6 Trik Sederhana untuk Meningkatkan Produktivitas Chromebook Anda

Tahukah Anda, Chromebook memiliki beberapa “trik” yang akan membantu Anda meningkatkan produktivitas? Mari simak beberapa contohnya berikut ini!

  1. Ketuk untuk mengeklik dengan papan sentuh

Photo Credit: Freepik

Lupa membawa mouse? Tak masalah. Cukup dengan mengaktifkan “Tap to click” di pengaturan touchpad Chromebook. Setelah diaktfikan, Anda dapat mengeklik kanan atau kiri dengan mengetuk trackpad menggunakan dua jari.

  1. Gulir sesuai keinginan

Chromebook telah menerapkan pengguliran dua arah sehingga untuk menggulir ke atas, Anda cukup menggeser jari ke bawah pada trackpad dan untuk menggulir ke bawah, cukup geserkan jari ke arah atas pada trackpad. Selain itu, Anda juga bisa mengaktifkan “Reverse scrolling” untuk mengaktifkan gestur sebaliknya.

Baca juga: Fitur Baru Chromebook Menyambut Update ke-100

  1. Sesuaikan mouse Anda

Anda dapat menyesuaikan mouse untuk fitur yang digunakan tiap hari. Mengambil tangkapan layar, menonaktifkan atau mengaktifkan mikrofon, hingga mengaktifkan “dictation”, semuanya dapat dilakukan hanya dengan sekali klik. Untuk memulai, buka “Customize mouse buttons” di bawah tab Devices.

  1. Temukan dan sesuaikan pintasan favorit Anda

Photo Credit: Freepik

Pintasan dapat menghemat banyak waktu dan Anda bisa menemukannya di Chromebook. Untuk menemukan semua pintasan yang tersedia, tekan “Launcher+Ctrl+S”, cari aksi yang ingin Anda lakukan, seperti membuka tab baru atau menelusuri semua tab yang terbuka, dan temukan pintasan yang sesuai.

Anda juga dapat mengedit kombinasi tombol apa pun untuk tindakan tertentu menjadi apa pun yang diinginkan. Cukup buka aplikasi Key Shortcuts menggunakan “Launcher + Ctrl + S” dan klik pena di sebelah tindakan yang ingin diubah. Dari sana Anda dapat mengubah kombinasi tombol untuk tindakan tersebut.

Baca juga: Cara Baru Explore dan Share di Chrome OS pada Chromebook

  1. Mengetik huruf dengan aksen dengan mudah

Jika Anda menulis atau bekerja dalam berbagai bahasa, Anda mungkin sering kali perlu mengetikkan huruf dengan aksen (seperti é, ö, û). Untuk mempermudahnya, aktifkan opsi “Tampilkan tanda aksen dan karakter khusus” di Keyboard Settings. Lalu, saat menekan lama sebuah huruf, akan muncul opsi aksen. Pilih simbol yang Anda inginkan, maka simbol tersebut akan langsung muncul.

  1. Ubah tampilan layar

Perlu bekerja lembur? Pertimbangkan untuk mengaktifkan “Night Light and Dark Theme” untuk pengalaman yang lebih nyaman. Night Light mengurangi cahaya biru pada layar dan menampilkan warna yang lebih hangat, lebih selaras dengan jadwal tidur alami, sedangkan Dark Theme membantu mengurangi silau layar, yang dapat membantu mengurangi kelelahan mata sehingga Anda dapat bekerja dalam segala jenis cahaya.

Baca juga: Mengenal Tote, Fitur Baru Chromebook untuk Menyimpan File Penting

Perangkat Chromebook merupakan komputer baru dari Google yang dirancang untuk menyelesaikan berbagai hal dengan bantuan Chrome OS. Dapatkan segera perangkat Chromebook Anda melalui EIKON Technology yang merupakan partner resmi Google di Indonesia. Klik di sini untuk terhubung langsung dengan tim EIKON Technology.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments