Manfaat Penggunaan Chatbot AI untuk E-commerce

Bank Indonesia mencatat nilai transaksi e-commerce nasional mencapai Rp453,75 triliun tahun 2023 lalu. Google bahkan memprediksi bahwa angka tersebut akan terus naik hingga US$82 miliar (Rp1.130 triliun) tahun 2025 nanti, dengan catatan, bisnis mampu mengoptimalkan peluang yang ada. Salah satunya adalah melalui penggunaan AI.

Dukungan AI dalam e-commerce akan membantu bisnis mendapatkan prediksi penjualan yang lebih akurat, memberikan pengalaman konsumen yang lebih baik, dan meningkatkan konversi. Mari pelajari lebih lanjut tentang manfaat penggunaan AI (khususnya chatbot AI) bagi e-commerce.

  • Meningkatkan konversi

Chatbot AI dapat berinteraksi dengan konsumen, menyimpan data penting, dan menggunakannya untuk segmentasi lebih lanjut. Hasilnya, pesan yang diterima pelanggan pun lebih personal. Selain itu, chatbot juga memungkinkan integrasi dengan sistem. Semua detail dan percakapan konsumen dapat disinkronkan dengan kalender, CRM, dan bahkan alat otomatisasi.

Baca juga: Tingkatkan Interoperabilitas Google Chat dan Platform Perpesanan Lain

  • Personalisasi pesan dan rekomendasi

Photo Credit: Freshchat Blog

Chatbot AI menyesuaikan pesan, produk, dan promosi dengan data yang dikumpulkan dari kunjungan konsumen. Alih-alih memberikan rekomendasi yang tidak relevan, chatbot menunjukkan apa saja yang dicari konsumen saat berkunjung ke website Anda. Ini akan menghasilkan pendekatan yang lebih pribadi daripada iklan acak.

Baca juga:  Minimalkan Dampak Situasi Darurat dengan On-Call Management Freshservice

  • Meningkatkan kualitas komunikasi dengan konsumen

Implementasi chatbot AI dapat dilakukan melalui sejumlah saluran, mulai dari website hingga media sosial. Ini memungkinkan Anda untuk menjangkau konsumen di titik kontak paling penting, menawarkan produk yang relevan, dan memberikan dukungan yang lebih baik.

  • Memberikan pengalaman sebelum dan sesudah penjualan yang positif

Photo Credit: Pexels

Chatbot AI dapat memberikan respons yang tepat waktu dan efisien atas pertanyaan yang berulang dari konsumen, bahkan bekerja 24/7. Teknologi ini dapat membantu konsumen membuat pesanan, melacak paket, dan bahkan menerima masukan. Saat konsumen mendapat apa yang dicari dengan cara yang paling efektif, mereka tidak hanya merasa puas tapi juga cenderung tidak akan berpindah ke brand lain untuk pembelian di masa depan.

Baca juga: Aplikasi Live Chat Modern Bernama Freshchat

Dengan berkembangnya e-commerce dan tren personalisasi, brand perlu mempertimbangkan chatbot AI. Pemanfaatannya dapat membantu brand membangun hubungan yang bermanfaat dengan konsumen sekaligus meningkatkan loyalitas terhadap brand. Chatbot AI bahkan memungkinkan brand untuk terlibat dengan konsumen di sejumlah platform berbeda. Hal ini nantinya dapat membantu brand untuk mengubah konsumen menjadi pelanggan setia dan memberi mereka layanan pelanggan terbaik.

Dukungan chatbot AI juga dapat membantu perusahaan menerapkan otomatisasi pada fungsi internal mereka untuk memangkas biaya operasional dan meningkatkan pendapatan. Freshchat, chatbot AI percakapan dari Freshwork adalah pilihan tepat untuk Anda. Dengan dukungan ML, NLP, dan analisis cerdas, Freshchat dapat memahami maksud konsumen dan menawarkan solusi relevan bagi mereka. Dapatkan sekarang juga melalui EIKON Technology, klik di sini untuk informasi lanjut!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments