Cara Join Rapat Meet Tanpa Akun Google Melalui Perangkat Mobile

Google Workspace memungkinkan penggunanya untuk dapat bergabung ke video meeting Meet melalui Calendar dan Gmail, di samping melalui aplikasi itu sendiri. Bukan hanya itu saja, Anda juga dapat bergabung ke meeting melalui panggilan atau meeting room. Kini, Anda bahkan dapat bergabung ke video meeting Meet tanpa akun Google melalui perangkat mobile. Bagaimana caranya?

Join Meet tanpa akun Google

Kini Anda dapat dengan cepat bergabung ke video meeting Meet tanpa perlu masuk ke akun Google pribadi atau kantor (atau bahkan tanpa membuat akun Google baru). Dalam video meeting tersebut status Anda akan menjadi “Guest”.

Kapabilitas ini telah tersedia untuk video meeting Meet versi web. Dengan perluasan kapabilitas ke perangkat seluler, kini Guest pun memiliki fleksibilitas lebih besar untuk bergabung ke video meeting Meet di mana saja.

Baca juga: Peningkatan pada Fitur Space Google Chat, Apa yang Berubah?

Cara join rapat Meet sebagai Guest via perangkat mobile

Photo Credit: Google Workspace Updates

Anda tidak memerlukan Google Account untuk berpartisipasi dalam video meeting Meet. Dengan catatan, penyelenggara meeting sudah memberi akses ke meeting kepada Anda. Ada dua cara bergabung ke rapat Meet tanpa Google Account:

  • Melalui tautan meeting
  1. Buka pesan chat atau email yang berisi tautan meeting > klik tautan meeting.
  2. Klik opsi “Ask to join”.
  3. Tunggu persetujuan dari penyelenggara rapat untuk mendapatkan akses masuk ke meeting.
  • Melalui Google Meet
  1. Masuk ke meet.google.com.
  2. Masukkan kode dan klik “Continue”.
  3. Klik “Ask to join”.
  4. Tunggu persetujuan dari penyelenggara rapat untuk mendapatkan akses masuk ke meeting.

Baca juga: Notifikasi Khusus Data Loss Prevention Google Chat Kini Telah Tersedia, Begini Cara Kerjanya

Bagi administrator Workspace, kapabilitas untuk mengizinkan Guest bergabung ke video meeting Meet tanpa akun ini dapat diaktifkan atau dinonaktifkan di domain. Kunjungi halaman Help Center Workspace ini untuk mempelajari lebih lanjut cara mengelola setelan Meet.

Penyelenggara (host) juga dapat mengatur tipe akses video meeting mereka menjadi Open untuk memberi akses kepada Guest tanpa akun Google. Status “Open” ini berarti semua orang yang mengeklik tautan dapat bergabung ke meeting.

Ketersediaan kapabilitas

Photo Credit: Freepik

Kapabilitas ini telah tersedia untuk perangkat mobile iOS. Sementara untuk perangkat mobile Android berlaku perilisan extended (kemungkinan akan lebih dari 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur) mulai tanggal 17 Januari 2024.

Kapabilitas tersedia untuk seluruh pengguna Google Workspace, pelanggan Google Workspace Individual, dan pengguna dengan akun Google pribadi.

Baca juga: Lebih Mudah Kelola Percakapan Google Chat dengan Opsi Bisukan Notifikasi

Dengan perluasan kapabilitas ini, sekarang Guest pun memiliki fleksibilitas lebih besar untuk bergabung ke video meeting Meet di mana saja melalui perangkat mobile mereka. Tingkatkan performa kerja Anda dengan Google Meet dan berbagai aplikasi produktivitas dari Workspace. Telah tersedia di EIKON Technology, Workspace for Business untuk perusahaan dan Workspace for Education untuk instansi pendidikan. Hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments