Mempercepat Pemeriksaan Sistem dengan Pelacakan Beban Kerja Google Cloud

Ekspansi masif dari internet dan komputasi awan (cloud), tanpa disadari telah menyebabkan beban kerja WSC (warehouse-scale computing) menjadi sangat tinggi, hingga mendorong pertumbuhan terbesar dalam permintaan komputasi sepanjang sejarah. Hal ini sebenarnya sangat wajar jika mengingat fungsi WSC yang begitu luas, mulai dari pencarian, berkirim email, berbagi video, hingga peta online.

Namun tantangan beban kerja WSC ini tentu harus segera ditemukan solusinya. Ini karena beban kerja berbeda dari komputasi lainnya, terutama dalam hal persyaratan yang berhubungan dengan permintaan skalabilitas, elastisitas, dan ketersediaan.

Sudah banyak studi dan penelitian yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sebenarnya, ada banyak sekali solusi yang muncul. Namun jika dilihat dari segi penyebab masalah, diketahui bahwa hal ini masih berhubungan dengan beban kerja. Disebutkan, pemeriksaan sistem WSC menjadi sangat lama karena ada banyak sekali beban kerja yang harus dilacak.

Google menghadirkan solusi atas permasalahan ini dengan menyediakan layanan pelacakan beban kerja. Bagaimana layanan tersebut bekerja dalam menangani tantangan WSC ini? Mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Mengenal WSC dan beban kerjanya

Photo Credit: wayhomestudio (Freepik)

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa beban kerja WSC pada dasarnya memiliki karakteristik yang berbeda dari tolok ukur tradisional serta memerlukan perubahan arsitektur komputer modern untuk mencapai efisiensi yang optimal.

Beban kerja Google memiliki jejak data dan instruksi yang melampaui kapasitas cache CPU modern. Itu artinya, CPU akan menghabiskan sebagian besar waktu untuk menunggu kode dan data. Sayangnya, permasalahan ini tidak dapat diatasi dengan meningkatkan bandwidth memori.

Sebab, ada banyak akses yang berada di jalur kritis untuk pemrosesan permintaan aplikasi. Selain itu, banyak yang sering melupakan bahwa mengurangi latensi akses memori juga sama pentingnya dengan meningkatkan bandwidth memori.

Baca juga: Membangun Data Warehouse yang Aman dengan Blueprint Keamanan Baru Google Cloud

Pelacakan beban kerja Google

Karakteristik WSC yang unik tersebut membuat mereka yang ada dalam komunitas arsitektur komputer terus mengembangkan teknologi untuk melacak jejak beban kerja WSC. Dengan melacak beban kerja WSC maka mereka pun akan lebih mudah melakukan penelitian arsitektur.

Di awal bulan Mei 2022, Google meluncurkan layanan pelacakan beban kerja Google tertentu. Layanan ini akan membantu Anda dalam memahami beban kerja WSC, terutama saat berinteraksi dengan komponen yang mendasarinya. Dengan format open-source, alat pelacakan ini diharapkan dapat mengembangkan solusi baru untuk front-end dan mengatasi hambatan akses data.

Teknologi DynamoRIO

Photo Credit: Freepik

Untuk bisa melacak jejak beban kerja, Google menggunakan DyanamoRIO pada server komputer yang menjalankan beban kerja. Detail mengenai layanan ini dapat Anda akses melalui link berikut: https://dynamorio.org/google_workload_traces.html. Untuk melindungi privasi pengguna, jejak tersebut hanya akan berisi instruksi dan alamat memori.

Jejak tersebut berguna untuk memahami beban  kerja WSC dan menyemai pemeriksaan internal pada prosesor front-end, interkoneksi on-die, cache, dan subsistem memori, dan lain-lain (pada dasarnya, semua area yang bisa memengaruhi beban kerja WSC). Misalnya, menggunakan jejak untuk mengembangkan AsmDB.

Ke depannya, layanan pelacakan jejak beban kerja Google ini diharapkan dapat membantu komunitas arsitektur komputer untuk mengembangkan ide-ide baru yang meningkatkan kinerja dan efisiensi beban kerja WSC lainnya.

Baca juga: Menghubungkan Data SAP Lewat Cloud Data Fusion Dengan Google Cloud Cortex Framework

Google sendiri memiliki layanan komputasi mandiri (Google Computing Service). Layanan tersebut masih merupakan bagian dari Google Cloud. Nah, penerapan teknologi pelacakan beban kerja WSC ini akan lebih optimal jika Anda menggunakan Google Cloud. Untuk penggunaan Google Cloud dalam skala besar seperti pada perusahaan atau instansi pendidikan, tentu tidak bisa disamakan dengan penggunaan layanan cloud individu.

Tak perlu khawatir, sebab EIKON Technology menyediakan paket subscriptions Google Cloud resmi dan bergaransi. Anda pun bisa memilih paket sesuai kebutuhan. Jika sudah menemukan paket yang sesuai, bisa langsung memulai implementasi Google Cloud. Kami juga akan mendampingi mulai dari perencanaan hingga pasca-implementasi. Untuk informasi selengkapnya, hubungi kami di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments