EIKON TECHNOLOGY BLOG

Perbandingan Layanan Cloud Google vs Microsoft, Mana Yang Terbaik?


Dua raksasa teknologi kini tengah berlomba-lomba menggaet pelanggan dengan memberikan layanan cloud terbaik. Ya, Google vs Microsoft selama ini memang dikenal sebagai rival, keduanya telah sukses meluncurkan layanan bisnis berbasis cloud yang sekilas memiliki fungsi dan manfaat yang sama yakni Google Apps for Work dan Microsoft Office 365. Namun, kira-kira mana yang paling baik diantara kedua layanan tersebut? Yuk, kita kupas lebih lanjut tentang dua layanan cloud populer ini.

GOOGLE VS MICROSOFT

Perbandingan ini tidak bermaksud memojokkan salah satu produk tertentu, nyatanya saya menemukan kedua produk ini memiliki kualitas yang prima dan sangat baik untuk diaplikasikan pada perusahaan baik kecil-menengah maupun perusahaan besar. Memang ada beberapa nuansa yang berbeda dari kedua produk unggulan yang menarik untuk dibahas. Berikut ulasannya:

1. Keduanya memiliki fitur yang mirip

Bicara mengenai program yang biasa digunakan pekerja pada umumnya, baik Google Apps dan Office 365 memiliki banyak kemampuan kolaborasi yang sangat baik. Beberapa aplikasi bahkan bisa dibilang memiliki fungsi yang sama seperti Gmail, Google Docs, Slides, dan SpreadSheet dengan Outlook, Word, Excel, dan PowerPoint. Namun ada juga beberapa aplikasi yang memiliki atribut yang berbeda.

Beberapa orang menyukai tampilan Google Apps yang sederhana dan mudah, lainnya menyukai tampilan Outlook yang lebih familiar digunakan.

2. Office 365 memiliki banyak pilihan versi dan harga untuk User yang berbeda-beda

Google Apps memiliki biaya bulanan atau tahunan per User yang sesuai dengan standar paket Google Apps for Business. Berbeda dengan Office 365 yang memiliki multi-paket dan versi yang memberikan fleksibilitas sesuai kebutuhan Anda. Namun, tak jarang juga kita menjadi bingung dalam memilih paket mana yang terbaik.

Google Apps menyediakan 2 paket yakni, bayar $5 per bulan/per User atau $50 per tahun/per User yang fleksibel dengan biaya tetap. Sedangkan untuk Office 365 menawarkan paket per tahun dengan opsi:

  • Biaya $5, $8.25, atau $12.50 per User per bulan untuk pelanggan bisnis
  • Atau $8,$12,$20 per User per bulan untuk pelanggan enterprise

3. Perbedaan pada layanan Advertising pada inbox email

Bila selama ini Anda masih sering mendapatkan iklan yang muncul pada inbox email Anda hal itu mungkin karena Anda masih menggunakan layanan email gratis baik dari Gmail ataupun Outlook.

Berbeda lagi bila Anda telah berlangganan akun Google Apps for Work atau Office 365 for Business dan Enterprise sehingga Anda tidak lagi terganggu dengan tampilan iklan yang muncul.

Google telah mendeklarasikan bebas iklan pada layanan Gmail di Google Apps for Business, lain hal-nya dengan Microsoft yang memperbolehkan layanan iklan muncul pada akun outlook. Hal ini bukan berarti Microsoft telah mengambil data informasi Anda, iklan yang tampil pada Outlook berdasarkan preferensi Anda dan aktivitas online sebelumnya seperti, pencarian, serta situs yang dikunjungi. Anda dapat menonaktifkan tampilan iklan melalui setting pada Microsoft account.

Untuk memperluas wawasan Anda mengenai kebijakan yang berhubungan dengan keamanan sistem cloud, Anda dapat membaca ringkasan pada e-book kami mengenai kunci sekuritas yang harus Anda ketahui sebelum memilih provider cloud yang dapat di download gratis disini.

4. Perbedaan pada kapasitas online storage

Setiap User Office 365 mendapatkan fasilitas cloud storage sebesar 1TB, sedangkan Google menawarkan kapasitas cloud storage yang lebih sedikit yaitu 30GB per User. Namun, Google juga menyediakan unlimited storage untuk minimum 5 User yang menggunakan akun Google Apps for Work Unlimited.

Kedua perusahaan ini menyediakan online/cloud storage tambahan bagi Anda pengguna akun gratis maupun berbayar.

5. Keduanya menawarkan Email Archiving dan e-Discovery

Email archiving adalah sebuah fitur yang populer dikalangan perusahaan. Email archiving membantu perusahaan dalam pengarsipan email, sehingga bila suatu saat Anda membutuhkan suatu data dari email tertentu, Anda dapat menggunakan fitur e-Discovery untuk mencari data tersebut dengan mudah.

Email archiving pada Google Apps for Work Unlimited menggunakan Google Vaults dengan harga $10 per bulan dengan minimal penggunaan untuk 5 User. Sedangkan Office 365 menawarkan paket Enterprise E3 seharga $20 per User/per bulan yang memberi kelebihan seperti hosted voicemail support dan fitur business intelligence.

6. Familiaritas dengan beberapa fitur kompleks vs fitur intuitif yang sederhana dan mudah digunakan

Office 365 memiliki keuntungan dari banyaknya User yang telah familiar menggunakan Word, Excel, dan banyak aplikasi Office lainnya sehingga lebih mudah bagi Anda untuk beradaptasi ketimbang Google Apps yang memberi pengalaman baru.

Namun, perlu menjadi catatan bagi Anda, banyak fitur-fitur dari Office yang kompleks dan jarang terpakai dapat membingungkan Anda. Hal ini berbanding terbalik dengan Google Apps yang menyediakan fitur-fitur yang mudah digunakan dan intuitif, namun mungkin akan terasa aneh pada orang-orang yang sudah terbiasa menggunakan Office untuk bekerja.

7. Kemudahan ekosistem pada manajemen perangkat mobile

Saat ini perangkat mobile semakin marak digunakan oleh para pekerja, terlebih lagi pada pengguna Android yang jumlahnya kian bertambah. Hal ini dapat menguntungkan Anda yang berlangganan Google Apps karena Google menyediakan Android for Work yang memungkinkan Anda bekerja melalui perangkat mobile seperti smartphone dan tablet tanpa bercampur dengan konten pribadi pada ponsel Anda. Ekosistem yang sangat fleksibel bisa Anda dapatkan karena Anda bisa menggunakan device apapun yang berbasis Android.

Tak mau kalah, Microsoft pun menyediakan ekosistem berupa aplikasi mobile yang dapat diunduh pada ponsel Anda. Yang membedakan adalah keterbatasan ekosistem Windows OS yang dianggap kurang fleksibel karena hanya terdapat pada PC dan Windows Phone.

 

KESIMPULAN

Tak ada pemenang dari Google vs Microsoft karena kedua perusahaan tersebut berlomba-lomba memberikan fitur dan layanan terbaik yang bertujuan untuk membantu serta memudahkan Anda. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan dan keinginan Anda sebagai end User. Memang ada banyak fitur dan kategori yang terasa mirip atau bahkan sangat berbeda pada Google Apps dan Office 365, namun tentu saja pasti akan ada perbaruan dan peningkatan pada layanan tersebut.

Terlepas dari apakah perusahaan Anda memilih Google Apps atau Office 365, Anda telah mendapatkan platform cloud office yang akan membantu meningkatkan proses bisnis bila diadaptasi secara benar dan menyeluruh.

Sebagai perusahaan penyedia layanan cloud, EIKON Technology dapat membantu Anda dalam memilih layanan/solusi mana yang tepat bagi permasalahan bisnis dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan ragu untuk berkonsultasi atau sekedar bertanya mengenai layanan cloud pada EIKON Technology.




Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of