Perbedaan Chromebook dengan Laptop, Mana yang Lebih Bagus?

Perbedaan Chromebook dengan Laptop – Jika Anda membaca tulisan ini, kemungkinan besar Anda sudah tidak asing lagi dengan Chromebook. Namun, mengingat bentuk perangkat yang terlihat mirip dengan laptop pada umumnya, Anda pun jadi bingung membedakan keduanya.

Hal tersebut wajar terjadi karena Perbedaan Chromebook dengan Laptop memang baru akan terasa saat Anda benar-benar menggunakannya. Lantas, apa saja perbedaan tersebut? Lalu, mana yang sebaiknya Anda beli?

Sistem operasi yang disematkan

Photo Credit: Benjamin Dada (Unsplash)

Salah satu Perbedaan Chromebook dengan Laptop yang paling menonjol terletak pada sistem operasinya. Selain Chromebook, di pasaran ada dua jenis laptop yang umumnya dijual, yaitu laptop Windows dan MacBook.

Sesuai namanya, laptop Windows dibekali dengan sistem operasi Windows buatan Microsoft. Sedangkan sistem operasi pada MacBook adalah MacOS yang dibuat oleh Apple.

Sementara itu, Chromebook menggunakan sistem operasi Chrome OS buatan Google. Alhasil, performa mesinnya pun didesain agar bisa bekerja secara maksimal dengan aplikasi Google. Jadi, apabila selama ini Anda sudah sering menggunakan produk Google seperti Google Chrome, Gmail, Google Drive, dan Calendar, maka Chromebook merupakan pilihan tepat bagi Anda.

Penggunaan aplikasi Office untuk keperluan kerja

Perbedaan Chromebook dengan Laptop

Photo Credit: Startup Stock Photos (Pexels)

Pada umumnya, kebanyakan laptop menggunakan aplikasi Microsoft Office seperti Word, Excel, dan Power Point untuk mendukung aktivitas kerja penggunanya. Bahkan pengguna MacBook pun biasanya akan memasang software tersebut pada perangkat mereka.

Di sinilah Perbedaan Chromebook dengan Laptop. Chromebook memang tidak menyediakan akses aplikasi software Microsoft Office. Namun, sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan Google Docs, Slides, dan Sheets yang tidak kalah powerful.

Bahkan, karena berbasis cloud, ketiga aplikasi tersebut akan memudahkan Anda dalam melakukan kolaborasi kerja bersama tim. Fitur-fiturnya pun tidak kalah lengkap dari Microsoft Office sehingga dapat menunjang pekerjaan secara optimal.

Ketergantungan terhadap internet

Photo Credit: Bram Van Oost (Unsplash)

Saat pertama kali diluncurkan pada 2011 dulu, Chromebook memang dirancang untuk dapat beroperasi dengan ketergantungan terhadap internet. Dengan kata lain, Anda harus selalu terhubung dengan koneksi internet yang stabil selama menggunakan perangkat Chromebook.

Hal itulah yang mungkin sempat membuat orang memilih menggunakan laptop biasa. Namun, kini Chromebook telah mengalami banyak sekali pengembangan. Salah satunya adalah kemampuan beroperasi tanpa harus terhubung dengan internet.

Layanan unggulan Google seperti Docs, Sheets, dan Slides kini sudah bisa diakses secara offline. Anda pun tetap bisa membuka dan mengedit dokumen tanpa harus terkoneksi dengan internet. Bahkan masih ada sekitar 200-an aplikasi lain yang dapat Anda akses di Chromebook secara offline.

Akses terhadap berbagai aplikasi Android

Perbedaan Chromebook dengan Laptop

Photo Credit: Sigmund (Unsplash)

Perbedaan Chromebook dengan Laptop yang satu ini bisa dibilang cukup menonjol. Melalui perangkat Chromebook terbaru, Anda bisa mengakses berbagai aplikasi Android, termasuk aplikasi-aplikasi populer seperti Adobe dan game berbasis cloud.

Dengan kata lain, perangkat Chromebook tidak hanya membantu mendukung produktivitas Anda, tapi juga menjadi perangkat untuk mengakses konten hiburan. Tentunya Anda tidak akan bisa mengakses aplikasi-aplikasi Android di perangkat laptop selain Chromebook.

Jadi, setelah mengetahui Perbedaan Chromebook dengan Laptop, mana yang lebih bagus untuk Anda? Tentu semua kembali lagi pada kebutuhan dan preferensi masing-masing. Namun, jika Anda membutuhkan perangkat berbasis cloud dengan akses ke layanan Google, maka Chromebook adalah pilihan tepat.

Tak perlu khawatir jika sebelumnya Anda belum pernah menggunakan Chromebook. Jika membeli perangkat Chromebook di EIKON Technology, Anda akan mendapat bantuan migrasi dari laptop ke Chromebook. Tenang saja, pemakaian Chromebook begitu mudah dan simpel sehingga Anda pun bisa dengan cepat menyesuaikan diri.

Segera dapatkan di EIKON Technology dan rasakan sendiri pengalaman terbaik menggunakan Chromebook!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments