5 Cara Google Workspace for Education Membantu Pengajar dan Siswa Tetap Aman di Dunia Maya

Hari Selasa pekan kedua bulan Februari diperingati sebagai Hari Internet Aman Sedunia. Ini merupakan sebuah inisiatif yang mempromosikan pengalaman online yang lebih aman bagi semua orang, terutama anak-anak. Untuk merayakan kesempatan ini, berikut 5 cara Google for Education mendukung keamanan online bagi para pengajar dan siswa.

  1. Perlindungan data akun

Photo Credit: Freepik

Akun Google yang dikeluarkan sekolah dan akun pribadi benar-benar terpisah. Faktanya, dengan akun Google Workspace for Education, semua data pengguna dimiliki dan dikelola oleh sekolah. Administrator memiliki tanggung jawab untuk mengelola apa yang bisa dilihat dan dilakukan siswa saat online, termasuk memblokir konten dan aplikasi yang tidak pantas.

  1. Kolaborasi aman dengan Google Workspace for Education dan Chromebook

Siswa menggunakan akun yang dikeluarkan sekolah untuk mengakses Google for Education, yang mengintegrasikan layanan inti, seperti Google Classroom, Docs, Slides, dan Gmail. Produk serta layanan Google for Education terus melindungi pengguna, perangkat, dan data dari ancaman kompleks seperti serangan ransomware. Workspace juga memberi admin tools, seperti pusat peringatan dan keamanan, manajemen identitas dan akses, serta pencegahan kehilangan data.

Baca juga: Perubahan Pemutar YouTube di Google Workspace for Education

  1. Keamanan bawaan Chromebook

Dengan boot terverifikasi, pembaruan otomatis, dan enkripsi AES 256-bit (standar yang direkomendasikan National Institute Standards & Technology), Chromebook memiliki keamanan bawaan. Chromebook dirancang untuk menciptakan lingkungan pembelajaran digital yang lebih aman, semuanya dikelola dalam skala besar oleh administrator pendidikan dan mematuhi standar peraturan lokal dan nasional. Dengan Chrome Education Upgrade dan konsol Admin, administrator dapat menetapkan kebijakan untuk memfilter konten yang tidak pantas, membatasi pemasangan aplikasi, dan menerapkan praktik penjelajahan aman.

  1. Lebih banyak lapisan keamanan

Pengajar dapat menggunakan tools seperti Lightspeed atau GoGuardian untuk membuat pembatas digital, untuk mendorong pengalaman belajar yang lebih aman. Anda dapat menemukan aplikasi lainnya yang terintegrasi dengan Google for Education di Google for Education App Hub.

Baca juga: Google for Education Hadirkan Laporan Transformasi untuk Customer

  1. Tools untuk digital wellbeing dan keamanan online

Photo Credit: Freepik

Bagian penting dari keamanan online adalah mengajari siswa cara aman saat berselancar di dunia maya. Ini akan menjadi lebih mudah dengan program Be Internet Awesome dari Google. Untuk Hari Internet Aman, Google juga telah merilis edisi special Highlights Magazine. Anda dapat mengunduhnya gratis di Highlights.com/InternetSafety.

Baca juga: 5 Tips Gunakan Microsoft Education untuk Upgrade Skill Digital SDM

Selain panduan di atas, Anda dapat mengunjungi website Google Workspace for Education untuk mendapatkan lebih banyak konten seputar keamanan digital. Ini mencakup K-12 Cybersecurity Guidebook, yang menguraikan praktik terbaik untuk mendukung penggunaan teknologi yang aman dan efektif di sekolah.

Workspace for Education selalu memastikan keamanan para penggunanya, terutama anak-anak dan remaja. Lindungi keamanan digital instansi Pendidikan Anda dengan Workspace for Education yang telah tersedia di EIKON Technology. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments