Industri 4.0 Telah Dimulai. Ini Persiapan Untuk Perusahaan

Pada debat capres yang kemarin, baik Joko Widodo ataupun Prabowo Subianto membahas mengenai industri 4.0. Mungkin banyak diantara kalian yang masih asing mendengar istilah teserbut  padahal saat ini telah industri 4.0 telah dimulai.

Apa itu industri 4.0?

Industri 4.0 adalah istilah yang digunakan untuk perkembangan industri yang menggabungkan otomatisasi dengan internet of things (IoT). Jerman adalah negara yang pertama kali mengenalkan istilah tersebut dan menerapkan dalam industrinya.

Peluang industri 4.0

Dengan industri 4.0 yang memiliki tujuan untuk memberikan kestabilan antara distribusi barang dengan permintaan pelanggan. Oleh karena itu akan ada laporan kebutuhan yang diberikan secara real time sehingga produsen bisa langsung mengetahui kebutuhan pasar dengan tepat.

Dari tujuan itu ada beberapa peluang yang bisa saja dimanfaatkan, yaitu:

  • Terciptanya aplikasi yang bisa memberikan informasi secara real time tentang arus barang mulai dari titik awal hingga ke konsumen
  • Adanya analisa atau prediksi mengenai kebutuhan dan permintaan pasar di masa yang akan datang sehingga perusahaan bisa menyiapkan dengan baik.
  • Integrasi yang menyeluruh untuk semua divisi perusahaan bahkan hingga ke konsumen sehingga menghasilkan big data.
  • Efisiensi biaya mulai dari untuk karyawan, mesin, dll
  • Adanya transparansi yang bisa dilihat oleh seluruh orang yang bersangkutan dengan produk.

Persiapan Perusahaan untuk Industri 4.0

1. Tim yang solid

Perusahaan perlu menyiapkan SDM yang solid karena dalam era baru ini akan mengutamakan automation dan fleksibilitas yang tinggi sehingga dengan tim yang solid maka secara sistem akan berjalan secara otomatis

2. Aplikasi Terbaru

Salah satu aplikasi yang wajib digunakan perusahaan adalah G Suite. Sebuah layanan komunikasi dan kolaborasi dari Google karena dengan G Suite dapat mewujudkan tim yang bekerja secara solid.

Salah satu fitur yang ada didalam G Suite adalah Google Docs dimana seorang karyawan dapat mengerjakan sebuah pekerjaan dalam 1 file secara bersama sama dengan tim dan secara real time.

g suite untuk startup

EIKON Technology sebagai partner resmi dari Google dapat membantu Anda berlangganan G Suite atau membantu Anda berdiskusi lebih jauh untuk membahas mengenai G Suite tentang bagaimana fungsi dan manfaat untuk perusahaan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of