EIKON TECHNOLOGY BLOG

Trend Smartphone Terbaru 2016 Bakal Didominasi 3D Touch?


 

Seperti apa ya teknologi yang diusung pada smartphone terbaru 2016 nanti? Bila tahun ini marak dihiasi dengan smartphone yang mendukung jaringan 4G LTE dan RAM yang besar, tahun 2016 agaknya akan berbeda dengan munculnya teknologi 3D Touch yang kini dipopulerkan oleh Apple pada iPhone seri terbarunya, iPhone 6S dan iPhone 6S Plus.

Apa itu fitur 3D Touch?

Apple baru saja merilis dua produk teranyar tak lama setelah munculnya iPhone 6 dan 6 plus. Apple memberi teknologi baru pada iPhone 6S dan 6S Plus yang mampu membaca berbagai macam tekanan pada layar melalui sensor khusus.

Pressure-sensitive display atau 3D Touch ini memungkinkan sistem operasi pada smatphone untuk melakukan beberapa aksi yang berbeda tergantung dari level tekanan yang diberikan. Ini merupakan suatu evolusi dari teknologi gestur dan sentuhan pada layar yang selama ini biasa digunakan.

Fungsi dari 3D Touch

Manfaat teknologi 3D Touch yang paling terasa adalah untuk memudahkan pengguna dalam melakukan aksi (perintah) dan akses untuk memproses suatu informasi atau menu, sehingga kita dapat menggunakan smartphone dengan lebih intuitif dan cepat.

Beberapa fungsi diantaranya saat Anda mendapat email baru, namun cukup sibuk untuk membacanya, 3D Touch dapat membantu Anda untuk preview isi email tersebut dengan memberi tekanan ringan pada layar, sehingga preview pun muncul.

Hal ini juga berlaku untuk pencarian lokasi. Anggap saja kolega baru saja memberikan alamat kantornya melalui chat yang Anda tak tahu dimana lokasi tepatnya. Gunakan saja 3D Touch, dengan memberi tekanan ringan pada alamat tersebut maka peta lokasi akan muncul secara pop-up tanpa harus membuka aplikasi peta, dan masih banyak lagi fungsi lainnya. Ringkas ya?

Trend Smartphone Terbaru 2016 Turut Diramaikan Oleh Hadirnya 3D Touch

Badan analisis teknologi IHS melaporkan sebuah riset yang menilai bahwa teknologi 3D Touch mulai digunakan beberapa vendor smartphone untuk perangkat Android dalam waktu dekat.

Lebih jauh lagi, terungkap bahwa sekitar 25 persen smartphone baru yang akan hadir di kuartal ketiga dan keempat juga akan memiliki fitur 3D Touch, mungkin dengan nama yang berbeda-beda.

Memiliki fitur canggih pada smartphone Anda pastinya akan sangat menunjang aktifitas Anda, begitu pun halnya dengan memiliki alat produktivitas terbaik dari Google untuk membantu pekerjaan Anda menjadi jauh lebih mudah. Selain layanan email bisnis yang professional, Google Apps for Work juga memiliki rangkaian aplikasi kelas bisnis berbasis cloud untuk kolaborasi dan produktivitas yang lebih baik.

Mari melangkah dengan teknologi terbaru dari Google bersama EIKON Technology sebagai Authorized Google Partner Indonesia yang terpercaya.

 




Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of