Jenis Pemrosesan Data Perusahaan

Pengolahan data perusahaan menjadi hal penting agar data-data penting menjadi lebih aman. Selain itu, dengan pengolahan data perusahaan dapat memproyeksikan apa saja yang harus dilakukan nantinya dan mengambil keputusan yang tepat. Saat ini, pengolahan data dapat lebih mudah menggunakan layanan seperti Google Cloud. Lalu, apa saja jenis dan metode pemrosesan data perusahaan?

Data Value Chain

Source: Unsplash.comJenis pemrosesan dan pengolahan data yang pertama adalah Data Value Chain. Jenis ini merupakan yang paling penting sebab menjadi rangkaian utama dan tahapan awal dalam proses pengolahan data untuk input dalam sebuah sistem dan menjadi output yang berguna bagi perusahaan.

Tanpa menggunakan jenis data ini, akan sulit dilakukan pemrograman lebih lanjut menggunakan tools maupun software tertentu bagi perusahaan. Untuk bisa mengolah data pertama tersebut, idealnya Anda bisa menggunakan tools khusus seperti ETL. Khususnya bagi data yang tertulis dan dijadikan sebagai perimeternya.

Pada tahapan pemrosesan Data Value Chain, penting juga dipertimbangkan mengenai kecepatan pemrosesan datanya. Misalnya berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengolah data bila menggunakan fitur-fitur terbaik seperti layanan di Google Cloud.

Type of Organization

Source: Unsplash.com

Selanjutnya adalah Type of Organization. Dimana dalam hal ini, pengolahan data dan pemrosesan berdasarkan tipe organisasinya. Oleh karena itulah, berbeda jenis organisasinya beda pula strategi yang diterapkan. Kemudian, penting pula mengenai personil atau sumber daya manusia yang bertanggung jawab menangani proses pengolahan data tersebut.

Misalnya saja untuk proses pengolahan data pada warehouse. Di sini, pengguna dapat memilih menggunakan fitur Google Cloud maupun BigQuery. Bila data yang akan diproses cukup besar dan banyak, maka bisa pula menggunakan tool ETL. Caranya adalah dengan mulai memasukkan data-data penting dalam BigQuery SQL dan dilanjutkan dengan menggunakan ETL. Pengolahan data dan pemrosesan Type of Organization masih terbagi lagi menjadi tiga tipe utama. Yakni Data Analyst Driven, Data Engineering Driven, dan Blended Organization.

Metode yang Digunakan

Source: Pexels.com

Selain dari jenis, pengolahan data dan pemrosesannya bagi sebuah perusahaan dapat dilakukan dalam beberapa metode. Hingga saat ini setidaknya ada tiga metode yang sering digunakan yakni batch processing, real time processing, dan distributed processing.

 

  • Batch Processing

 

Metode pertama ini menitikberatkan penggolongan data yang akan diproses nantinya. Biasanya, pengelompokan data ini dilakukan agar lebih mudah dipilah dan lebih nyaman. Selain itu, teknik ini juga dinilai lebih praktis dan efisien serta cepat.

Waktu pemrosesannya dan pengolahan datanya bisa dipilih sesuai kebutuhan secara berkala.  Misalnya saja mingguan, bulanan, hingga tahunan. Keunggulan metode ini lebih mudah untuk mengelompokkan data besar saat diproses. Di sisi lain kelemahannya adalah Anda perlu memfilter data yang terkadang memakan waktu yang cukup lama.

 

  • Real Time Processing

 

Real time processing merupakan metode berikutnya yang cukup banyak digunakan. Seperti namanya, pengolahan data dan pemrosesannya dilakukan pada waktu yang sama. Prosesnya dapat menggunakan sistem yang terintegrasi dengan jaringan komputasi awan seperti Google Cloud.

Contohnya adalah mengenai input barang pada perusahaan yang harus dilakukan pada saat itu juga. Apabila terjadi perubahan maupun pembatalan masukan data, maka data yang ada pun akan segera terupdate. Sehingga Anda tak perlu lagi melakukan pengecekan satu per satu layaknya teknik pertama karena semuanya berjalan secara otomatis.

 

  • Distributed Processing

 

Terakhir adalah distributed processing, di mana pada proses ini pengolahan data dan pemrosesannya bisa dibilang cukup kompleks. Yakni melibatkan terminal jarak jauh yang terhubung ke server pusat yang membantu pengguna melakukan pengolahan dan pemrosesan data.

Pengolahan data menggunakan metode ini dipilih karena lebih responsif terhadap masalah yang dihadapi. Di sisi lain, yang menjadi kekurangannya adalah memerlukan fasilitas yang cukup mahal dan terminalnya terkadang tidak efisien.

Setidaknya itulah beberapa jenis pengolahan data dan pemrosesannya yang perlu Anda ketahui. Untuk pengolahan data menggunakan Google Cloud lebih nyaman dan aman, Anda dapat berlangganan di EIKON Technology dan bisa dipilih berdasarkan kebutuhan perusahaan.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments