Masa Depan Data dalam Whitepaper Terbaru Google Cloud, Seperti Apa?

Tak dapat dipungkiri, pendekatan berbasis data yang kini banyak diterapkan oleh perusahaan membuat volume data tumbuh secara eksponensial. Sayangnya, pengguna masih merasa kesulitan dalam mengelola data dan mengekstraksi nilai data, terutama dengan skala.

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan hal ini terjadi. Misalnya, akses menuju penyimpanan data, tools yang tidak konsisten, resources dan format data baru yang masih berkembang, masalah kepatuhan (compliance), hingga pertimbangan keamanan. Untuk membantu Anda dalam mengidentifikasi dan memecahkan permasalahan tersebut, Google Cloud menyusun sebuah whitepaper baru. Kali ini, apa yang menjadi fokus utama? Mari simak penjelasannya berikut!

Masa depan data: Terpadu, fleksibel, dan mudah diakses

Photo Credit: Rawpixel

Dalam whitepaper baru tersebut Google Cloud menitikberatkan pada masa depan data. Digambarkan, data di masa depan akan lebih terpadu, sangat fleksibel, dan mudah diakses. Ini sekaligus menjawab kebutuhan pelanggan layanan Google Cloud yang menginginkan hasil maksimal dari data mereka.

Contoh sederhananya, saat Anda perlu menggabungkan data yang berasal dari sistem lama dengan teknologi baru perusahaan. Agar kombinasi tersebut bisa bekerja, apakah Anda harus memindahkan seluruh data tersebut ke cloud? Haruskah data dikumpulkan dalam satu cloud atau justru sebaiknya didistribusikan ke beberapa cloud? Bagaimana Anda mengekstrak nilai sebenarnya dari data tersebut tanpa memunculkan lebih banyak silo?

Dalam kasus tersebut, gerak Anda untuk menganalisis data pun akan cenderung terbatas. Mau tak mau, Anda harus melakukan analisis dalam batch alih-alih memprosesnya secara real-time. Hal ni tentu akan menambah kompleksitas arsitektur Anda dan jelas butuh pemeliharaan yang mahal untuk mengatasi latensi. Atau bisa jadi Anda harus menghadapi data tak terstruktur.

Perlu diingat bahwa faktor pendorong yang ada sangatlah beragam. Namun kebanyakan terjadi karena akses yang tidak memadai menuju data. Terkadang hal tersebut juga diperburuk oleh silo dan kapabilitas yang tidak memadai untuk memproses dan memahami masalah.

Baca juga: Ada yang Baru di Google Cloud EKM, Apa Saja?

Manfaatkan aset data secara efektif

Photo Credit: pressfoto (Freepik)

Rangkaian teknologi modern harusnya terdiri dari rangkaian streaming yang dapat diskalakan dengan data Anda, mampu menyediakan analitik real-time, menggabungkan dan memahami berbagai jenis data, serta memungkinkan Anda menggunakan AI/ML untuk memperoleh insight dan menjalankan proses secara prediktif.

Secara garis besar, untuk bisa memanfaatkan data secara efektif,, maka:

  • Seluruh data yang ada di perusahaan harus disatukan. Bahkan data yang ada di seluruh pemasok, mitra, dan platform. Gunanya adalah untuk menghilangkan silo perusahaan dan teknologi.
  • Data tak terstruktur harus dibuka dan dimanfaatkan dalam strategi analitik Anda.
  • Rangkaian teknologi harus terpadu dan cukup fleksibel untuk mendukung kasus penggunaan, mulai dari analisis data offline hingga real-time streaming dan penerapan ML (machine learning). Hal ini harus bisa dilakukan tanpa mempertahankan beberapa rangkaian yang sudah ada sebelumnya.
  • Rangkaian teknologi harus dapat diakses sesuai permintaan, menyediakan dukungan untuk berbagai platform, bahasa pemrograman, alat, dan standar terbuka yang kompatibel dengan keahlian pekerja yang ada.

Jika semua persyaratan tersebut terpenuhi maka Anda sudah siap untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru. Bagi para pemilik bisnis akan memiliki dukungan dalam menghadapi ekspektasi pelanggan yang berubah. Di saat yang bersamaan Anda juga akan memiliki pemahaman yang lebih baik terhadap insinyur dan ilmuwan data perusahaan.

Baca juga: 10 Hal yang Harus Diperhatikan sebelum Melakukan Transformasi Digital Berbasis Cloud

Demikian ulasan mengenai whitepaper baru dari Google Cloud. Bagi Anda yang ingin mempelajari whitepaper lebih lanjut, bisa mengunduh salinannya di sini. Atau Anda justru belum menggunakan layanan Google Cloud?

Google Cloud sendiri merupakan salah satu penyedia layanan komputasi awan besar di dunia. Layanan yang ditawarkan sangat komprehensif sehingga cocok untuk kebutuhan data berskala besar seperti di perusahaan maupun instansi. Untuk mulai berlangganan layanan Google Cloud, silakan hubungi kami dari EIKON Technology, authorized partner yang menyediakan produk-produk resmi Google. Untuk langsung terhubung, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments