Menyinkronkan Atribut Sistem Pengguna dari Direktori Eksternal ke Google Workspace dengan Directory Sync

Google Cloud Directory Sync atau GCDS merupakan suatu teknologi yang menyinkronkan data pengguna dan grup dari direktori eksternal ke direktori cloud Google. Proses sinkronisasi berlangsung di cloud sehingga Anda tak perlu menginstal sync client atau on-premises software.

GDCS menyesuaikan data dari pengguna Google, kontak bersama, dan grup dengan server LDAP. Hal ini memungkinkan administrator untuk menyinkronkan pengguna, grup, dan informasi direktori lainnya dari layanan Active Directory/LDAP ke direktori domain Google Cloud mereka.

Untuk menyiapkan GDCS, cukup download dan install di mesin Windows atau Linux yang memiliki akses ke AD on-premises dan Google Workspace atau Google Cloud. GDCS tidak memigrasikan konten apa pun seperti email, acara dari Calendar, atau file ke Google Account. Kini, Directory Sync telah tersedia dalam versi open beta untuk memetakan dan menyinkronkan atribut sistem pengguna dari direktori eksternal. Seperti apa cara kerjanya?

Menyinkronkan atribut pengguna dengan Directory Sync

Photo Credit: Google Workspace Updates

Dengan Directory Sync, administrator dapat memetakan semua atribut sistem, atribut default pengguna, termasuk atribut khusus dari Microsoft Active Directory atau Microsoft Azure Active Directory ke atribut pengguna Google Directory dan melakukan sinkronisasi.

Atribut yang dimaksud mencakup nama depan dan nama belakang, jabatan, perusahaan, dan departemen. Daftar detail atribut yang didukung bisa Anda temukan di halaman Help Center Google Workspace. Berdasarkan nilai atribut tersebut, Directory Sync akan secara otomatis memetakan pengguna dengan atribut yang disediakan dari Active Directory atau Azure Active Directory di bagian Google Workspace.

Baca juga: Sinkronkan File Terenkripsi Client-Side dengan Google Drive for Desktop

Directory Sync kini telah tersedia dalam versi open beta. Itu artinya, Anda bisa langsung menggunakannya tanpa harus mendaftar. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai penggunaan Directory Sync, silakan kunjungi halaman dokumentasi dan halaman FAQ ini.

Untuk mulai menggunakan Directory Sync, masuk ke konsol Google Admin dan kemudian klik menu Home > Directory > Directory Sync.

Di Directory Sync, masukkan nama grup dari direktori eksternal untuk melakukan sinkronisasi pengguna. Untuk pengguna individual dalam grup (bukan grup itu sendiri) akan disinkronkan ke direktori cloud Google Anda. Sebelum mulai melakukan sinkronisasi, pastikan Anda sudah menambahkan dan menguji koneksi direktori eksternal ke direktori cloud Google.

Baca juga: Membangun Pipeline Data Streaming di Google Cloud

Mengecek status simulasi sinkronisasi direktori

Untuk melihat status simulasi, masuk ke halaman directory details. Anda dapat memeriksa apakah simulasi telah selesai di log history Directory Sync dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka log history Directory Sync.
  2. Untuk mengetahui detailnya, buka log event data Access Directory Sync.
  3. Klik Add a filter > Event.
  4. Jawaban Yes pada kolom Simulation menandakan simulasi telah selesai. Anda mungkin perlu menambahkan kolom Simulation untuk melihat hasilnya.

Memeriksa hasil sinkronisasi simulasi

Ketika simulasi selesai, pada halaman directory details, klik View Simulation log.

Ketersediaan

Photo Credit: Freepik

Directory Sync telah tersedia dalam versi open beta bagi seluruh pengguna. Versi ini memungkinkan Anda untuk mengakses Directory Sync tanpa perlu mendaftar terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Sinkronisasi Server Apple DEP dan Google Mobile Device Management

Dengan Directory Sync, Anda kini dapat memetakan dan menyinkronkan atribut pengguna dengan mudah tanpa harus menggunakan sync client tambahan maupun on-premises software. Directory Sync hadir dalam versi open beta sehingga dapat digunakan langsung tanpa perlu mendaftar.

Berbagai kemudahan dari Directory Sync bisa langsung Anda nikmati cukup dengan berlangganan Google Workspace. EIKON Technology menyediakan Workspace for Business yang dirancang khusus untuk kebutuhan bisnis. Kami menyediakan solusi implementasi menyeluruh, mulai dari tahap perencanaan hingga penerapan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments