5 Sampel Aplikasi Tanpa Coding untuk Mengurangi Risiko di Tempat Kerja Selama Pandemi COVID-19

 

Pandemi COVID-19 telah mengubah banyak kebiasaan di dunia kerja sejak 1,5 tahun belakangan ini. Ruang rapat kosong karena aktivitas pertemuan berpindah ke platform conference call. Begitu juga dengan percakapan harian yang kini lebih banyak terjadi di platform chatting. Lalu, bagaimana dengan pekerja yang masih harus datang ke kantor? Banyak perusahaan yang akhirnya mengandalkan software cloud computing agar mereka tetap bisa terhubung dengan tim di kantor. Ditambah dengan berbagai dinamisme tinggi di tengah pandemi, semakin banyak pula perusahaan yang memakai platform aplikasi tanpa coding seperti AppSheet dari Google Cloud untuk mengembangkan aplikasi dalam waktu cepat.

AppSheet merupakan platform yang memungkinkan Anda untuk membuat aplikasi tanpa coding sedikit pun. Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang dikembangkan dari berbagai sampel di AppSheet, para pekerja lapangan atau pekerja yang masih harus datang ke kantor pun dapat meminimalisir risiko selama pandemi COVID-19.

Apa saja aplikasi yang dimaksud? Cari tahu selengkapnya di bawah ini.

 

COVID Disinfectants

 

Photo Credit: cottonbro (Pexels)

Di tengah pandemi COVID-19, kebersihan lingkungan kerja menjadi salah satu faktor yang urgensinya meningkat. Kantor atau tempat kerja wajib dilengkapi dengan aneka perlengkapan pembersih untuk mengurangi potensi penyebaran virus. Pemenuhan kebutuhan ini dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi COVID Disinfectants.

Menggunakan data dari file Google Sheet, sampel aplikasi tanpa coding dari AppSheet ini menyediakan daftar produk disinfektan yang telah memenuhi standar EPA dalam melawan virus penyebab COVID-19. Tak hanya itu, Anda juga bisa langsung memesannya melalui aplikasi tersebut.

 

Surface Sanitizer

 

Photo Credit: Matilda Wormwood (Pexels)

Menyimpan perlengkapan pembersih saja belum cukup untuk mengurangi risiko di tempat kerja selama pandemi COVID-19. Anda juga perlu memastikan agar aktivitas pembersihan dan sanitasi rutin dilakukan di kantor.

Manfaatkan aplikasi Surface Sanitizer yang sampelnya dapat Anda modifikasi di AppSheet. Aplikasi ini akan memudahkan Anda dalam memeriksa area mana saja yang perlu dibersihkan secara rutin. Secara default, aplikasi akan memberikan notifikasi setiap 24 jam sekali untuk melakukan sanitasi. Namun, Anda juga bisa mengubah pengaturan waktu tersebut.

 

Building Management

 

Photo Credit: Austin Distel (Unsplash)

Karena COVID-19, banyak perusahaan harus memikirkan ulang pemakaian gedung kantor demi menjaga kesehatan dan keamanan para pekerjanya. Anda bisa kembali melakukan pengelolaan gedung dengan bantuan sampel aplikasi tanpa coding yang tersedia di AppSheet.

Melalui aplikasi bernama Building Management, Anda dapat mengatur ulang denah lantai, mengatur pemeliharaan perabotan kantor, dan sebagainya. Bahkan Anda juga bisa mengatur ulang ruang kerja untuk menerapkan social distancing di antara para pekerja.

 

Building Inspections

 

Photo Credit: Matilda Wormwood (Pexels)

Agar lingkungan kerja bisa terus menerapkan protokol kesehatan dan keamanan selama pandemi COVID-19, maka perlu dilakukan inspeksi gedung secara rutin. Gunakan sampel aplikasi Building Inspections di AppSheet agar prosesnya jadi lebih mudah.

Memanfaatkan data dari file Google Sheet, aplikasi Building Inspections akan melacak, memonitor, dan langsung mengambil tindakan untuk memastikan agar gedung kantor Anda selalu up-to-date dengan kebijakan terbaru terkait protokol kesehatan dan keamanan selama pandemi COVID-19.

 

Safety Reporting

 

Photo Credit: John Tuesday (Unsplash)

Demi menciptakan lingkungan kerja yang minim risiko selama pandemi COVID-19, maka pekerja juga turut berpartisipasi aktif. Jika menemukan masalah atau insiden terkait protokol kesehatan di tempat kerja, mereka harus segera melaporkannya. Anda dan tim dapat melakukan hal tersebut dengan menggunakan Safety Reporting.

Sampel aplikasi tanpa coding ini memungkinkan Anda untuk mengajukan laporan keamanan yang mencangkup level prioritas, deskripsi detail, dan foto bukti terkait. Berdasarkan laporan tersebut, pihak pengelola gedung pun bisa segera melakukan peninjauan.

 

Beberapa pekerjaan tertentu mengharuskan sejumlah karyawan untuk tetap bekerja dari kantor saat pandemi COVID-19. Demi meminimalisir risiko kesehatan dan keamanan di lingkungan kerja tersebut, manfaatkan teknologi automasi melalui aplikasi-aplikasi tanpa coding di atas. Anda dapat mengembangkannya melalui sampel aplikasi yang bisa dimodifikasi pada AppSheet.

Lalu, bagaimana caranya untuk mulai menggunakan AppSheet dari Google Cloud?

Cukup menghubungi partner resmi Google di Indonesia seperti EIKON Technology. Tim EIKON Technology akan membantu Anda untuk mulai berlangganan AppSheet secara premium. Tenang saja, tersedia beberapa edisi langganan AppSheet sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Hubungi EIKON Technology sekarang juga!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments