Fitur Baru Chromebook Menyambut Update Ke-100

Salah satu ciri khas Chromebooks adalah adanya update otomatis secara berkala. Update tersebut memperbarui Chrome OS secara otomatis agar penggunaannya lebih mudah. Terhitung, sudah ada 100 update yang diluncurkan pada awal April 2022. Menyambut capaian tersebut, Chromebook memperkenalkan beberapa fitur baru. Apa saja?

Lebih banyak info di Launcher baru

Photo Credit: Google Blog

Cukup dengan menekan tombol Everything di keyboard Anda atau icon lingkaran di sudut kiri bawah layar, Chromebook Launcher akan mempermudah pencarian aplikasi dan file—dan bahkan menemukan jawaban secara online. Kini, desain Launcher telah diperbarui dan fungsionalitas pencariannya pun telah ditingkatkan untuk membantu menemukan apa yang Anda cari dengan lebih mudah dan cepat.

Pertama, Anda akan melihat bahwa Launcher terbuka di bagian sisi kiri layar, bukan lagi dari bawah sehingga menyisakan lebih banyak ruang untuk setiap jendela yang telah dibuka. Selain itu, Anda juga dapat mengatur aplikasi berdasarkan nama atau warna. Bisa juga mengaturnya secara manual sesuai kebutuhan dan selera. Saat Anda mengunduh aplikasi baru, maka tata letaknya akan langsung menyesuaikan.

Pencarian dengan Launcher juga semakin mudah. Tiba-tiba lupa nama aktor dari film yang baru saja Anda tonton? Bisa langsung mencari lewat Launcher. Sebelumnya, Launcher akan menampilkan preview singkat dari hasil pencarian. Namun kini, informasi yang ditampilkan akan lebih banyak lagi. Anda bisa langsung menemukan nama aktor yang dimaksud bahkan informasi mengenai cuaca. Semuanya bisa dilakukan tanpa meninggalkan Launcher.

Photo Credit: Google Blog

Jika Anda bekerja dengan banyak tab di Chrome dan jendela terbuka, tentu akan sulit untuk untuk menemukan bagian yang Anda cari. Alih-alih memilah tab satu persatu, cukup lakukan pencarian cepat di Launcher. Tab yang dimaksud pun akan langsung terbuka. Launcher versi terbaru ini akan segera hadir ke semua jenis Chromebook.

Baca juga: Cara Baru Explore dan Share di Chrome OS pada Chromebook

Edit dengan suara

Photo Credit: Google Blog

Anda mungkin sudah familier dengan fitur Dictation yang ada di Chrome OS. Dengan fitur tersebut, Anda bisa mendiktekan teks di aplikasi manapun, entah itu email atau browser. Sekarang, fitur tersebut telah dilengkapi dengan fitur edit yang memungkinkan pengguna untuk menyunting tulisan hanya dengan suara.

Cukup ucapkan “hapus” atau “erase” untuk menghapus huruf terakhir atau “move to next character” untuk menyesuaikan posisi kursor Anda di layar. Tidak yakin perintah apa yang harus digunakan? Ucapkan “bantuan” atau “help” dan Chromebook akan memberi Anda ide.

Untuk menggunakan fitur ini, aktifkan Dictation pada Pengaturan atau tekan tombol Everything + D.

Baca juga: Sign-In Lebih Aman dan Nyaman di Chromebook

Menyambut total update yang sudah mencapai angka 100, Chromebook meluncurkan fitur baru dan memperkenalkan calon device yang akan segera dipasarkan.

Tertarik untuk mulai menjajal Chrome OS namun belum menemukan mana perangkat Chromebook yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Tak perlu khawatir, EIKON Technology siap membantu. Anda juga bisa mempelajari spesifikasinya lebih dulu di sini 

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments