Live Stream Latensi Super Rendah di Google Meet, Benarkah Bebas Lag?

Dalam update terbarunya. Google Meet memperkenalkan pengalaman video streaming dengan tingkat latensi sangat rendah. Ini akan membantu Anda menyelenggarakan live stream yang lebih mulus bagi seluruh peserta. Untuk detail selengkapnya, mari simak pembahasannya berikut!

Live stream latensi rendah di Google Meet

Photo Credit: Google Workspace Updates

Pada update terbaru Google Workspace yang diumumkan di blog mereka, disebutkan bahwa Meet kini telah dibekali dengan tingkat latensi sangat rendah untuk live stream. Pembaruan ini menghadirkan sebuah pengalaman video streaming dalam satu lingkungan kerja yang jauh lebih lancar dan mulus.

Pengalaman live stream dengan tingkat latensi super rendah ini nantinya akan tersedia untuk 10.000 penonton pertama (seluruh penonton tambahan akan mendapatkan pengalaman live streaming dengan tingkat latensi standar).

Baca juga: Update Terbaru untuk Google Meet di Perangkat Poly Studio

Pembaruan ini untuk sementara hanya tersedia di Google Meet versi web, pengguna seluler akan diarahkan ke tautan web, tempat mereka akan mendapatkan pengalaman live streaming dengan tingkat latensi sangat rendah.

Dengan dirilisnya penyempurnaan ini, Anda dapat menemukan beberapa peningkatan fungsi dan kualitas video streaming Google Meet, seperti:

  • Pengalaman video streaming yang hampir bebas lag (tidak tersendat).
  • Resolusi video pembicara rapat meningkat secara signifikan (hingga 720p untuk tiap pembicara).
  • Konten dan presentasi yang dibagikan ditampilkan hingga 2880×1800.
  • Penyelenggara dapat menampilkan dua feed video pembicara secara berdampingan bersama dengan materi yang disajikan.
  • Layout engine baru yang mendukung aspek jendela tampilan video apa pun dengan manajemen resolusi video dinamis.
  • Peningkatan pemotongan kamera otomatis yang dapat difokuskan pada pembicara dan konten paling relevan.
  • Interaksi penonton melalui reaksi emoji, polling, dan Q&A.
  • Dukungan untuk teks dan teks terjemahan akan hadir pada pembaruan Google Meet selanjutnya.

Baca juga: Tampilan Gallery untuk Interoperabilitas Aplikasi Zoom di Google Meet Hardware

Memulai live stream dengan latensi rendah

Photo Credit: Google Workspace Updates

Untuk mengaktifkan live stream Google Meet diperlukan pengaturan dari administrator dengan langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke konsol Google Admin.
  2. Klik Menu > Apps > Google Workspace > Google Meet.
  3. Pilih Meet video settings.
  4. Untuk menerapkan setelan ke semua orang, biarkan unit organisasi teratas dipilih. Jika tidak, pilih unit turunan atau grup konfigurasi sesuai kebutuhan.
  5. Klik Stream dan centang (atau hapus centang) pada kotak Let people stream their meetings.
  6. Klik Save. Jika Anda mengonfigurasi unit organisasi atau grup, akan tersedia opsi Inherit atau Override setelan dari unit organisasi induk. Selain itu, Meet juga menyediakan opsi Unset grup.
    • Perubahan bisa memakan waktu maksimal 24 jam, namun biasanya dapat terjadi lebih cepat.

Setelah diaktifkan oleh administrator, pengguna bisa langsung memulai live stream. Tidak ada perubahan pada cara memulai atau menjadwalkan live stream. Reactions, polls, serta live Q&A dapat Anda kelola seperti biasa.

Ketersediaan

Pembaruan kapabilitas live stream ini tersedia untuk Google Meet web. Versi mobile akan mendapatkan pembaruan ini pada akhir tahun 2023, yang akan memperkenalkan pengalaman live streaming layar penuh imersif untuk perangkat iOS dan Android.

Pembaruan dirilis secara bertahap untuk domain rilis cepat dan rilis terjadwal, dimulai pada tanggal 4 September 2023 (hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur). Khusus untuk domain rilis terjadwal juga terdapat perilisan yang diperpanjang mulai tanggal 18 September 2023 (hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur).

Untuk beberapa pelanggan, pembaruan ini mungkin akan muncul lebih lambat. Itu artinya, beberapa pelanggan mungkin tidak akan menerima pembaruan ini hingga Q4 2023 (paling lambat bulan Desember 2023).

Baca juga: Fitur Label External Google Meet, Apa Kegunaannya?

Live streaming Google Meet tersedia bagi pelanggan Google Workspace Enterprise Standard, Enterprise Plus, Enterprise Essentials Plus, the Teaching and Learning Upgrade, dan Education Plus customers. Kemudian, video live streaming bisa disaksikan oleh pengguna Google Workspace Business Starter, Business Standard, Business Plus, Enterprise Starter, Enterprise Standard, Enterprise Plus, Education Fundamentals, Education Standard, the Teaching and Learning. Upgrade, Education Plus, Essentials Starter, dan Essentials.

Untuk menikmati pengalaman live stream Google Meet dengan tingkat latensi super rendah ini, Anda dapat berlangganan Workspace for Business atau Workspace for Education. Keduanya telah tersedia di EIKON Technology, official reseller Google Workspace Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut mengenai berlangganan Workspace, silakan hubungi kami di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments