5 Alasan Mengapa Google Cloud VMware Engine adalah Solusi VMware Terbaik

Google Cloud VMware Engine menawarkan VMware cloud-native yang dibangun di atas infrastruktur Google Cloud, menghasilkan performa dan skalabilitas tinggi. Layanan ini memungkinkan pelanggan untuk mengadopsi Google Cloud dengan cepat dan mudah. Dengan sedikit modifikasi pada beban kerja vSphere, layanan ini menyatukan VMware dan Google Cloud dalam satu platform untuk berbagai kebutuhan.

Berikut adalah 7 aspek yang membuat Google Cloud VMware Engine unggul dari alternatif lain dalam menjalankan beban kerja VMware di cloud, menyederhanakan operasi, dan membantu Anda berinovasi lebih cepat.

  • Jaringan khusus data center 100Gbps

Node Google Cloud VMware Engine hadir dengan redundant switching dan jaringan khusus data center 100 Gbps khusus tanpa kelebihan langganan bandwidth. Hal ini sulit ditemukan pada alternatif lain karena umumnya mereka menerapkan kelebihan langganan. Padahal, aspek ini sangat penting saat menjalankan beban kerja yang sensitif terhadap latensi.

Baca juga: Mempercepat Pemeriksaan Sistem dengan Pelacakan Beban Kerja Google Cloud

  • Jaringan global tanpa perutean yang rumit

Photo Credit: jcomp (Freepik)

Jaringan Google Cloud VMware Engine dibangun berdasarkan arsitektur jaringan Google Cloud yang kuat. Dengan mode perutean regional dan global yang disederhanakan, Anda dapat merancang jaringan global tanpa perlu membuat dan menghubungkan desain jaringan regional.

Pengguna akan mendapat akses Layer 3 secara langsung. Di lingkungan cloud lain Anda mungkin harus melakukan konfigurasi jaringan khusus antar wilayah dan hal ini sering kali memerlukan tunnel berbasis VPN melalui WAN untuk mengaktifkan komunikasi jaringan global yang seragam. Tentu akan menambah kompleksitas penyebaran dan operasional, di samping biaya.

  • Model yang terpadu dan terintegrasi dengan cloud

Google Cloud VMware Engine merupakan layanan pihak pertama yang dikelola, dioperasikan, dan didukung sepenuhnya oleh Google. Dengan identitas, penagihan, dan kontrol akses yang terintegrasi penuh, Anda akan menikmati pengalaman end-to-end yang jauh lebih sederhana.

Menariknya lagi, layanan Google Cloud VMware Engine ini dapat diakses melalui Google Cloud Console, seperti layanan Google Cloud lainnya. Anda juga dapat mengakses layanan Google Cloud lain secara pribadi dari VMware private cloud yang berjalan di VMware Engine melalui koneksi lokal.

Baca juga: Cara Mengoptimalkan Biaya Penerapan Google Cloud VMwere Engine

  • Fleksibilitas dalam kompatibilitas ekosistem pihak ketiga

Dengan Google Cloud VMware Engine, Anda dapat menyiapkan tools atau produk pihak ketiga lokal VMware yang memerlukan hak istimewa tambahan. Kemampuan ini akan membantu Anda mencapai konsistensi operasional, sekaligus memastikan bahwa tools yang telah diinvestasikan dan digunakan selama bertahun-tahun dapat berfungsi di Google Cloud VMware Engine.

Bukan hanya itu, di area utama seperti enkripsi data vSAN, tersedia alternatif di samping Google Cloud Key Management Service (KMS)—yang diaktifkan secara default di penyimpanan data vSAN. VMware Engine juga menyediakan KMS eksternal seperti Fortanix, HyTrust, dan Thales.

  • Node yang padat dengan penyimpanan tinggi

Photo Credit: pressfoto (Freepik)

Node Google Cloud VMware Engine terhitung padat di kelasnya. Bahkan tiap node yang ada telah dibekali Prosesor Intel® Xeon® Scalable Processors dan dilengkapi dengan 36 core, 72 hyperthreaded cores, memori 768 GB, data NVMe 19,2 TB, dan penyimpanan cache NVMe 3,2 TB.

Ditambah dengan kelebihan langganan, maka akan menghasilkan rasio konsolidasi yang tinggi, storage:core per dolar, dan memory:core per dolar yang menarik. Selain itu, Anda juga bisa menjalankan node ini dengan cepat di cloud pribadi VMware dalam waktu kurang dari satu jam, mengaktifkan kapasitas VMware yang konsisten sesuai permintaan di Google Cloud.

Baca juga: Kolaborasi Google Cloud dan RAMP untuk Percepatan Migrasi Cloud

Kelima aspek yang disebutkan di atas hanyalah beberapa contoh inovasi yang ditawarkan oleh infrastruktur Google Cloud VMware Engine. Layanan ini berfokus pada pelanggan sehingga terus dikembangkan untuk bisa memenuhi berbagai kebutuhan yang muncul. Selain itu, migrasi ke Google cloud dapat menghemat hingga 38% pada TCO (total cost of ownership).

Berencana untuk mulai melakukan migrasi data ke cloud? EIKON Technology siap mendampingi Anda. Sebagai authorized partner Google untuk Indonesia, kami menyediakan berbagai solusi komputasi dari Google yang legal, aman, dan bergaransi. Selain produk, EIKON Technology juga memberikan pendampingan menyeluruh mulai dari perencanaan hingga implementasi produk. Untuk memilih layanan Google Cloud sesuai kebutuhan Anda, silakan klik di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments