Formula dan Expressions, Kunci Utama Membuat Aplikasi Tanpa Coding

Merancang aplikasi secara custom dapat menjadi salah satu cara efektif untuk menyederhanakan proses bisnis. Namun, jika Anda tidak memiliki background IT, dari mana Anda harus memulai?

Kabar baiknya, kini Anda bisa membuat aplikasi menggunakan platform pengembangan bersifat no-code. Artnya, tak perlu kemampuan coding untuk menghasilkan aplikasi yang dapat membantu transformasi digital pada bisnis. Pastikan Anda memilih platform yang mengutamakan fleksibilitas dan fungsionalitas seperti AppSheet dari Google Cloud.

Ini karena AppSheet menggunakan formula dan expressions dalam membuat aplikasi tanpa coding untuk Anda. Kedua hal ini menjadi kunci utama yang memudahkan para pengguna untuk mengembangkan aplikasi di AppSheet.

Hanya perlu membutuhkan ilmu dasar spreadsheet

​​

Photo Credit: Campaign Creators (Unsplash)

Istilah formula dan expressions mungkin terdengar sangat teknis, terutama bagi Anda yang bukan berasal dari bidang IT. Namun, sebetulnya kedua hal tersebut relatif mudah dipahami. Bahkan jika selama ini Anda terbiasa menggunakan spreadsheet, maka kemungkinan besar Anda akan bisa dengan mudah mengoperasikan platform AppSheet. 

Formula adalah rumus yang digunakan untuk mendapatkan nilai dari suatu cell. Sementara itu, expression merujuk pada persamaan yang menggunakan data dan operator untuk mendapatkan hasil atau nilai.

Pada AppSheet, expressions sangat mirip dengan formula yang biasa Anda gunakan di Google Sheets atau Excel. Misalnya, jika Anda membuat aplikasi tanpa coding yang memuat data seluruh tugas tim Anda, maka Anda bisa menggunakan formula untuk menyaring tampilan sesuai kriteria khusus, contohnya “tugas yang sudah selesai” dan “tugas yang belum selesai”.

Tentu masih banyak hal fungsional lain yang dapat dilakukan formula. Dengan formula, Anda bisa merancang aplikasi tanpa coding yang menampilkan data-data tertentu secara spesifik dalam tampilan sesuai preferensi. Formula menyediakan pengalaman penggunaan aplikasi yang user-friendly dan bersifat dinamis.

Tingkatkan penggunaan formula dan expressions dengan automasi 

Photo Credit: Maxim Ilyahov (Unsplash)

Pada level lebih tinggi, formula dan expressions memungkinkan Anda untuk menciptakan actions. Sebagai contoh, pada tiap tugas yang telah melampaui deadline, Anda bisa merancang agar nantinya aplikasi mengirimkan email berisi pesan yang dapat dengan mudah diedit oleh manajer sebelum dikirimkan ke supervisor. Anda juga dapat mencatat notifikasi email terkirim pada aplikasi.

Dalam membuat aplikasi tanpa coding, fungsi formula dan expressions akan semakin powerful jika Anda memasukkan unsur automasi. Pada contoh di atas, pengiriman email mengharuskan manajer untuk membuka pesan serta memencet tombol khusus untuk mengirim dan menyimpan data email. 

Aktivitas manual ini dapat diminimalisir jika Anda mengautomasikan aplikasi tanpa coding yang sedang dirancang. Jadi, misalnya, nantinya setiap pagi aplikasi buatan Anda akan mengirimkan notifikasi kepada manajer dan supervisor terkait tugas-tugas yang telah melampaui deadline.

Dengan begini, akan tercipta proses kerja terautomasi (automated workflow) yang tidak hanya mengurangi aktivitas kerja manual, tapi juga meminimalisir terjadinya human error. Proses kerja pun bisa berjalan lebih efektif serta efisien.

Tips singkat membuat aplikasi tanpa coding

Photo Credit: Alex Kotliarsky (Unsplash)

Untuk membantu mempermudah proses membuat aplikasi tanpa coding menggunakan formula dan expressions, di AppSheet, berikut sejumlah tips yang dapat Anda terapkan:

    • Filter data menggunakan expressions pada fitur Security Filters atau Slices untuk memastikan pengguna aplikasi hanya akan melihat data yang memang relevan untuk mereka.
    • Gunakan expressions sebagai fungsi “Show If” pada tampilan, action, dan data di seluruh bagian aplikasi untuk memastikan agar fitur-fitur spesifik aplikasi hanya muncul ketika benar-benar relevan terhadap pengguna.
    • Manfaatkan detail pengguna aplikasi untuk meningkatkan fungsionalitas aplikasi sehingga nantinya benar-benar relevan terhadap mereka. Berikut beberapa formula dan expressions yang bisa digunakan:

 

  • USEREMAIL () – untuk mendeteksi siapa saja yang menggunakan aplikasi.
  • HERE () – menggunakan data lokasi pengguna untuk menampilkan entri terdekat dengan mereka.
  • CONTEXT () – mempelajari jenis perangkat yang pengguna pakai untuk membuka aplikasi.

 

 

Penerapan formula dan expressions memungkinkan Anda untuk membuat aplikasi tanpa coding secara mudah menggunakan platform AppSheet. Buktikan sendiri dengan berlangganan AppSheet versi premium melalui EIKON Technology, partner resmi Google di Indonesia. Klik di sini untuk terhubung dengan tim EIKON Technology!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments