Fakta tentang Pengguna Internet di Indonesia

 

Internet mulai digunakan di Indonesia sejak tahun 1980-an. Dengan infrastruktur seadanya, internet di Indonesia dapat menghubungkan 5 Perguruan tinggi yakni Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Terbuka, Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Sepuluh November yang digunakan untuk berkomunikasi dan berbagi informasi antar universitas. Di titik inilah awal mula  internet mulai digunakan dan dikembangkan yang akhirnya berada di posisi sekarang ini.

indian-mobile-users.jpg

Dilansir dari hasil survey APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) pada akhir  tahun 2016, Fakta berkaitan pengguna internet di Indonesia mencapai 51,8% atau 132,7 juta dari total populasi penduduk Indonesia sekitar 256,2 juta. Angka tersebut tentu akan terus bertambah seiring dengan maraknya edukasi tentang ilmu teknologi khususnya internet di Indonesia. Dari segi gender, pengguna Internet di Indonesia bisa dikatakan cukup seimbang antara Pria dan Wanita dengan prosentase pengguna Pria sebanyak 52,5% dan Wanita sebanyak 48,2%.

Berbagai Wilayah di Indonesia 

Urutan pertama pengguna internet terbanyak berada di Pulau Jawa sekitar 65%, disusul peringkat dua di Pulau Sumatera sekitar 15,7%, kemudian ketiga di Sulawesi 6,3%, Keempat di Kalimantan sekitar 5,8%, Kelima di Bali & Nusa Tenggara sekitar 4,7%, Keenam di Maluku & Papua sekitar 2,5%.

STatistik Pengguna Internet 2016 - Edited.jpg

Diprediksi, Pulau Jawa akan tetap menjadi juara dalam pencapaian angka pengguna internet karena Pulau tersebut merupakan pusat pemerintahan, perekonomian hingga pendidikan. Setiap ilmu teknologi masuk di Indonesia, tentu akan melewati Pulau Jawa terlebih dahulu.

Dengan semakin kuatnya perkembangan internet di Indonesia, tentu berdampak pada semakin cepat pula gerak aktivitas pengguna internet. Banyak hal yang dapat dilakukan dengan adanya koneksi internet sehingga membuat segalanya lebih mudah. Sebanyak 31,3 juta pengguna memanfaatkan koneksi internet untuk mendapatkan informasi terbaru kemudian 27,6 juta menggunakan Internet untuk urusan pekerjaan, sebanyak 17,9 juta pengguna memilih ber-internet untuk mengiai waktu luang, 13,6 juta pengguna untuk kehidupan bersosial, 12,2 juta pengguna memanfaatkan untuk dunia pendidikan, 11,7 juta pengguna memanfaatkan internet untuk sekedar hiburan, dan 10,4 juta pengguna memanfaatkan internet untuk berniaga atau berjual-beli online.

083088800_1477296304-apjii.jpg

Berbagai hasil survey diatas membuktikan internet menjadi suatu kebutuhan tak terbantahkan yang dibutuhkan setiap orang. Tentu kita sama-sama berharap untuk berkembangnya internet di semua daerah di Indonesia secara merata dan maksimal. 

EIKON Technology sebagai salah satu IT Company di Indonesia pun berkomitmen untuk terus memajukan dunia teknologi di Indonesia. Kunjungi kami untuk informasi lebih tentang Teknologi. 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of