Halaman Kontrol Terkonsolidasi Baru untuk Google Takeout

Google Takeout atau terkadang disebut Download Your Data, merupakan sebuah proyek dari Google Data Liberation Front yang memungkinkan pengguna produk Google, seperti YouTube dan Gmail, untuk mengekspor data mereka ke file arsip yang dapat diunduh.

Halaman kontrol baru Google Takeout

Photo Credit: Google Workspace Admin Help

Mulai tanggal 15 November 2022, admin dapat mengelola setelan Takeout dari halaman kontrol gabungan yang baru, yang terletak di Admin console > Account > Google Takeout > User access to Takeout for Google services.

Bersamaan dengan ini, Google Takeout juga meluncurkan halaman baru. Setelah perilisan halaman baru ini maka halaman pengaturan Takeout yang sebelumnya ada pada Admin tidak tersedia lagi.

Setelah peluncuran selesai, admin dapat mengubah setelan Takeout dari halaman kontrol gabungan yang baru dan dari halaman setelan tambahan untuk layanan dengan kontrol Takeout individu.

Baca juga: Meningkatkan Pengalaman Google Workspace di Perangkat Android Berlayar Besar

Layanan yang tersedia untuk Google Takeout

  • Layanan dengan kontrol Takeout bersama: Sebagian besar layanan Google, seperti Drive atau Classroom, tidak memiliki kontrol Takeout sendiri. Sebagai gantinya, Anda dapat mengizinkan atau tidak mengizinkan Takeout untuk semua layanan ini.
  • Layanan dengan kontrol Takeout individu: Pilih pengaturan Takeout untuk setiap layanan ini. Misalnya, mengizinkan pengguna memakai Takeout untuk Google Foto dan YouTube, tetapi tidak untuk Google Pay.
Layanan dengan kontrol Takeout bersamaLayanan dengan kontrol Takeout individu
Izinkan atau jangan izinkan Takeout untuk Drive, Gmail, Calendar, Contacts, dan layanan Google lainnya. Namun Anda tidak dapat membatasi Takeout ke layanan atau grup layanan tertentu.Izinkan atau jangan izinkan Takeout untuk layanan:

  • Blogger *
  • Google Books
  • Google Maps
  • Google Pay *
  • Google Photos
  • Google Play *
  • Google Play Console *
  • Location History *
  • YouTube

*Catatan: Pengguna yang berusia di bawah 18 tahun akan dilarang menggunakan layanan ini dengan akun Google Workspace for Education mereka, meskipun layanan ini diaktifkan.

Pengaturan Takeout default

  • Untuk Google Workspace secara umum, kontrol Takeout disetel menjadi Allowed secara default.
  • Untuk Google Workspace for Education K-12, kontrol Takeout bersama disetel ke Not Allowed, dan kontrol individu Takeout disetel ke Allowed secara default.

Baca juga: Kontrol Preferensi Aksesibilitas yang Lebih Baik di Aplikasi Google Workspace

Mulai mengaktifkan fitur

Photo Credit: Google Workspace Admin Help

  • Super Admin dan admin Service Settings: Fitur ini akan tersedia untuk admin dengan izin layanan. Kunjungi Help Center untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara mengizinkan atau memblokir Google Takeout untuk pengguna.
  • End-user: Pengguna dapat menggunakan layanan di mana Takeout telah disetujui oleh admin. Pelajari lebih lanjut cara mengunduh data Google Anda di sini.

Ketersediaan fitur

Fitur baru Google Takeout ini dirilis secara bertahap mulai pada tanggal 15 November 2022, baik untuk domain rilis cepat maupun domain rilis terjadwal (perilisan mungkin memakan waktu hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas keseluruhan fitur). Fitur baru ini tersedia untuk seluruh pengguna Google Workspace, termasuk pelanggan G Suite Basic dan G Suite Business lama.

Baca juga: Proteksi Baru terhadap Perubahan Konfigurasi Google Workspace, Seperti Apa?

Dengan hadirnya upgrade ini, sekarang admin dapat menentukan dari layanan mana pengguna diizinkan atau tidak diizinkan untuk mengekspor data melalui Google Takeout, cukup melalui Admin console saja.

Untuk menikmati kemudahan Google Takeout ini, Anda dapat berlangganan paket Google Workspace for Business yang tersedi di EIKON Technology. Sebagai authorized partner Google, kami menyediakan produk dan solusi bergaransi, yang disertai dengan layanan konsultasi. Untuk informasi selengkapnya, silakan klik di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments