Google Material Design 3: Hadirkan Antarmuka Baru untuk Aplikasi Workspace

Google baru saja meluncurkan Material Design 3, versi terbaru dari sistem pedoman, komponen, dan tool Google yang dapat diadaptasi untuk mendukung praktik terbaik desain antarmuka pengguna. Didukung oleh kode open-source, Material Design merampingkan kolaborasi antara designer dan developer, membantu Anda merancang produk dengan tampilan menarik lebih cepat. Apa saja pembaruan yang ditawarkan Material Design 3 ini?

Google Material Design 3

Dengan perilisan Google Material Design 3, antarmuka aplikasi dirancang untuk merampingkan kolaborasi kerja pengguna. Pembatuan ini mengubah tampilan aplikasi serta menghadirkan nuansa baru untuk aplikasi Google seperti Drive, Docs, Sheets, dan Slides versi web. Anda akan menemukan peningkatan seperti:

  • Antarmuka pengguna yang disederhanakan di bagian atas Docs, Sheets, dan Slides, membantu Anda menemukan tindakan yang sering digunakan lebih cepat.
  • Peningkatan pengalaman pengguna tambahan dalam komentar, background, ruler, dan gridline.

Photo Credit: Google Workspace Updates

Perlu diingat, meskipun tidak ada perubahan dalam fungsionalitas, beberapa fitur telah dipindahkan untuk mengurangi kekacauan dalam antarmuka baru. Khususnya, Anda dapat menemukan info status terbaru untuk dokumen tersebut, seperti suntingan terakhir dan riwayat versi, melalui titik entri tunggal: ikon jam di pojok kanan atas.

Baca juga: Pembaruan Setelan Google Drive, Apa yang Berubah?

Peningkatan di Google Drive

Photo Credit: Google Workspace Updates

Sementara itu, di Drive, Anda dapat menemukan peningkatan berupa:

  • Tindakan utama muncul sebaris pada file, untuk akses cepat dan peningkatan produktivitas.
  • Kemampuan untuk memilih beberapa item sekaligus dan melakukan operasi batch untuk tugas yang sering dilakukan.
  • Chip pencarian baru (termasuk type, owner, dan last modified) untuk membantu Anda menemukan file lebih cepat.

Baca juga: Peningkatan Kapabilitas Pemindahan Folder di Google Drive, Seperti Apa?

Sederhanakan alur kerja harian

Selain kemampuan baru yang membantu orang berkolaborasi dan menyelesaikan lebih banyak hal, Google juga menghadirkan antarmuka pengguna yang disempurnakan di Docs, Sheets, Slides, dan Drive untuk menyederhanakan alur kerja harian.

Pertama, antarmuka pengguna di bagian atas Docs, Sheets, dan Slides telah disederhanakan. Begitu pula dengan pengelompokan toolbar untuk membantu Anda menemukan tindakan yang sering digunakan lebih cepat. Google juga telah memperbarui ruler dan menyembunyikan gridlines di sisi kanvas untuk memberi lebih banyak ruang untuk konten Anda.

Kedua, Google juga telah menyempurnakan Drive untuk membantu Anda menyelesaikan tugas yang paling sering dilakukan lebih cepat. Misalnya, menyederhanakan proses berbagi, mengunduh, dan menghapus beberapa file sekaligus. Anda juga dapat menemukan tindakan utama (seperti berbagi, mengunduh, dan mengedit) secara langsung saat mengarahkan kursor ke file.

Ketiga, pembaruan antarmuka ini juga menghadirkan search chip yang memungkinkan Anda memfilter menurut kriteria seperti jenis file, pemilik, dan tanggal modifikasi terakhir untuk membantu Anda menemukan file lebih cepat.

Ketersediaan

Google Material Design 3 dirilis sejak awal Maret 2023. Untuk domain rilis cepat, peluncuran dilakukan dalam format gradual rollout dan dimulai pada tanggal 6 Maret 2023 (kemungkinan akan memakan waktu hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur). Sedangkan untuk domain rilis terjadwal, peluncuran dilakukan dalam format full rollout mulai pada tanggal 22 Maret 2023 (memakan waktu hingga 1-3 hari ke depan untuk visibilitas fitur).

Google Material Design 3 tersedia untuk seluruh pelanggan Google Workspace, termasuk mereka yang masih menggunakan G Suite Basic dan G Suite Business. Tersedia juga untuk pengguna dengan Google Account pribadi.

Baca juga: Berbagi File di Google Drive Kini Makin Mudah dengan Sharing Suggestion

Google Material Design 3 tidak sekadar menghadirkan tampilan antarmuka yang lebih menarik, tapi juga akan memudahkan Anda dalam menjalankan kolaborasi kerja atau sekadar melakukan rutinitas kerja harian. Pembaruan Google Material Design telah tersedia bagi seluruh pelanggan Workspace.

Belum berlangganan Google Workspace? EIKON Technology menyediakan paket berlangganan Workspace yang dapat Anda sesuaikan dengan beragam kebutuhan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai berlangganan Google Workspace, silakan hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments