Menggapai Masa Depan Berkelanjutan dengan ChromeOS

Menghadapi tantangan lingkungan yang semakin mendesak, gagasan saja tidak cukup, perlu ada tindakan nyata. Artikel kali ini akan membahas tentang bagaimana mengoptimalkan penggunaan ChromeOS untuk mendukung keberlanjutan.

Mendorong keberlanjutan digital

Photo Credit: Freepik

Keberlanjutan harus berperan dalam kehidupan, dan ChromeOS serta ChromeOS Flex dapat membantu semua jenis bisnis merangkul sirkularitas dan mendapatkan lebih banyak manfaat. Google telah memperpanjang dukungan pada perangkat ChromeOS dari 8 tahun menjadi 10 tahun—paling lama dibandingkan sistem operasi lain saat ini—yang menggarisbawahi komitmen untuk mempromosikan keberlanjutan perangkat.

Baca juga: Sign-in Lebih Aman dan Nyaman di Chromebook

Dukungan yang diperpanjang ini meningkatkan masa pakai perangkat, mengurangi frekuensi penggantian hardware, dan meminimalkan timbulan limbah elektronik. Perangkat ChromeOS pun telah dirancang dengan mempertimbangkan efisiensi energi, mengonsumsi hingga 46% lebih sedikit energi daripada sistem operasi yang sebanding.

Bahkan lebih dari itu, dalam tahun pertama penerapan ChromeOS Flex pada perangkat, bisnis Anda dapat mewujudkan pengurangan emisi hingga 83% dan pengurangan limbah elektronik hingga 100%.

Baca juga: Fitur Baru Chromebook Menyambut Update ke-100

Life Cycle Assessments untuk ekosistem TI yang berkelanjutan

Photo Credit: Freepik

Karena keberlanjutan menjadi prioritas utama, pengukuran dampak lingkungan yang andal menjadi penting. Life Cycle Assessment (LCA) adalah alat utama untuk pengambilan keputusan dan mampu menunjukkan kemajuan keberlanjutan. Namun, standar yang tidak konsisten menghambat perbandingan yang akurat dan secara tidak sengaja dapat mencegah inovasi desain.

Untuk mengatasi hal ini, ChromeOS bekerja sama dengan Fraunhofer IZM, OEM, dan mitra untuk memajukan dan menyelaraskan praktik LCA pada laptop dan komputer. Karya ini telah dipresentasikan pada tanggal 17 Juni tahun 2024 ini, di konferensi Electronics Goes Green, dan mendapat dukungan kuat dari industri.

Baca juga: 6 Trik Sederhana untuk Meningkatkan Produktivitas Chromebook Anda

Baik Anda memiliki tujuan untuk menyederhanakan dan mengurangi biaya TI, atau mengurangi jejak karbon, ChromeOS dan ChromeOS Flex layak menjadi pertimbangan. Jika Anda memiliki armada perangkat yang sudah ada yang hampir berakhir masa dukungannya, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memodernisasi dengan ChromeOS Flex tanpa biaya.

Baru-baru ini Google telah mensertifikasi lebih dari 550 perangkat dan jumlahnya terus bertambah, jadi kemungkinan besar perangkat yang Anda gunakan sekarang telah didukung. Menariknya lagi, instalasinya bisa Anda lakukan secara mandiri hanya berbekal sebuah drive USB dan tidak memakan waktu lebih dari 5 menit.

Siap untuk memulai dengan ChromeOS Flex? Instal hanya dalam waktu 5 menit di sini. Anda bisa mengoptimalkannya dengan menggunakan perangkat Chromebook yang telah tersedia di EIKON Technology. Untuk informasi terkait ketersediaan dan pembelian, silakan hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments