Menyederhanakan Penerapan Fungsi Jaringan Cloud-native dengan Jaringan Native Kubernetes dan Network Function Optimizer

Communication Service Provider (CSP) melakukan modernisasi pada jaringan mereka, dengan memanfaatkan model operasi cloud dan komponen software yang disampaikan sebagai cloud-native network functions (CNF). Pergerakan menuju prinsip cloud-native dalam industri telekomunikasi telah tertanam kuat dalam standar industri seluler 5G.

Sebagai sistem orkestrasi container yang paling banyak digunakan, Kubernetes telah menjadi platform de-facto untuk membuat software menggunakan prinsip-prinsip cloud-native, dan industri telekomunikasi merangkulnya untuk pengembangan, distribusi, dan manajemen fungsi jaringan cloud-native.

Awalnya, komunitas Kubernetes mengambil pendekatan yang mengutamakan pengembang dengan menyediakan objek asli Kubernetes seperti Ingress. Kini, agar vendor fungsi jaringan dapat memenuhi persyaratan jaringan yang ketat dan kinerja CNF, mereka perlu memanfaatkan solusi jaringan eksternal untuk Kubernetes.

Tantangan operasional CNF dengan pendekatan baru Kubernetes

Pendekatan ini menimbulkan beberapa tantangan saat mengoperasionalkan CNF. Pertama, penggunaan rangkaian plugin berarti kebijakan jaringan dan keamanan tidak dapat diterapkan atau diterapkan secara statis khusus untuk antarmuka jaringan. Kedua, kebutuhan akan driver khusus perangkat atau modul kernel menurunkan keamanan workload dan menciptakan hubungan erat antara hardware dan software, mengikat workload ke platform akselerasi berbasis hardware tertentu yang sulit untuk dimigrasikan.

Baca juga: Memahami Cara Kerja Cloud Load Balancing Di Lingkungan Hybrid Dan Multicloud

Peningkatan kebutuhan Kubernetes Pods

Photo Credit: pressfoto (Freepik)

Riset Google menemukan adanya kebutuhan yang jelas terhadap Kubernetes Pods dengan beberapa antarmuka jaringan untuk menambahkan pemisahan traffic yang ketat serta kontrol kinerja dan latensi. Ini menunjukkan bahwa Kubernetes dibutuhkan untuk mendukung pendekatan jaringan lebih holistik lagi.

Kontribusi multi-networking Kubernetes

Sebagai solusi, hadir kontribusi multi-networking mereka ke Cloud Native Computing Foundation (CNCF) Kubernetes Networking Special Interest Group (SIG). Tidak hanya berhenti di situ, Kubernetes juga meluncurkan Network Function, sebuah layanan jaringan baru yang tersedia untuk Google Distributed Cloud Edge dan Google Kubernetes Engine (GKE) yang memberikan dukungan multi-networking dan dataplane asli Kubernetes berperforma tinggi.

Baca juga: Memanfaatkan Confidential Space untuk Kolaborasi Data Yang Lebih Aman di Google

Kapabilitas Network Function Optimizer di GKE

Network Function Optimizer di GKE menawarkan tiga kapabilitas, yaitu:

  1. Modernisasi jaringan cloud dengan multi-networking Kubernetes-native;
  2. Akselerasi bidang data berbasis software berkinerja tinggi;
  3. Kemampuan mengarahkan traffic.

Menuju CNF cloud-native

Photo Credit: Freepik

Bukan hanya itu, pendekatan Kubernetes-native untuk jaringan ini juga dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam kebijakan, IPAM, penjadwalan, dan bahkan skenario ketersediaan tinggi Anda.

Saat CSP mulai mengadopsi Network Function Optimizer, diharapkan pendekatan ini dapat mengaktifkan lebih banyak fungsi jaringan untuk GKE dan GDC Edge. Untuk kasus penggunaan seperti akses roaming seluler, panggilan darurat, peningkatan kapasitas, atau upgrade dan pemulihan bencana. Network Function Optimizer menghadirkan tingkat kebebasan dan penyederhanaan baru untuk CSP dan CNF. Kubernetes pun akan terus mengembangkan solusi ini untuk memudahkan Anda.

Baca juga: Opsi Isolasi Dan Konektivitas Bidang Kontrol Baru untuk Klaster Google Kubernetes Engine

Google Kubernetes Engine atau GKE merupakan platform unggulan yang dimiliki oleh Google Cloud. Dapatkan solusi Google Cloud yang telah disesuaikan dengan penggunaan skala besar hanya di EIKON Technology. Kami merupakan authorized reseller resmi yang dipilih langsung oleh Google untuk melakukan distribusi di Indonesia. Untuk mulai berlangganan, hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments