Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Client-side Encryption Google Docs

Google Workspace menyediakan kunci enkripsi pribadi untuk mengenkripsi data perusahaan (seperti file dan email). Dengan client-side encryption (CSE) ini, enkripsi konten akan ditangani di browser klien sebelum data apa pun dikirim atau disimpan di penyimpanan berbasis cloud Google. Itu artinya, server tidak dapat mengakses kunci enkripsi dan mendekripsi data Anda. Setelah menyiapkan CSE, Anda dapat memilih pengguna mana yang dapat membuat konten dengan CSE dan membagikan atau mengirimkannya.

Kini, Anda dapat memilih untuk menambahkan CSE ke dokumen yang sudah ada atau menghapusnya dari dokumen yang sudah dienkripsi. Pembaruan ini memberi Anda fleksibilitas untuk mengontrol enkripsi saat tengah mengerjakan dokumen atau saat mengembangkan proyek. Bagaimana cara menggunakannya? Mari simak ulasan berikut!

Mengapa menggunakan client-side encryption?

Google Workspace sudah menggunakan standar kriptografi terbaru untuk mengenkripsi semua data saat dalam posisi rest maupun transit antar fasilitas untuk semua layanan. Selain itu, Gmail juga sudah menggunakan TLS (Transport Layer Security) untuk berkomunikasi dengan penyedia layanan email lainnya. Namun, dengan CSE, Anda memiliki kontrol langsung atas kunci enkripsi dan penyedia identitas yang digunakan untuk mengakses kunci tersebut. Kontrol tambahan ini dapat membantu Anda memperkuat kerahasiaan data sensitif atau yang diatur. Perusahaan Anda mungkin perlu menggunakan CSE karena berbagai alasan. misalnya:

  • Privasi: Perusahaan Anda bekerja dengan kekayaan intelektual yang sangat sensitif.
  • Kepatuhan terhadap peraturan: Perusahaan atau instansi Anda beroperasi dalam industri yang sangat diatur, seperti kedirgantaraan dan pertahanan, layanan keuangan, atau pemerintahan.

Baca juga: Enkripsi Client-Side untuk Google Calendar Kini Telah Tersedia, Apa Fungsinya?

Mulai menggunakan CSE di Workspace

Photo Credit: Google Workspace Updates

Client-side encryption Google Workspace dapat diaktifkan pada level domain, organizational unit (OU), dan Group levels). Untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya, administrator cukup mengakses halaman Admin console dan masuk ke menu Security > Access and data control > Client-side encryption.

Setelah CSE diaktifkan oleh administrator, end-user bisa langsung mengenkripsi data mereka sebelum membagikan atau mengirimkannya (prosedur CSE dapat diterapkan pada data yang dibagikan kepada pihak internal maupun eksternal perusahaan). Data dapat berupa file yang tersimpan di Drive, maupun file yang sedang Anda kerjakan di Docs, Sheets, dan juga Slides.

Baca juga: Menggunakan Access Approvals untuk Mengontrol Akses Data Selama Pemeliharaan

Ketersediaan CSE

Photo Credit: Freepik

CSE Google Workspace dirilis secara bertahap, baik itu untuk domain rilis cepat maupun domain rilis terjadwal. Untuk domain rilis cepat, dimulai pada tanggal 23 Maret 2023 (kemungkinan memerlukan waktu hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur). Di sisi lain, domain rilis terjadwal dimulai pada 6 April 2023 (kemungkinan memerlukan waktu hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur). CSE Google Workspace tersedia untuk edisi Enterprise Plus, Education Standard, serta Education Plus.

Baca juga: Client-Side Encryption untuk Gmail Kini Tersedia untuk Umum, Ini Kegunaannya

Dengan hadirnya client-side encryption untuk Google Docs, Anda bisa memberikan keamanan tambahan untuk tiap file dan proyek yang sedang dikerjakan di Docs. Sebab, seluruh data sensitif di Docs tidak akan dapat dibaca oleh server Google.

Selain Docs, Google Workspace juga memiliki beberapa aplikasi lain yang saling terintegrasi dan dilindungi oleh CSE, seperti Gmail, Slides, dan juga Sheets. Menggunakan Workspace memungkinkan Anda untuk bekerja secara aman dan mudah. Ingin mulai menerapkan Workspace di lingkungan kerja Anda? EIKON Technology sebagai authorized partner Google siap membantu implementasi Anda. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pemasangan, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Baca juga: Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Client-Side Encryption Google Docs […]

trackback

[…] Baca juga: Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Client-Side Encryption Google Docs […]