Google Meningkatkan GMail Attachment Limit Menjadi Dua Kali Lipat

 

Ada kalanya kita perlu menerima file attachment di email dengan ukuran yang cukup besar. Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, Google kini memberikan update tambahan pada Gmail attachment limit sebesar dua kali lipat. Bila dulu terbatas hanya sebesar 25MB, sekarang Anda dapat menerima email dengan ukuran attachment hingga 50MB.

Hal ini diluncurkan oleh Google pada 1 Maret 2017 melalui sebuah posting blog resminya. Yang perlu diingat, peningkatan batas hingga dua kali lipat ini hanya untuk incoming mail atau email masuk saja. Google tetap membatasi ukuran attachment file yang bisa Anda kirim sebesar 25MB. Terlalu kecil? Hmm, tidak juga karena Anda tetap dapat mengirim attachment email berukuran raksasa (hingga 5 Terabyte!) dengan menggunakan Google Drive.

Kenapa Google tidak memberi Gmail attachment limit yang besar?

Mungkin pertanyaan diatas kerap terlintas di pikiran Anda, apalagi setelah mendengar berita ini. Namun nyatanya coba bayangkan, semakin besar ukuran attachment yang Anda terima pada sebuah email, akan semakin berat pula proses email untuk memuat informasi tersebut. Yang mana malah jadi tidak efektif, waktu Anda terbuang hanya untuk menunggu file attachment ter-download sempurna melalui email Anda.

Belum lagi Anda harus mendownload attachment tersebut ke komputer lokal bila ingin mengaksesnya. Dua kali proses yang panjang dan buang-buang bandwidth internet, bukan? Google mengetahui masalah ini, oleh sebab itu raksasa teknologi tersebut menyediakan solusi praktis nan efektif dengan menggunakan Google Drive.

Google Drive merupakan layanan penyimpanan online besutan Google, yang juga telah menjadi satu paket dengan GMail. Drive menyediakan ukuran storage mulai dari 5GB untuk GMail Free, yang dapat di upgrade sesuai kebutuhan hingga kuota storage unlimited atau tanpa batas menggunakan layanan G Suite Business.

Seperti yang saya katakan diatas, Anda dapat mengirim file hingga sebesar 5TB menggunakan Google Drive. Caranya sebagai berikut:

  1. Sebagai email attachment: Pada email yang telah Anda buat, pilih icon Drive (Insert file using Drive) pada menu bar paling bawah (satu deret dengan tombol “Sent” atau “Kirim”). Lalu Anda akan dihubungkan pada Google Drive Anda untuk memilih file yang ingin dikirimkan. Anda juga dapat menentukan aksi untuk penerima seperti “Can View” atau “Can Edit” pada file yang dikirimkan (lihat gambar).

Tampilan sesaat sebelum file sharing pada Drive

  1. Sebagai file sharing: Ingin yang praktis? Share saja file yang diperlukan langsung melalui Google Drive Anda. Klik kanan pada file yang telah Anda tentukan, lalu pilih “Share“. Masukan email penerima. Anda juga tetap dapat menentukan aksi untuk penerima seperti “Can View” atau “Can Edit” pada file yang dikirimkan.

Keamanan data menjadi prioritas utama dalam hal ini. Attachment pada email lebih rentan tersusupi malware yang dapat merugikan Anda. Untuk alasan itulah kenapa Google lebih menyarankan untuk mengirim attachment menggunakan Google Drive yang telah terbukti aman dari gangguan malware.

Terlebih lagi bagi Anda pengguna bisnis, menjaga keamanan data perusahaan merupakan hal utama yang tak dapat disepelekan. Anda dapat menggunakan layanan business intelligent apps dari Google G Suite yang memang ditujukan untuk mengakomodasi pengguna bisnis dan enterprise melalui partner premier G Suite Reseller Indonesia, EIKON Technology. Penasaran seperti apa sih Google G Suite? Pelajari lebih lanjut disini:

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of