Google Keep Notes Kini Tersedia untuk Perangkat Android

Setelah memperkenalkan tampilan panel ganda (dual pane view) dan sejumlah fitur lain untuk meningkatkan pengalaman pengguna pada tahun 2022 lalu, Google Keep kini meluncurkan widget catatan tunggal (single note). Bagaimana cara kerjanya?

Widget note Google Keep

Dengan fitur baru ini, Anda dapat “menyematkan” catatan atau daftar ke layar beranda perangkat dan menyuntingnya di aplikasi Keep cukup dengan sekali ketuk. Selain itu tersedia juga opsi untuk membuat daftar (lists). Kapabilitas ini memungkinkan Anda untuk dapat mengaktifkan checkbox secara langsung pada catatan tanpa harus membuka aplikasi Keep.

Bukan hanya itu saja, widget notes Keep juga telah terintegrasi dengan aplikasi. Itu artinya, catatan dan daftar yang Anda buat dengan widget akan mencerminkan warna latar belakang dan pengingat apa pun yang ada di aplikasi.

Photo Credit: Google Workspace Updates

Google Keep juga menambahkan ikon kolaborator (ada di bagian bawah notes). Ikon ini menunjukkan apakah catatan yang sedang Anda buka merupakan catatan bersama atau bukan. Jika Anda menemukan ikon dengan ikon tersebut, maka catatan dapat dibuka oleh beberapa orang sekaligus.

Hadirnya widget baru ini diharapkan dapat memberikan akses yang lebih cepat dan mudah ke catatan dan daftar penting yang tersimpan dalam aplikasi Keep. Semuanya bahkan kini bisa Anda akses melalui layar beranda perangkat. Tidak perlu lagi membuka aplikasi Keep. Dengan begitu, produktivitas pun akan lebih lancar dan bebas dari hambatan.

Baca juga: Meningkatkan Pengalaman Mengelola Google Contacts dengan Sidebar Tambahan

Mulai menggunakan widget

Photo Credit: benzoix (Freepik)

Widget baru dari Google Keep ini tidak memerlukan pengaturan administrator. End user bisa langsung menggunakannya setelah widget resmi diluncurkan. Pastikan Anda mengakses Keep dari perangkat Android untuk bisa menggunakan widget. Untuk menambahkan notes Keep ke layar utama perangkat Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Di perangkat Android Anda, sentuh dan tahan layar utama.

  2. Klik opsi Widget.

  3. Telusuri aplikasi Google Keep.

  4. Di bawah “Keep Notes“, temukan widget yang ingin Anda tambahkan.

    • Untuk menyematkan catatan ke layar beranda, pilih widget “Single note”.

    • Untuk menyematkan beberapa catatan ke layar beranda, pilih widget “Note collection”.

  5. Untuk membuat catatan dengan cepat dari layar beranda, pilih widget “Quick capture”.

  6. Sentuh dan tahan widget.

  7. Geser widget ke tempat yang Anda inginkan.

  8. Jika Anda telah menggunakan beberapa akun di aplikasi Google Keep, Anda dapat memilih satu akun.

  9. Apabila Anda menambahkan:

    • Widget Single note, pilih catatan yang ingin Anda tambahkan ke layar beranda.

    • Widget Note collection, pilih apakah Anda ingin menampilkan semua catatan, catatan tersemat, atau catatan di bawah label tertentu.

Baca juga: Peningkatan Fitur Suara Google Workspace untuk Docs dan Slides

Ketersediaan widget

Widget terbaru dari Google Keep ini dirilis secara bertahap, baik itu untuk domain rilis cepat maupun domain rilis terjadwal. Perilisan dilakukan mulai tanggal 2 Maret 2023 (kemungkinan memerlukan waktu hingga 15 hari ke depan untuk visivilitas keseluruhan fitur).

Widget ini tersedia bagi seluruh pelanggan Google Workspace, termasuk bagi pelanggan yang masih menggunakan rangkaian lama G Suite Basic maupun G Suite Business. Widget juga tersedia bagi seluruh pengguna dengan Google Account pribadi.

Baca juga: Mencari Aplikasi Di Google Workspace Marketplace Kini Makin Mudah dengan Filter Pencarian

Dengan hadirnya fitur baru dari Google Keep ini, Anda bisa lebih mudah menyusun catatan singkat maupun daftar baru. Anda bahkan tidak perlu membuka aplikasi untuk membuat catatan baru. Cukup dengan satu klik saja di halaman utama perangkat, Anda sudah bisa menambahkan catatan.

Tidak hanya Keep, Google juga terus melakukan peningkatan untuk aplikasi mereka lainnya, mulai dari Drive, Docs, hingga Sheets. Semuanya bisa Anda nikmati dengan berlangganan Google Workspace yang bisa didapatkan melalui EIKON Technology, partner resmi Workspace Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penerapan Google Workspace, silakan hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments