7 Transformasi Komunikasi di Tempat Kerja Tahun 2024

Tahun 2024 ini, dinamika komunikasi di tempat kerja diprediksi akan mengalami perubahan revolusioner yang didorong oleh kemajuan teknologi, perubahan struktur kerja, dan penekanan pada hubungan antar manusia. Berikut beberapa poin yang perlu Anda perhatikan.

  • Kesejahteraan pegawai

Kesejahteraan pegawai kini menjadi salah satu pertimbangan penting para talenta unggul. Maka tak heran jika kini perusahaan memprioritaskan kesehatan mental dan keseimbangan kehidupan kerja. Di sisi SDM, para pimpinan juga perlu mengondisikan sisi empati mereka agar dapat memimpin tim (baik yang bekerja di kantor maupun remote) dengan sukses.

  • Inklusivitas

Photo Credit: Freepik

Pada tahun 2024, kebutuhan untuk menjadi inklusif (baik yang berhubungan dengan gender, ras, maupun bahasa), menjadi lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Perusahaan dengan kebijakan yang menjaga dan melindungi hak-hak berbagai kelompok akan lebih mudah mendapatkan respons positif di mata konsumen maupun masyarakat secara luas.

Baca juga: Kelola Dokumen Lebih Mudah dengan Ekstensi SharePoint for Zoho CRM

  • Komunikasi analitis

Perangkat komunikasi internal dan penggunaannya harus dianalisis secara rinci. Anda dapat memanfaatkan analytic tools untuk mengumpulkan insights seputar perangkat komunikasi internal dan penggunaannya, sehingga perusahaan dapat menyusun strategi komunikasi berbasis data.

  • Peningkatan visual

Pada tahun 2024 akan semakin banyak tempat kerja hybrid. Virtual meeting pun akan semakin sering diterapkan. Maka kemudian tidak mengherankan jika alat komunikasi berkembang pesat. Perangkat virtual meeting dengan resolusi layar tinggi yang dapat menerima dan mengirim pesan video pun akan makin banyak dicari.

  • Teknologi AI

Photo Credit: Freepik

Artificial intelligence (AI) kini menjadi terobosan canggih bagi komunikasi di tempat kerja. Bot dan asisten virtual yang didukung AI akan menyederhanakan tugas sehari-hari, memungkinkan para pegawai fokus pada aspek pekerjaan yang lebih penting.

Baca juga: Meningkatkan Produktivitas Karyawan dengan UI Terpadu Zoho One

Keamanan dan privasi

Ketika informasi sensitif mengalir dalam bentuk percakapan, perusahaan harus menjaga keamanan data. Tidak hanya untuk menjaga kerahasiaan data perusahaan, tapi juga untuk mendapatkan dan menjaga kepercayaan pegawai.

Pemacu produktivitas

Untuk memastikan bahwa pengguna tidak perlu berpindah antar aplikasi agar tetap produktif, perangkat komunikasi disiapkan untuk menjadi alat pemacu produktivitas. Perangkat yang tidak sekadar memiliki fitur dasar untuk mengobrol dan menelepon akan membuka jalan bagi kolaborasi yang lebih baik.

Baca juga: Tips Memilih Tanda Tangan Elektronik yang Tepat untuk CRM Bisnis Anda

Ketika teknologi merangkul sentuhan manusia seperti sekarang, maka komunikasi di tempat kerja ada pada titik yang dramatis. Perangkat digital akan terus berkembang untuk membantu menghubungkan manusia. Pada tahun 2024, tempat kerja sudah sewajarnya menyeimbangkan inovasi teknologi dan empati manusia. Hal ini memang disertai beberapa tantangan, namun peluang pertumbuhan, produktivitas, dan konektivitas di tempat kerja pun turut menyertainya.

Sambut transformasi komunikasi tempat kerja dengan dukungan Zoho Workplace Indonesia, rangkaian terintegrasi yang akan memudahkan komunikasi internal perusahaan secara aman. Kini tersedia di EIKON Technology. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments