Fitur terbaru Chromebook dalam Rangka Ulang Tahun ke-10 Chrome

Chromebook adalah notebook yang menjalankan sistem operasi rancangan Google, Chrome OS. Google pertama kali meluncurkan Chromebook pada 2011, bekerja sama dengan Samsung dan Acer. Tahun ini, tepatnya pada 9 Maret 2021 lalu, menandai sepuluh tahun kehadiran Chromebook di kalangan para pengguna. Seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna, Google berkomitmen untuk memberikan layanan computing yang lebih baik lagi. Berbagai fitur Chromebook terbaru pun diluncurkan bertepatan dengan hari spesial tersebut.

Phone Hub, integrasi antara Chromebook dan perangkat Android

Di era digital kini, rasanya hampir setiap orang menggunakan lebih dari satu perangkat untuk melakukan berbagai aktivitas. Tidak hanya untuk bekerja atau belajar, tapi juga berkomunikasi dengan orang-orang terdekat hingga menonton film. Memahami betul hal ini, Google menghadirkan fitur Chromebook baru bernama Phone Hub, sebuah control center yang memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan Chromebook dengan perangkat smartphone Android.

Melalui Phone Hub, Anda dapat menerima sambungan telepon yang masuk ke smartphone Android lewat Chromebook. Anda juga bisa mengecek status baterai dan sinyal Android dari Chromebook. Tidak hanya itu, jika Anda menggunakan Chromebook, browser Chrome akan memunculkan tabs terakhir yang Anda buka di perangkat Android. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah meneruskan pekerjaan dari Android ke Chromebook.

Nearby Share, mudahnya transfer file antar Chrome dan perangkat Android

Fitur Chromebook satu ini baru akan muncul dalam beberapa bulan mendatang. Nearby Share memberikan kemudahan dalam proses transfer file antara Chromebook dan perangkat Android atau Chrome OS lain. Melalui Nearby Share, Anda bisa mengirim dan menerima file dari sesama pengguna Chromebook, perangkat Android, atau Chrome OS tanpa perlu berbagi detail kontak. Alhasil, rahasia dan keamanan files serta informasi pribadi pun tetap terjaga.

Wi-Fi Sync, lebih cepat terhubung dengan koneksi Wi-Fi

Koneksi internet tidak bisa dipisahkan dari kehidupan modern saat ini. Saat sedang berada di tempat publik seperti kafe atau co-working space, kemungkinan besar Anda pasti segera menyambungkan perangkat smartphone atau notebook dengan koneksi Wi-Fi. Demi mempermudah hal tersebut, Chrome telah meningkatkan performa Wi-Fi Sync pada Chromebook.

Dengan adanya fitur ini, Chromebook Anda bisa langsung otomatis terhubung dengan jaringan Wi-Fi yang pernah Anda gunakan pada smartphone Android. Atau jika Anda pernah menggunakan jaringan Wi-Fi di perangkat Chrome OS lain, maka Chromebook juga akan otomatis terhubung dengan jaringan Wi-Fi tersebut selama data sign-in yang digunakan sama.

Tombol baru Screen Capture di Quick Settings

Merekam aktivitas layar (screen recording) dan menangkap gambar pada layar (screenshot) semakin mudah berkat adanya tool Screen Capture pada Chromebook. Fitur Chromebook satu ini dapat Anda temukan di menu Quick Settings, memungkinkan Anda untuk melakukan screenshot dan screen recording secara lebih cepat tanpa perlu menekan tombol shortcut pada keyboard. Benar-benar praktis dan menghemat waktu.

Tote, space baru untuk simpan hasil rekam dan tangkap layar

Begitu Anda selesai melakukan screenshot atau screen recording, hasilnya akan langsung muncul di Tote. Ini adalah fitur Chromebook baru berupa space untuk menyimpan berbagai file penting Anda. Akses menuju Tote pun sangat mudah, Anda hanya perlu membuka Tote dari Shelf. Di sini bukan hanya hasil screenshot dan screen recording yang akan tersimpan, tapi juga file hasil download dan file penting yang telah Anda tandai (pinned files).

Clipboard dan Quick Answers, membantu tingkatkan produktivitas

Chromebook digunakan banyak orang untuk melakukan berbagai hal produktif. Demi menunjang hal tersebut, Google memberikan upgrade pada Clipboard. Dengan fitur baru ini, Chromebook dapat menyimpan lima file terakhir yang Anda copy sehingga Anda bisa mem-paste file tersebut ke halaman baru tanpa perlu berganti windows. Untuk menggunakan Clipboard, Anda hanya perlu menekan Everything Button + V.

Selain Clipboard, ada pula fitur Chromebook baru bernama Quick Answers. Jika Anda menemukan kata yang terdengar asing saat membaca sesuatu, Anda bisa klik kanan pada kata tersebut dan Quick Answers akan menawarkan bantuan informasi. Anda dapat memilih untuk mencari definisi dari kata tersebut, translasi ke bahasa lain, atau konversi satuan.

Pada ulang tahunnya yang ke-10, Chromebook berkomitmen untuk terus meningkatkan produk dan layanan kepada para pengguna setianya. Berbagai fitur di atas hanyalah awal dari berbagai inovasi lain yang akan terus diluncurkan. Agar lebih maksimal dalam memanfaatkan fitur-fitur tersebut, Anda bisa mendapatkan Chromebook di EIKON Technology. 

Chromebook

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments