Sign-in Lebih Aman dan Nyaman di Chromebook

Password selama ini menjadi salah satu kunci utama untuk mengamankan akun dan data digital kita. Namun, pengamanan yang hanya dengan password saja sebenarnya tidak cukup untuk menjaga perangkat maupun akun. Oleh karena itulah, Google pun terus mengembangkan berbagai fitur unggulan dalam mengamankan akun Chromebook penggunanya agar lebih aman dan nyaman saat sign-in.

Membuat Password Sign-In Lebih Aman

Photo: Pexels.com

Setiap hari Google memastikan password dari sekitar 1 miliar pemilik akun tetap aman dan terverifikasi dengan baik. Tujuannya tak lain untuk memastikan keamanan agar akun benar-benar berada pada orang yang tepat dan menghindari pembajakan akun oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Untuk mengoptimalkan layanan tersebut, Google menyematkan Google’s Password Manager pada Chrome, Android, dan juga Google App. Kedepannya juga akan diberlakukan pada sistem operasi iOS. Dengan menggunakan teknologi terkini, data pun menjadi lebih aman. Hal itu juga akan memudahkan para penggunanya untuk menyarankan membuat password yang kuat dan unik pada berbagai device, tanpa harus mengingat kembali dan mengulanginya saat login.

Akses Verifikasi Chromebook Dua Langkah

Photo: National Cyber Security Center

Selain menggunakan password dengan kombinasi yang aman, penggunaan Chromebook juga menggunakan mode verifikasi dua langkah. Mode ini diterapkan untuk mencegah serangan dari pihak luar yang dapat mengakses akun Anda secara ilegal maupun mencuri data-data penting lainnya. 

Dalam praktiknya, verifikasi dua langkah ini menggunakan ‘sesuatu yang Anda ketahui’ seperti password dan ‘apa yang Anda miliki’ dalam hal ini adalah nomor telepon maupun kombinasi nomor yang khusus sebagai kode akses Anda. Nantinya, pada akhir 2021, Google berencana akan menggunakan metode dua verifikasi dua langkah ini pada 150 juta penggunanya. Termasuk bagi dua juta pengguna maupun kreator YouTube. 

Device Anda Menjadi Lebih Nyaman

Photo: Larastock

Google tak hanya berkomitmen melindungi keamanan akun Chromebook Anda. Lebih dari itu, juga berkomitmen untuk melindungi perangkat atau device yang digunakan dari berbagai serangan siber seperti fraud. Google pun bekerjasama dengan mitra-mitra terbaik untuk memberikan perlindungan keamanan secara cuma-cuma pada lebih dari 10 ribu penggunanya tahun ini.

Untuk memudahkan pengguna, Google juga membangun sebuah sistem pengamanan pada sistem operasi Android. Di sisi lain, hal yang sama juga dilakukan untuk produk dari Apple dengan adanya Google Smart Lock App pada perangkat. Saat ini, setidaknya sudah ada sekitar 2 miliar perangkat di dunia yang secara otomatis mendukung fitur keamanan saat sign-in di Chrome menggunakan verifikasi dua langkah.

Perlindungan Identitas Digital Chromebook yang Andal

Photo: Google for Education

Pengembangan pun terus dilakukan oleh Google untuk melindungi pengguna ketika sign-in di akun Chrome mereka. Hal itu ditunjukkan dengan meluncurkan fitur One Tap yang merupakan bagian dari sistem keamanan API yakni Google Identity Service. Dimana fitur ini bisa digunakan untuk pengamanan token selain password untuk login pada layanan website dan aplikasi seperti Pinterest dan Reddit.

Kesimpulan

Photo: Stuff.co.nz

Adanya fitur baru untuk sign-in di Chromebook membuat pengguna merasa aman dan nyaman digunakan kapan saja dan dimana saja. Termasuk cara berlangganan fitur ini langsung dari Google. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih vendor penyedia layanan produk Gooogle seperti Chrome maupun Chromebook yang terpercaya. Selain itu juga memiliki lisensi resmi dari Google pusat.

Di Indonesia, saat ini salah satu yang memiliki lisensi untuk memasarkan produk dan layanan Google secara resmi adalah EIKON Technology. Dengan pengalamannya menyediakan layanan Google untuk korporasi, Anda pun layak memilihnya. Ada berbagai platform layanan yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Termasuk didukung dengan teknisi yang siap melayani Anda baik untuk maintenance maupun saat terjadi kendala. Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk tersebut, Anda bisa klik di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments