Kelebihan Aplikasi untuk Report Kecelakaan Kerja

Kecelakaan kerja masih menjadi perbincangan di beberapa sektor industri. Sebab, tak jarang kecelakaan kerja ini tidak hanya menyebabkan kerugian materi, namun juga menyangkut keselamatan para pekerja itu sendiri. Khususnya di sektor yang berisiko tinggi seperti konstruksi, pertambangan, dan manufaktur. Oleh karena itu, diperlukan adanya aplikasi kecelakaan kerja yang baik. Lalu, apa saja manfaat dan kelebihan aplikasi ini? Berikut ulasannya.

Memperkuat Proses dan Prosedur Formal dengan Baik

Photo: Pexels.com

Beberapa perusahaan di bidang konstruksi maupun manufaktur mungkin akan menyadari pentingnya aplikasi kecelakaan kerja setelah hal buruk terjadi. Tentu hal ini merupakan pandangan yang keliru. Ada baiknya pemanfaatan aplikasi untuka kecelakaan kerja digunakan tak hanya setelah terjadinya insiden, tetapi jauh-jauh hari sudah diberlakukan.

Dengan begitu, protokol keselamatan kerja dari segi proses dan prosedur formalitasnya dapat berjalan dengan baik. Langkah ini dapat mencegah kejadian yang merugikan nantinya. Dengan menggunakan aplikasi yang tepat, pihak manajemen perusahaan dapat melakukan tindakan yang tepat bila terjadi kecelakaan kerja.

Penjadwalan Interview Semakin Mudah dengan Aplikasi Kecelakaan Kerja

Photo: Pexels.com

Dalam investigasi kecelakaan kerja yang terjadi, pihak manajemen tentu memanggil berbagai pihak untuk melakukan wawancara pendalaman kasus. Namun, untuk menjadwalkan hal tersebut terkadang cukup sulit. 

Sebagai contoh, aplikasi pelaporan kecelakaan kerja bisa berisi mengenai penjadwalan wawancara lebih lanjut. Pihak manajemen juga dapat melacak siapa saja pihak yang terkait dengan insiden, kapan waktu untuk wawancara, hingga latar belakang dan alasan memilih pihak tersebut.  Khususnya pemanggilan untuk wawancara dengan pihak ketiga seperti penyelidik dari pihak kepolisian dan lainnya.

Lebih Mudah dalam Mengumpulkan Bukti

Photo: Unsplash.com

Ketika terjadi kecelakaan kerja, proses selanjutnya adalah mengumpulkan bukti sebanyak mungkin untuk keperluan investigasi. Hal ini karena, semakin banyak data-data yang dikumpulkan oleh pihak manajemen maka akan semakin baik. Khususnya mengenai proses hukum nantinya.

Aplikasi kecelakaan kerja ini bisa menjadi platform penting sebagai pusat informasi. Misalnya saja mengenai foto, dokumentasi, transkrip wawancara, dan lain sebagainya. Termasuk pula kejadian-kejadian yang saling berhubungan sebelum dan setelah terjadinya kecelakaan kerja berlangsung.

Memasukkan Data Jadi Lebih Mudah dengan  Aplikasi Kecelakaan Kerja

Photo: Unsplash.com

Terakhir, tak hanya dapat dijadikan sebagai platform untuk mengumpulkan bukti saat terjadi kecelakaan kerja saja, aplikasi ini juga akan memudahkan pengguna dalam memasukkan data penting. Sebagai gambaran, setelah kejadian kecelakaan kerja, administrator harus segera melaporkan kejadian tersebut.

Saat menggunakan cara lama, tentu akan memakan waktu dan bisa saja laporan perusahaan tersebut kurang akurat karena masalah waktu memasukkan data. Berbeda halnya dengan menggunakan aplikasi untuk mendeteksi kecelakaan kerja yang mampu melaporkan secara akurat dan mengurangi kesalahan interpretasi. Pada akhirnya, akan mempercepat pula waktu investigasi dengan dukungan bukti-bukti yang kuat seperti disebutkan poin di atas.

Penutup

Photo: Pexels.com

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa aplikasi kecelakaan kerja memiliki banyak manfaat. Terutama dalam bidang manufaktur maupun infrastruktur. Di mana dua sektor tersebut memiliki potensi kecelakaan kerja yang cukup tinggi. Namun, dengan aplikasi tersebut setidaknya dapat meminimalisir hal buruk tersebut.

Misalnya untuk mengecek hal-hal penting seperti kerusakan mesin dan sebagainya. Dengan mengecek lebih awal, kerusakan kecil dapat ditanggulangi. Termasuk untuk menyimpan bukti-bukti saat terjadi kecelakan kerja sebagai bahan penyelidikan saat dibutuhkan.

Kini, membuat aplikasi kecelakaan kerja juga semakin mudah. Contohnya dengan menggunakan Appsheet. Yakni platform yang dapat Anda gunakan untuk membuat aplikasi tanpa coding. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Appsheet dengan lisensi resmi dari Google, Anda bisa hubungi EIKON Technology. Selain memiliki lisensi resmi dari Google, kami memiliki layanan purna jual yang bisa pengguna dapatkan sesuai kebutuhan.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments