Register Domain Lebih Mudah dengan GA Cloud Domain

Pada Februari 2021 lalu, Google meluncurkan Cloud Domain untuk memudahkan pengguna Google Cloud dalam mendaftarkan domain baru. Lantas, apa saja keunggulan dari platform register domain ini dan cara yang harus dilakukan? Berikut ulasannya yang perlu Anda ketahui.

Cara Register Domain

Photo: Exnet.com

Cara register domain pada Cloud Domain sebenarnya cukup mudah. Anda bisa menentukan kapan waktu terbaik bagi tim IT perusahaan untuk melakukannya. Setidaknya ada lima cara dalam melakukan hal tersebut. Pertama, mencari nama domain yang tepat. Kedua, melakukan konfigurasi domain. Ketiga, memilih seting privasi untuk domain Anda. Keempat, spesifikasikan detail kontak. Kelima, melakukan verifikasi registrasi.

  • Mencari Nama Domain yang Tepat

Untuk melakukan langkah pertama ini, Anda harus masuk ke laman Cloud Domain terlebih dahulu dan klik ‘Register Domain’. Kemudian, carilah domain yang masih tersedia dan pilih berdasarkan kebutuhan. Harga domain ini akan tersedia dan Anda bisa melakukan klik ‘Add Chart’. Lanjutkan dengan klik menu ‘Continue’.

  • Konfigurasi Domain

Langkah selanjutnya adalah konfigurasi DNS untuk domain. Anda bisa memilih DNS yang tersedia. Beberapa DNS ini di antaranya adalah Cloud DNS, Google Domains, dan nama server secara kustom. Jika memilih Cloud DNS maka pilih default ‘New Zone’ dan secara otomatis akan membuat domain. Lalu klik ‘Save and Continue’.

Apabila memilih Google Domain, maka Anda bisa memilih mengaktifkan maupun menonaktifkan DNSSEC. Sedangkan jika memilih nama server secara kustom maka setidaknya Anda perlu memasukkkan dua server yang berbeda. 

  • Setting Privasi Domain

Ketiga adalah dengan seting privasi domain. Setidaknya di sini ada tiga opsi yang bisa dipilih yakni ‘Privacy Protection On’, ‘Limit Your Info Available to the Public’, dan ‘Make All Contact Info Public’. Setelah memilih salah satunya, lanjutkan dengan klik ‘I Agree’ pada pop-up dan lanjutkan dengan klik ‘Continue’.

  • Spesifikasi Detail Kontak

Detail kontak yang diperlukan merupakan dasar dari ICANN untuk mengatasi permasalahan di kemudian hari. Informasi yang Anda cantumkan akan menjadi kontak informasi publik untuk domain Anda dan sebagai database untuk WHOIS.

  • Verikasi Register Domain

Proses terakhir adalah verifikasi register domain. Anda perlu melakukan ini setidaknya 15 hari sebelum domain aktif. Untuk melakukannya Anda bisa membuka email verifikasi yang dikisimkan oleh domains-noreply@google.com. Lalu, lanjutkan dengan klik ‘Verifiy Email Now’. 

Keunggulan Cloud Domain

Photo: Inc. Magazine

Register domain melalui Cloud Domain memiliki banyak keunggulan yang dapat dirasakan oleh perusahaan. Melansir dari laman resmi Google Cloud, beberapa keunggulan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Dengan Cloud Domain, Anda dapat mengaktifkan pula DNSSEC untuk Public DNS Zone menjadi lebih aman dan terlindungi. Saat mentrasfer domain, Anda dapat menghubungi API dari Cloud DNS untuk melakukan setting dan pembaruan DNS.

  • Cloud Domain akan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah. Termasuk ketika Anda menghubungkannya dengan aplikasi dan layanan lain dari Google Cloud. Misalnya saja seperti Cloud Run, Google App Engine, dan juga Cloud DNS. Semua dapat dikelola dengan menggunakan Google Cloud Platform yang sama. Dengan begitu, proses verifikasi dan konfigurasi domain menjadi lebih simpel.
  • Cloud Domain memudhakan Anda dalam melakukan registrasi domain dengan transfer domain melalui pihak ke tiga melalui API. Menggunakan API akan memudahkan Anda dalam mentransfer domain ke Cloud Domain.

Penutup

Photo: Unpslash

Setidaknya itulah cara register domain dengan GA Cloud Domain yang perlu Anda ketahui beserta keuggulannya. Agar semakin nyaman dalam menggunakan jaringan dan layanan cloud computing di perusahaan Anda, perhatikan pula fitur-fitur pendukung lainnya agar semakin aman dan nyaman.

Oleh karena itu, Anda bisa memilih layanan pendukung dari produk-produk Google melalui vendor terbaik dan terpercaya seperti EIKON Technology. Kami menyediakan produk dan layanan dari Google untuk perusahaan Anda dengan lisensi resmi dari Google pusat.

Dengan begitu data perusahaan menjadi lebih aman. Anda juga akan mendapatkan layanan purna-jual terbaik dari kami dengan layanan penuh 24/7. Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk-produk yang kami tawarkan, silakan klik di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments