4 Alasan Mengapa Harus Memilih Sertifikasi Google Cloud untuk Tim IT Anda

Sekarang ini, semakin banyak perusahaan yang bermigrasi ke cloud. Itu berarti, kebutuhan untuk meningkatkan skill pun semakin tinggi. Tanpa membekali diri dengan skill mengenai komputasi awan, perusahaan Anda tentu akan kalah saing dari mereka yang menguasainya.

Dalam laporan Global Knowledge 2021, diketahui bahwa sekitar 42% petinggi perusahaan kesulitan untuk bisa menemukan talenta yang sesuai. Sebab, saat ini permintaan terhadap SDM yang menguasai TI dan sesuai dengan spesifikasi perusahaan masih sangat minim. Masih dari laporan yang sama, diketahui bahwa sekitar 60% perusahaan, minimnya talenta berkualitas menyebabkan mereka kehilangan peluang untuk meraih keuntungan.

Sertifikasi Google Cloud hadir untuk membantu Anda mengatasi problem tersebut. Dengan menyediakan berbagai pelatihan mengenai komputasi awan, Google mendorong lahirnya lebih banyak lagi talenta TI berbakat.

Mengapa sertifikasi Google Cloud?

Ekosistem cloud tidak hanya tentang perangkat dan jaringan yang Anda gunakan, tapi juga mencakup orang-orang yang terlibat di dalamnya. Maka berinvestasi pada skill SDM sama pentingnya dengan berinvestasi pada perangkat baru. Berikut beberapa alasan mengapa sertifikasi Google Cloud adalah investasi yang tepat untuk skill Anda.

Bantu percepat implementasi teknologi baru

Setiap perusahaan yang baru mengadopsi ekosistem digital tentu ingin mempercepat proses transformasi dan memaksimalkan investasi cloud mereka. Dengan begitu, mereka bisa kembali fokus pada kegiatan bisnis utama.

Menurut IDC Software Partner Survey di tahun 2021, hampir 70% perusahaan mitra Google Cloud mengakui bahwa sertifikasi telah mempercepat implementasi teknologi dan menghasilkan produktivitas staf yang lebih besar. Dari laporan yang sama juga diketahui bahwa 85% konsultan TI mitra setuju bahwa “sertifikasi mewakili validasi pengetahuan produk yang lebih luas.”

Baca juga: Mengintip 6 Titik Pengembangan Utama Google Cloud untuk Transformasi Database Masa Depan

Tingkatkan kepuasan dan kesuksesan klien

Photo Credit: tirachardz (Freepik)

Mendapatkan sertifikasi Google Cloud akan menjadi langkah pertama untuk meningkatkan kepuasan dan kesuksesan klien. Penelitian IDC terhadap lebih dari 600 konsultan dan reseller pada September 2021 menemukan bahwa “tim bersertifikasi penuh memenuhi 95% dari ekspektasi klien mereka. Sedangkan tim yang baru tersertifikasi sebagian mencapai skor rata-rata 36% lebih rendah.”

Meningkatkan motivasi tim

Saat ini, dunia kerja global tengah menghadapi isu Great Resignation. Hal ini menyebabkan departemen TI dari banyak perusahaan merasa khawatir tentang pengurangan karyawan. Sebab, hal tersebut tentu bisa mengakibatkan proyek terhenti, tujuan bisnis yang tidak terpenuhi, dan anggota tim baru atau yang butuh waktu panjang untuk belajar.

Namun ternyata, jika para petinggi berinvestasi dalam pengembangan keterampilan untuk tim TI mereka, para talenta berbakat akan cenderung bertahan.

Menurut laporan IDC, pelatihan komprehensif menghasilkan retensi karyawan 133% lebih besar dibandingkan dengan tim yang tidak terlatih. Ketika perusahaan mendukung karyawannya mengembangkan keterampilan, mereka akan cenderung tinggal lebih lama dan produktivitas pun ikut meningkat.

Baca juga: Optimalkan Startup Anda dengan Technical Guide for Startups

Proyek lebih cepat selesai dari jadwal

Photo Credit: Rawpixel

Dengan karyawan yang merasa didukung dan dibekali untuk menangani beban kerja, mereka juga bisa tetap terlibat dan berinovasi lebih cepat dengan sertifikasi Google Cloud. “Tim yang tersertifikasi penuh memiliki kemungkinan 35% lebih besar daripada tim yang tersertifikasi sebagian untuk menyelesaikan proyek lebih cepat dari jadwal, biasanya mencapai target mereka dua minggu lebih awal,” menurut penelitian IDC InfoBrief.

Sertifikasi tim Anda

Sertifikasi Google Cloud lebih dari sekadar segel pengakuan. Sertifikasi ini dapat menjadi kerangka kerja Anda untuk meningkatkan masa kerja staf, meningkatkan produktivitas, memuaskan para pelanggan, dan mendapatkan keuntungan utama lainnya untuk mengembangkan perusahaan Anda di masa depan.

Setelah tim Anda tersertifikasi, mereka akan bergabung dengan jaringan profesional TI tepercaya di komunitas tesertifikasi Google Cloud, dengan akses ke resources serta peluang pembelajaran yang berkelanjutan.

Baca juga: Kolaborasi Google Cloud dan RAMP untuk Percepatan Migrasi Cloud

Sertifikasi Google Cloud lebih dari sekadar pengakuan yang membuktikan keterampilan seseorang. Dengan berinvestasi pada sertifikasi ini, Anda juga telah mendukung karyawan untuk mengembangkan skill mereka di bidang komputasi awan. Dalam jangka panjang, sertifikasi ini juga akan mendorong perusahaan Anda untuk berkembang dan memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan setia.

Google Cloud terus berusaha untuk memberikan solusi komputasi awan yang menyeluruh. Selain sertifikasi untuk mendukung SDM perusahaan Anda, layanan dari Google ini juga terus mengembangkan teknologi cloud sesuai dengan perubahan zaman.

Kembangkan ekosistem komputasi awan perusahaan Anda dengan Google Cloud bersama EIKON Technology. Kami menawarkan implementasi menyeluruh mulai dari tahap perencanaan hingga penerapan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments