Optimalkan Startup Anda dengan Technical Guide for Startups, Panduan Teknis Praktis dari Google Cloud

Tiap tahap perjalanan startup pasti memerlukan tingkat dukungan dan sumber daya yang berbeda. Dukungan dan sumber daya yang Anda butuhkan saat akan melakukan ekspansi tentu akan berbeda dengan saat baru membangun startup. Namun sering kali pemilik startup tidak menyadari hal tersebut. Mereka pada akhirnya menerapkan dukungan serta sumber daya yang sama pada tiap tahapan. Dampaknya, potensi yang mereka miliki tidak dikelola secara optimal dan hasil yang didapat pun kurang maksimal.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Google Cloud meluncurkan Technical Guide for Startups. Ini merupakan sebuah rangkaian panduan teknis dalam format video yang dapat diakses secara gratis. Hingga saat ini sudah ada puluhan video yang bisa Anda tonton dan pelajari. Paling baru, Google Cloud meluncurkan Build Series yang memang dikhususkan untuk pengembangan startup. Apa saja yang ditawarkan dalam rangkaian video panduan tersebut?

Panduan teknis untuk bantu perkembangan startup Anda

Photo Credit: pressfoto (Freepik)

Secara garis besar, Google Cloud Technical Guides for Startups merupakan rangkaian panduan teknis yang membantu para pemilik dan pelaku startup. Panduan tersebut hadir dalam berbagai format seperti artikel, handbook, dan juga komunitas diskusi. Namun yang paling menarik hadir dalam format seri video.

Pada rangkaian video tersebut Anda akan diajak untuk memahami seluk-beluk startup, mulai dari tahap awal hingga penggembangannya. Hingga artikel ini ditulis (pertengahan Mei 2022), Google Cloud telah meluncurkan 2 seri video. Masing-masing seri menggambarkan tiap tahapan dalam perjalanan startup, yaitu:

  • Start Series: Dalam seri ini, Google Cloud memperkenalkan beberapa topik untuk membantu Anda memulai startup di ekosistem mereka. Tahapan ini termasuk menyiapkan proyek, memilih opsi komputasi yang tepat, melakukan konfigurasi database dan jaringan, serta memahami dukungan dan penagihan. Start Series bisa Anda akses di sini.
  • Build Series: Seri ini dirancang untuk membantu Anda dalam mengoptimalkan dan menskalakan penerapan yang ada. Dengan begitu, Anda pun akan lebih mudah menjangkau target audiens.

Rencananya, dua seri video tersebut akan dilanjutkan dengan sebuah seri baru mengenai pertumbuhan startup. Seri baru ini diberi judul Grow Series. Berikut deskripsi Grow Series yang telah dirilis Google Cloud:

Grow Series: Dalam seri ini, Google Cloud menyediakan panduan teknis yang akan membantu startup Anda tumbuh dan mencapai skala lebih besar dengan berbagai penerapan di ekosistem mereka.

Baca juga: Memanfaatkan Google Cloud untuk Menyusun Proyek Data Science

Setelah mengikuti rangkaian tersebut, diharapkan Anda sudah bisa mulai menerapkan aplikasi yang berjalan di Google Cloud. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan tentu saja adalah mengembangkan dan mengoptimalkan penerapan tersebut. Google juga menyediakan beberapa dukungan yang bisa Anda manfaatkan untuk kebutuhan tersebut.

Memulai Build Series

Dengan selesainya Start Series, Google melanjutkan dengan seri mengenai pembangunan startup yang diberi nama Build Series.

Build Series fokus pada proses optimalisasi penerapan dan penskalaan bisnis startup, sehingga memungkinkan Anda membangun fondasi untuk mempercepat pertumbuhan di masa depan. Tersedia berbagai topik menarik di dalam Build Series ini, mulai dari program startup hingga solusi analisis data dan pipeline Google Cloud, pembelajaran mesin, manajemen API, dan banyak lagi.

Photo Credit: drobotdean (Freepik)

Rangkaian panduan ini juga akan memberikan insight terhadap data startup Anda. Agar data tersebut tidak sekadar ada, Google juga memberikan pengetahuan mengenai cara mengelola serta mengamankan aplikasi Anda dengan lebih baik. Dengan begitu, Anda pun dapat mempercepat skala bisnis sekaligus memberikan pemahaman yang baik kepada seluruh end user.

Episode pertama Build Series membagikan ikhtisar tentang topik tersebut dan menampilkan situs web baru Google Cloud yang memuat berbagai dukungan dan sumber daya untuk startup. Anda juga bisa menemukan handbook yang dapat dipelajari. Video kick-off dari Build Series Technical Guide for Startups bisa Anda tonton di sini.

Baca juga: Pedoman Google Cloud untuk Mengembangkan Solusi Machine Learning Berkualitas

Keseluruhan panduan teknis di atas bisa Anda akses melalui website Google Cloud Technical Guide for Startups. Sedangkan playlist video telah tersedia untuk umum di channel YouTube Google Cloud Tech.

Selain Google Cloud Technical Guide sebenarnya masih ada banyak sekali layanan yang bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan startup. Namun sebelum memulainya, pastikan Anda telah menerapkan komputasi awan Google Cloud untuk perusahaan. Sebab skala yang dibutuhkan oleh perusahaan Anda jelas lebih besar dari skala komputasi awan untuk pemakaian personal.

Untuk mulai menerapkan ekosistem cloud dari Google, EIKON Technology siap membantu Anda. Sebagai authorized partner Google untuk Indonesia, kami menyediakan produk legal dan bergaransi resmi. Di samping itu, kami juga menyediakan layanan menyeluruh mulai dari perencanaan hingga penerapan. Untuk langsung terhubung dengan tim EIKON Technology, silakan klik di sini

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments