Pentingnya Google Drive sebagai Media Penyimpanan File

Pentingnya Google Drive sebagai Media Penyimpanan File – Google Drive adalah layanan penyimpanan file yang dikembangkan oleh Google dan pertama kali diluncurkan pada April 2012. Dilengkapi berbagai fitur penunjang, Google Drive menawarkan pengalaman berbeda jika dibandingkan dengan penyimpanan file secara offline di perangkat komputer maupun laptop. Karena hal tersebut, banyak pula keunggulan yang dimiliki Google Drive bagi para penggunanya. Bahkan keunggulan tersebut tidak terbatas hanya pada aktivitas penyimpanan file. Apa saja? Cek selengkapnya di bawah ini!

Berbasis cloud, simpan dan akses file dari mana saja

Saat Anda menyimpan file dalam komputer atau laptop, otomatis Anda hanya bisa mengakses file tersebut dari perangkat yang sama. Hal ini tentu cukup merepotkan. Namun, tidak begitu halnya jika Anda menyimpan file di Google Drive. Menggunakan sistem berbasis cloud, Google Drive memungkinkan Anda untuk menyimpan dan mengakses file lewat perangkat apa pun selama terkoneksi dengan jaringan internet.

Demi kebutuhan penyimpanan file, Google Drive telah menyediakan kapasitas 15 GB secara gratis. Anda bisa menggunakannya untuk menyimpan berbagai jenis file, mulai dari dokumen Microsoft Office, PDF, foto, video, presentasi, bahkan hingga lampiran email. Tak perlu khawatir soal keamanan file karena Google Drive terenkripsi dengan SSL, protokol keamanan yang juga digunakan pada Gmail dan layanan Google lainnya. File dalam Google Drive baru bisa dilihat atau diakses orang lain apabila Anda melakukan share.

Integrasi dengan Google, performa lebih powerful

Sebagai salah satu produk unggulan Google, Google Drive dirancang untuk terintegrasi dengan produk atau layanan Google lainnya. Adanya integrasi ini memberikan performa yang lebih powerful dan optimal pada Google Drive. Bagi yang menggunakan Gmail, misalnya, coba cari salah satu lampiran atau attachment pada email masuk. Klik logo Google Drive pada ikon lampiran tersebut dan file lampiran akan langsung tersimpan di Google Drive.

Integrasi tersebut juga dapat Anda temukan pada Google Photos. Foto-foto yang tersimpan di Google Drive bisa Anda akses melalui Google Photos, yang tidak hanya memiliki fitur editing untuk foto, tapi juga video hingga animasi. Lalu, Anda juga akan mendapatkan kapasitas penyimpanan file 100 GB secara gratis di Google Drive jika membeli perangkat Chromebook terbaru.

Tak hanya menyimpan file, bisa juga buat dokumen baru

Penyimpanan file memang menjadi layanan utama yang ditawarkan Google Drive. Namun, kemampuan Google Drive sebetulnya jauh melampaui itu. Anda bahkan bisa membuat dokumen baru melalui berbagai aplikasi seperti Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides. Ada juga Google Form yang memungkinkan Anda untuk membuat survei menggunakan formulir online. Hasil dari survei tersebut akan dijabarkan secara rapi dalam bentuk spreadsheet.

Tentu masih ada banyak aplikasi lain yang bisa Anda gunakan dalam Google Drive. Jumlahnya bahkan mencapai lebih dari seratus aplikasi, mulai dari aplikasi untuk mengedit foto profil, membuat mind map, hingga membuat diagram atau flowchart. Anda bisa install aplikasi yang dibutuhkan melalui Drive Collection di Chrome Web Store.

Mudah melacak perubahan dokumen hingga 30 hari

Kini Anda sudah tahu bahwa Google Drive tidak hanya bisa digunakan sebagai media penyimpanan file, tapi juga membuat berbagai dokumen lain melalui aplikasi yang disediakan. Pada saat tertentu, kemungkinan Anda akan mengedit konten dari dokumen tersebut. Menariknya, versi lama dari dokumen masih akan tersimpan di Google Drive. Bahkan Anda masih dapat melihat history atau perubahan yang terjadi pada dokumen hingga tiga puluh hari ke belakang.

Dengan begitu, Anda jadi bisa melacak siapa saja yang melakukan editing atau perubahan terhadap dokumen tersebut. Jika Anda memutuskan untuk kembali menggunakan konten versi lama, Anda bisa langsung dengan mudah memilihnya.

Google Drive diciptakan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam aktivitas penyimpanan file. Namun, seiring dengan perkembangannya, Google Drive dilengkapi dengan berbagai fitur yang tak hanya membuatnya canggih, tapi juga memenuhi kebutuhan penggunanya secara tepat sasaran. Segera buat akun Google dan Anda akan langsung mendapatkan kapasitas penyimpanan 15 GB gratis di Google Drive. Untuk pengalaman lebih optimal dalam menggunakan layanan Google, Anda bisa upgrade ke Google Workspace dengan menghubungi Eikon Technology.

Google Workspace menyediakan kumpulan aplikasi untuk menunjang produktivitas dan dan kolaborasi bisnis, termasuk salah satunya Google Drive. Melalui Google Suite, Anda bisa mengintegrasikan Google Drive dengan berbagai produk Google lain untuk memaksimalkan performa kerja. Bahkan Anda juga bisa mengadakan rapat melalui video conference hingga seratus peserta! Tunggu apa lagi, maksimalkan penggunaan Google Drive melalui langganan Google Workspace lewat EIKON Technology!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of