4 Fitur Terbaru Google Cloud yang Bisa Anda Coba

Sebagai sebuah solusi one stop cloud, Google Cloud terus berkembang untuk memenuhi berbagai kebutuhan penggunanya. Bagi Anda pengguna Cloud skala besar, berikut empat fitur terbaru yang bisa digunakan untuk memudahkan proses pengelolaan. Mari simak detail lengkapnya dalam poin-poin di bawah ini.

Google Transfer Appliance

Photo Credit: Rawpixel

Bagi Anda yang baru mulai melakukan transformasi digital dan berpindah ke Cloud, proses transfer data bisa menjadi masalah tersendiri. Sebagai pengguna Cloud dalam skala besar, tentu data yang Anda simpan berjumlah besar. Sebagai solusinya, Anda bisa memanfaatkan fitur terbaru Cloud, Google Transfer Appliance.

Google Transfer Appliance merupakan perangkat penyimpanan fisik yang dapat memuat data dari fasilitas lokal. Dengan memanfaatkan fitur baru ini, Anda dapat memindahkan data dari fasilitas penyimpanan lokal secara otomatis. Lebih hemat biaya dan tentunya waktu.

Saat penyimpanan penuh, Google Transfer Appliance akan langsung mengirimkan data dalam mode offline ke Google Cloud. Sedangkan dalam mode online Anda dapat melakukan streaming data yang disalin perangkat pada Cloud Storage.

Menjalankan fungsi serverless

Photo Credit: Rawpixel

Salah satu model pendekatan deployment yang diterapkan di Cloud adalah model serverless (tanpa server). Dengan model pendekatan ini, Anda tidak harus menjalankan instance atau container mesin virtual secara terus-menerus. Sebaliknya, Anda bisa memilih waktu operasi sesuai dengan kebutuhan.

Model deployment seperti ini dapat terwujud melalui perangkat serverless Google, Cloud Functions yang merupakan function as a service (FaaS).

Meski begitu, perlu diingat bahwa meski serverless tidak “memaksa” instance untuk terus berjalan, function tetap memerlukan waktu untuk dapat dimulai dan dijalankan, terutama jika instance sempat dimatikan sebelumnya (cold start). Google menawarkan waktu tunggu lebih singkat yang diberi nama instance minimum atau min.

Lebih banyak context

Fitur terbaru Google Cloud juga berusaha untuk memecahkan masalah yang berhubungan dengan resource mesin virtual. Google kemudian meluncurkan sebuah alat yang telah disempurnakan dengan lebih banyak context dan juga visibilitas untuk menjalankan workloads.

Fitur ini dapat diakses melalui Google Cloud Console. Dari sana, developer dapat membuka VM mana pun dan mengakses visualisasi bawaan. Dengan begitu, developer bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas dan detail terkait masalah-masalah umum seperti masalah memori, jaringan, CPU, Disk, dan bahkan live processes.

Unattended Project Recommender

Photo Credit: Piqsels

Seiring berjalannya waktu, dalam menggunakan layanan cloud, Anda akan menemukan resources yang berjalan di cloud yang sudah tidak diperlukan lagi. Jika sebelumnya mencari resources semacam ini harus melalui proses manual, Anda pengguna Google Cloud tidak perlu bersusah payah lagi.

Sekarang telah tersedia fitur Unattended Project Recommender yang merupakan bagian dari Active Assist. Dengan rekomendasi otomatis ini, Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang dan waktu untuk mencari resources yang menganggur. Bukan hanya itu, fitur baru ini juga melindungi Anda dari risiko keamanan yang mungkin timbul akibat resources usang.

Unattended Project Recommender sendiri memanfaatkan mesin untuk mengidentifikasi resources menurut API, aktivitas jaringan, billing, penggunaan layanan cloud, serta sinyal lain yang bisa menjadi indikator  penentu.

Dengan hadirnya fitur-fitur baru dari Google Cloud diharapkan setiap masalah yang dihadapi para user dapat menemukan solusi, terutama bagi Anda yang menggunakan layanan Cloud dalam skala besar.

Anda pemilik perusahaan atau instansi yang membutuhkan penyimpanan data berskala besar? Google Cloud bisa menjadi solusi penyimpanan yang bukan hanya efisien tapi juga aman. Nikmati segala kemudahan yang ditawarkan hanya dengan berlangganan layanan Google Cloud dari sekarang. EIKON Technology siap memfasilitasi Anda untuk keperluan tersebut. Klik di sini untuk konsultasi lebih lanjut mengenai subscription layanan Google Cloud.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments