu ini dan catatlah progress pada dokumen online agar semua anggota dapat membacanya sebagai bahan perbaikan bersama. Ingatlah, tujuannya adalah untuk memperbaiki diri dan bekerja lebih baik lagi.

Menyenangkan diri sendiri sebagai reward di akhir minggu

5. Hari Sabtu dan Minggu Adalah Hari Anda

Manfaatkan weekend Anda untuk menyenangkan diri sendiri. Nikmati liburan dengan tidak menyentuh pekerjaan sedikitpun. Setelah cukup lelah bekerja selama seminggu, berikan hadiah pada diri Anda dengan melakukan hal yang Anda suka.

Dengan menyenangkan hati Anda pada akhir minggu, Anda akan mendapat semangat baru untuk memulai minggu selanjutnya dengan lebih siap dan bahagia.

Nah, bisa dipastikan waktu bekerja Anda tidak akan menghabiskan banyak tenaga jika Anda telah mempersiapkannya dengan cara membuat rencana kerja di awal minggu. Sehingga Anda tak merasa terbebani dengan agenda pekerjaan. Anda akan menikmati pekerjaan, sekaligus bekerja lebih maksimal.

Bila Anda bekerja dengan mobilitas tinggi, Anda dapat memanfaatkan teknologi terkini untuk membantu Anda tetap bekerja dengan maksimal walaupun sedang dalam perjalanan. Pelajari bagaimana mobile computing dapat membantu Anda di ebook gratis kami:

Mobile_Cloud_Computing_Whitepaper.jpg

Download Free Ebook Here >

It's All About The Cloud

Welcome to EIKON Technology blog! We're excited to share our insights about the IT industry and the Cloud. Subscribe today to get the latest news.

  • Cloud News
  • Partner Updates
  • Product Releases
  • Company News

Subscribe To Updates