Bluebar_navbar

31

May


Simak tips berikut untuk meeting online yang sukses

Dewasa ini, meeting online sudah cukup familiar dikalangan pekerja. Terutama bagi mereka yang pekerjaannya membutuhkan mobilisasi tinggi. Namun, meeting online agaknya memiliki sedikit perbedaan dengan meeting konvensional. Untuk itu Anda perlu mempelajari beberapa skill baru untuk melakukan meeting online yang sukses, efektif dan tepat sasaran.

Ada sedikit perbedaan antara melakukan meeting lokal dan meeting virtual (online). Anda tidak dapat menyamakan perlakuan yang biasa Anda lakukan di meeting lokal pada meeting virtual. Masalah utama dari meeting jenis ini adalah fokus partisipan yang mudah terdistraksi, sehingga membuat mereka kurang fokus terhadap materi meeting. Untuk menghindari hal tersebut, coba lakukan tips berikut.

apa saja yang diperlukan untuk menjalankan meeting online yang efektif:

Jaga relevansi

Sebagai manager atau penyelenggara meeting, menjaga relevansi sangatlah penting. Mulailah meeting tepat waktu, tentukan tujuan meeting, undang orang yang tepat, serta materi yang singkat-padat namun jelas. Memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang baik adalah skill utama yang wajib Anda penuhi untuk melakukan baik meeting lokal dan virtual. 

Karena dalam sebuah meeting harus ada 1 orang yang bertindak sebagai moderator, yang bertugas mengkondisikan dan mengatur berjalannya meeting, serta siap menjadi penengah. Anda tidak mau kan, meeting berjalan amburadul karena pembicaraan menjadi tidak sesuai dengan topik awal yang telah disepakati? 

Jadilah moderator yang interaktif agar peserta tidak mudah bosan

Alur meeting Anti bosan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda perlu menyiapkan materi meeting dengan alur yang jelas dan interaktif. Hal ini untuk menghindari terjadinya diskusi berkepanjangan yang menyebabkan pembicaraan jadi keluar jalur.

Biasanya, partisipan akan mulai bosan pada penjelasan slide ketiga. Untuk itu, berhenti menjelaskan secara berkala sambil melakukan hal-hal yang interaktif untuk menjaga peserta tetap fokus pada materi, seperti melempar pertanyaan ringan, atau menanyakan kejelasan materi yang ditangkap. 

Selain itu, penting juga untuk menjaga fokus pada transisi dari satu bagian meeting ke bagian lainnya. Aktif melakukan dialog dua arah efektif untuk menyegarkan pikiran peserta sehingga meeting dapat berjalan dengan dengan baik. 

Manfaatkan tombol MuteRangkaian perangkat Chromebox

Terkadang ada sedikit miskonsepsi terhadap tombol Mute. Jangan merasa tidak enak hati ketika menggunakan tombol Mute pada peserta. Karena justru salah satu tujuan utamanya adalah untuk mengurangi kebisingan (background noise), selain itu juga menjaga kualitas suara agar tetap prima. Manfaat lainya menggunakan tombol mute saat Anda tidak berbiccara adalah menghemat bandwidth yang dipakai, dengan begini meeting bisa berjalan lebih ringan tanpa lagging (tersendat-sendat).

Sampaikan hal ini pada peserta dari awal berjalannya meeting untuk menghindari kesalahpahaman dan agar meeting berlangsung kondusif.

Gunakanlah tombol mute ketika sedang tidak berbicara, selain hemat bandwidth, baik Anda maupun peserta dapat menyiapkan bahan yang ingin dibicarakan setelahnya. Sehingga Anda dapat menyampaikan pemikiran dengan lebih matang. 

It's All About The Cloud

Welcome to EIKON Technology blog! We're excited to share our insights about the IT industry and the Cloud. Subscribe today to get the latest news.

  • Cloud News
  • Partner Updates
  • Product Releases
  • Company News

Subscribe To Updates