5 Kelebihan Chromebook untuk Produktivitas Pekerjaan yang Perlu Anda Ketahui

Kelebihan Chromebook – Kemudahan yang ditawarkan Chromebook menjadi salah satu alasan utama perangkat tersebut digunakan banyak orang di dunia. Tentu saja di balik kemudahan itu, tersimpan beragam kecanggihan teknologi yang mampu menunjang kebutuhan para penggunanya.

Dengan kebutuhan yang terpenuhi, produktivitas Anda sebagai pengguna pun jadi meningkat. Pekerjaan bisa selesai sesuai target, bisnis pun dapat terus berkembang. Memangnya, apa saja kelebihan Chromebook dalam meningkatkan produktivitas? Kecanggihan teknologi seperti apa yang dimaksud? Simak penjelasannya di bawah ini!

Cocok dengan beragam aplikasi kerja

Photo Credit: Andrew Neel (Unsplash)

Aktivitas kerja bisa dengan mudah dilakukan menggunakan Chromebook. Bagi yang sehari-hari berkutat dengan pembuatan dokumen atau deck untuk presentasi, telah tersedia aplikasi document editing seperti Google Docs, Sheets, dan Slides untuk Anda.

Lalu, jika Anda cukup sering mengikuti meeting dengan rekan kerja atau klien, Chromebook bisa membantu Anda mencatat materi meeting melalui aplikasi seperti NoteShelf dan INKredible.Tidak hanya itu, bahkan kelebihan Chromebook juga bisa dirasakan tim finance karena perangkat satu ini juga sudah compatible dengan berbagai aplikasi keuangan seperti Quicken dan Turbotax.

Google Workspace memudahkan kolaborasi

Photo Credit: Anna Shvets (Pexels)

Apakah ada dari Anda yang memiliki banyak anggota tim tersebar di berbagai kota atau negara?

Dengan Chromebook, Anda dan tim tetap dapat meningkatkan produktivitas walaupun bekerja dari tempat berbeda. Berbasis cloud, perangkat Chromebook sudah kompatibel dengan berbagai aplikasi penunjang produktivitas, terutama Google Workspace yang mencakup aplikasi populer seperti Google Docs, Slides, Sheets, Calendar, Drive, dan Gmail.

Tidak ketinggalan Google Meet untuk memenuhi kebutuhan online video conference dengan para anggota tim. Alhasil, kolaborasi tetap bisa dilakukan dengan mudah. Jarak tak lagi jadi halangan selama menggunakan perangkat Chromebook.

Menunjang pekerjaan kreatif Anda

Photo Credit: Anete Lusina (Unsplash)

Siapa bilang Chromebook hanya bisa dimanfaatkan untuk pekerjaan “serius” seperti menyusun dokumen atau laporan keuangan? Anda juga bisa menggunakan perangkat Chromebook untuk melakukan pekerjaan kreatif seperti mengedit foto, video, hingga menggubah musik. 

Ada banyak pilihan aplikasi kreatif yang sudah kompatibel dengan Chromebook. Sebut saja BandLab untuk mengedit audio, Adobe Lightroom untuk mempercantik foto, dan Clipchamp untuk mengedit video. Tinggal pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Teknologi untuk hemat waktu dan energi

Photo Credit: Anete Lusina (Unsplash)

Produktivitas sangat dipengaruhi oleh manajemen waktu dan energi. Semakin banyak waktu dan energi yang tersimpan, maka tentu akan semakin baik.

Hal tersebut diwujudkan Google melalui penerapan otentikasi biometrik pada perangkat Chromebook. Artinya, untuk login ke Chromebook, kini Anda hanya perlu melakukan scan fingerprint. Anda tak lagi harus memasukkan password secara manual sehingga lebih hemat waktu.

Kelebihan Chromebook dalam menghemat waktu dan energi juga didukung dengan adanya Google Assistant. Fitur satu ini akan melakukan task atau hal yang Anda perintahkan atau tanyakan.

Misalnya, jika ingin mengetahui deadline pada hari tertentu, Anda cukup mengatakan, “Hey, Google, what’s on my calendar today?” Atau jika Anda hendak mengirimkan email, cukup katakan, “Hey, Google, write a new email,”

Saat offline pun masih tetap bisa produktif

Photo Credit: Brooke Cagle (Unsplash)

Beberapa dari Anda mungkin pernah mendengar bahwa Chromebook tidak dapat digunakan dalam keadaan offline. Padahal, kenyataannya justru sebaliknya. Google telah mengoptimalkan sistem offline pada Chromebook sehingga Anda tetap bisa menggunakannya dan meningkatkan produktivitas.

Beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan dengan menggunakan Chromebook secara offline adalah membuka dan mengedit dokumen Docs, Slides, atau Sheets melalui Google Drive; membuka dan mengedit foto menggunakan aplikasi photo editor bawaan Chromebook; serta menulis notes menggunakan Google Keep.

Berbagai kelebihan Chromebook tersebut dapat membantu meningkatkan produktivitas kerja Anda. Buktikan sendiri dengan segera membeli perangkat Chromebook melalui EIKON Technology, reseller resmi produk Google di Indonesia.

Tim EIKON Technology akan membantu Anda memilih perangkat Chromebook terbaik sesuai kebutuhan. Pelajari spesifikasinya secara lebih detail di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments