EIKON TECHNOLOGY BLOG

11

Sep


Isu mengenai hilangnya Google Drive sontak mengagetkan jagat internet beberapa hari ini. Bagaimana tidak, Google Drive sangat memudahkan dalam penyimpanan berbagai data untuk diri Anda pribadi dan urusan pekerjaan kabarnya akan di hapus? Namun tenang, Google Drive akan secara resmi diganti pada Bulan Maret 2018 khusus di perangkat PC dan Mac saja. Google Drive tidak kemana-mana, Anda masih bisa mengaksesnya pada web, aplikasi smartphone, dan softaware lainnya.

Tapi bagaimana nasib Google Drive di PC dan Mac?

Adalah Drive Stream dan Backup & Sync, yang akan menggantikan posisi Google Drive pada PC dan Mac. Persepsi Anda mengenai akan dihentikannya layanan Google Drive oleh Google kini jelas sudah terbantah. Google meluncurkan aplikasi terbaru bernama Drive Stream dan Backup & Sync. Google akan mengarahkan user ke salah satu dari dua penggantian tersebut, tergantung apakah Anda consumer atau business user. Tentang kedua layanan pengganti yang telah disiapkan oleh Google ini, mari kita bahas satu per satu.

Backup & Sync

Layanan Backup & Sync memungkinkan Anda untuk membuat cadangan data serta sinkronsisasi. Backup & Sync merupakan aplikasi konsumen yang mencakup semua aplikasi pada Google Drive dan Google Photos Uploader. Sebagai apllikasi pengganti, Backup & Sync tentu memiliki fungsi dan cara kerja yang sama dengan aplikasi sebelumnya. Jika Google Drive tidak lagi bisa diakses pada PC dan Mac, Anda dapat segera upgrade pada versi baru Drive for PC & Mac, yang dinamakan Backup & Sync. Google telah menyiapkan links download untuk aplikasi ini.

Drive File Stream

Sementara untuk Anda business user, Google telah siap dengan Drive File Stream. Drive File Stream adalah aplikasi desktop terbaru yang menghemat ruang pada drive lokal Anda sambil memberikan akses ke semua file Drive Anda sesuai permintaan, langsung dari komputer Anda. Dengan Drive File Stream, berarti Anda telah tidak menggunakan hampir semua area hard drive dan menghemat waktu untuk menunggu file yang akan disinkronisasikan. Sebuah inovasi yang jauh lebih terkini, elegan, dan terpadu. Mulai sekarang, Anda bisa melihat pengaturan pada Admin Console untuk Drive File Stream (Apps > G Suite > Drive and Docs > Data Access)

Perbedaan Backup & Sync dan Drive File Stream

Ada beberapa perbedaan pada dua aplikasi baru pengganti Google Drive for PC and Mac ini. Keduanya bisa melakukan satu atau dua hal yang tidak bisa dilakukan. Bagi kebanyakan orang, mungkin merasa Backup & Sync adalah aplikasi yang cukup, meskipun beberapa masih mengeluhkan kurangnya dukungan untuk NAS drives. Perbedaan kedua aplikasi tersebut dapat Anda lihat pada tabel berikut:

Perbedaan-Drive-File-Stream-dan-Backup-&-Sync.png

Dilansir dari pengumuman resmi mengenai Google Drive Updates, berikut beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan:

  • Pada Bulan Oktober, pengguna Google Drive for PC / Mac mungkin akan mulai melihat notifikasi yang memberitahukan bahwa Google Drive for PC / Mac akan segera hilang.
  • Jika Anda sebagai pengguna menjalankan Drive File Stream dan Backup & Sync pada mesin yang sama, Anda akan diminta untuk menghentikan sinkronisasi My Drive dengan Backup & Sync untuk menghemat disk space.
  • Editor Team Drive tidak akan dapat mengedit file Team Drive mereka saat dibuka di Drive File Stream, melainkanhanya bisa melihatnya. Untuk melakukan suntingan atau edit pada file-file ini, mereka harus membuka Drive di web.

It’s not time to say goodbe to Google Drive, anyway. Just say goodbye to time-consuming file syncing and any concerns about disk space. Tidak perlu sedih dan khawatir akan hilangnya Google Drive, karena semua kemudahannya bisa Anda dapatkan dalam G Suite. Miliki G Suite sekarang untuk mendapat layanan Google yang paling memudahkan Anda.

More About G Suite >

It's All About The Cloud

Welcome to EIKON Technology blog! We're excited to share our insights about the IT industry and the Cloud. Subscribe today to get the latest news.

  • Cloud News
  • Partner Updates
  • Product Releases
  • Company News

Subscribe To Updates