Aplikasi Google Chat Kini Dapat Berlangganan Notifikasi Event

Developer Google Workspace yang terdaftar di Developer Preview Program telah mampu membuat aplikasi Chat yang dapat berlangganan Chat Event menggunakan Google Workspace Events API. Mulai 18 April 2024, fungsi tersebut tersedia untuk seluruh developer Workspace. Bagaimana cara kerjanya?

Tentang Google Chat Event

Google Chat Event mewakili aktivitas atau perubahan di Chat, seperti pesan baru di Space. Aplikasi Chat Anda dapat menggunakan Event untuk memahami apa yang terjadi dan mengambil tindakan atau merespons dengan cara yang berarti bagi end-user.

Berikut beberapa contoh bagaimana Anda dapat menggunakan Event:

  • Memantau dan menanggapi pesan baru di Space, seperti memeriksa kata atau frasa kunci.

  • Mengirimkan pesan selamat datang kepada pengguna saat mereka bergabung ke Space, untuk menjelaskan panduan atau berbagi tips tentang cara menggunakan aplikasi Chat secara efektif.

  • Melacak dan menganalisis aktivitas Chat. Misalnya saja untuk mengirimkan laporan bulanan tentang anggota baru atau pesan yang mendapat reaksi atau balasan terbanyak.

  • Berkomunikasi antar platform perpesanan. Misalnya, pengguna dapat mengirim dan menerima pesan dari pengguna di platform perpesanan berbeda tanpa perlu keluar dari Chat.

Berlangganan notifikasi ini memungkinkan aplikasi Chat merespons tindakan penting secara real-time. Untuk mengetahui detailnya, Anda dapat mengunjungi halaman dokumentasi berlangganan Google Chat Events di Google Workspace Events API.

Baca juga: Pesan Berbintang Kini Tersedia untuk Google Chat Mobile

Cara kerja Event

Setiap kali terjadi sesuatu di Google Chat, resource Google Chat API akan dibuat, diperbarui, atau dihapus. Chat menggunakan Event untuk mengirimkan informasi ke aplikasi Chat Anda mengenai jenis aktivitas yang terjadi, dan resources Chat API yang terpengaruh.

Photo Credit: Google Workspace Developer

Chat mengelompokkan aktivitas berdasarkan jenisnya. Jenis aktivitas membantu Anda memfilter dan menerima hanya jenis informasi yang diperlukan, dan memungkinkan Anda menangani aktivitas serupa dengan cara yang sama.

Baca juga: Sortir Shared Files di Space Google Chat Kini Jadi Lebih Mudah, Begini Caranya

Tabel berikut menunjukkan bagaimana aktivitas di Chat memengaruhi resources Chat API terkait dan jenis peristiwa yang diterima aplikasi Chat Anda:

Aktivitas

Resource Chat API

Jenis aktivitas

Pengguna mengirim pesan di Space

Resource Message dibuat

Pesan baru

Pengguna menjadi Space Manager

Resource Membership diperbarui

Pembaruan membership

Pengguna bereaksi pada sebuah pesan

Resource Reaction dibuat

Reaksi baru

Pengguna meninggalkan Space

Resource Membership dihapus

Penghapusan membership

Ketersediaan

Google Chat Event telah tersedia untuk seluruh pengguna dan dirilis melalui domain rilis cepat dan domain rilis terjadwal. Kapabilitas ini dapat diakses melalui Google Chat API.

Baca juga: Cara Mengirim Pesan Suara di Google Chat

Google Chat Event akan memudahkan Anda dalam mengelola aktivitas di Google Chat. Selain Event, aplikasi perpesanan Chat masih memiliki berbagai fitur dan kapabilitas menarik yang akan mengoptimalkan performa Anda. Terlebih, Chat juga telah terintegrasi dengan berbagai aplikasi produktivitas lain dari Google Workspace. Belum berlangganan Workspace? Anda bisa mendapatkannya melalui EIKON Technology. Informasi lebih lanjut, hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments