Migrasi Chrome OS Lebih Mudah dengan Parallels Desktop

 

Chrome OS mulai menunjukkan kebolehannya. Terbukti, dalam laporan yang dirilis IDC (International Data Corporation) bulan Februari 2021 lalu, Chrome berhasil menempati peringkat kedua operating system terlaris di dunia. Dengan fitur unggulan seperti opsi manajemen jarak jauh, keamanan berlapis, serta penggunaan cloud, tidak mengherankan jika Chrome makin banyak peminatnya.

Meski begitu, masih banyak pengguna yang belum bisa seratus persen bermigrasi ke Chrome. Beberapa akhirnya memilih model kerja hybrid yang memadukan OS lama mereka dengan Chrome. Hal ini mungkin tidak akan menjadi masalah untuk pengguna personal, namun untuk penggunaan berskala besar tentu akan sangat merepotkan. Di sinilah Parallels Desktop mengambil peran. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Migrasi Chrome OS

Perubahan akan selalu terasa sulit pada mulanya, termasuk saat Anda harus mengubah OS. Tidak heran jika banyak orang kemudian memilih model kerja hybrid terlebih dulu sebelum akhirnya melakukan migrasi total pada OS mereka. 

Terlebih jika migrasi tersebut berskala besar, seperti penggunaan untuk bisnis perusahaan. Tentu migrasi tidak bisa dilakukan secara kontan. Beberapa jenis pekerjaan mungkin sudah memiliki pakem tersendiri yang mengakibatkan migrasi harus dilakukan secara bertahap.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Chrome OS menawarkan beberapa kemudahan dalam proses migrasi mereka. Di tahun 2020 lalu, bekerja sama dengan Corel Corporation, Chrome menghadirkan Parallels Desktop untuk migrasi OS yang lebih mudah dan simpel. Bagaimana detailnya?

Mengenal Parallels Desktop

Photo Credit: Parallels Desktop

Parallels Desktop adalah software besutan Corel Corporation. Perangkat lunak satu ini dirancang untuk memudahkan proses migrasi OS tanpa perlu melakukan reboot. Untuk penggunaannya, Parallels dapat digunakan baik untuk keperluan personal maupun bisnis. Berikut adalah beberapa fitur unggulan Parallels Desktop untuk Chrome OS:

  • Akses mudah menuju aplikasi Windows, termasuk Microsoft Office.
  • Transisi seamless antara Chrome dengan Windows, memungkinkan Anda untuk membuka file Chrome menggunakan aplikasi Windows maupun sebaliknya,
  • File yang dapat diakses dalam kondisi online maupun offline.
  • Mendukung perangkat kamera, mikrofon, hingga audio and docking sehingga Anda bisa menggunakan aplikasi komunikasi Windows seperti Skype dan Microsoft Teams.

Perangkat yang mendukung Parallels Desktop

Sebelum melakukan instalasi Parallels Desktop pada perangkat Anda, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Salah satu syarat utama adalah jenis perangkat. Berikut adalah beberapa spesifikasi perangkat yang kompatibel dengan Parallels:

  • Menggunakan prosesor Intel Core i5 atau i7. Dalam update terbaru, software ini juga dapat dijalankan pada perangkat dengan prosesor AMD Ryzen 5 atau 7 AMD Ryzen seperti Lenovo ThinkPad C13 Yoga dan HP Chromebook Enterprise c645.
  • Beberapa jenis Chromebox juga telah mendukung Parallels, termasuk di antaranya adalah HP Chromebox G3.
  • Seri Latitude dari Dell juga masuk dalam jajaran perangkat yang mendukung Parallels, mencakup model 5300 2-in-1, 5400 serta 7410.
  • Persyaratan RAM lebih  mudah dijangkau. Dalam versi terbarunya, Parallels sudah dapat diakses perangkat dengan RAM 8GB. Sebelumnya, Parallels hanya direkomendasikan untuk perangkat dengan minimal RAM 16GB.

Hal lain yang perlu diperhatikan

Photo Credit: Samuel Bourke (Pixabay) 

Sudah memiliki perangkat yang kompatibel untuk Parallels? Sebelum masuk dalam proses instalasi, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan.

Agar proses instalasi lancar dan seluruh fitur Parallels dapat digunakan pada perangkat Chrome, pastikan Anda telah memiliki Windows 10 ISO, lisensi Chrome Enterprise Upgrade, serta key license Parallels Desktop untuk Chrome OS. Jangan lupa juga untuk masuk ke akun Administrator sebelum melakukan instalasi.

Dengan Parallels Desktop, migrasi ke Chrome OS dapat dilakukan dengan mudah dan seamless. Proses instalasinya bahkan tidak memerlukan reboot pada perangkat. Selain memanfaatkan Parallels, untuk mencapai efisiensi kerja, Anda bisa memanfaatkan productivity software lain dari Google seperti Google Workspace. Masih bingung software penunjang mana yang paling sesuai untuk bisnis Anda? Kontak kami, EIKON Technology untuk mendapatkan solusi terbaik untuk Anda.  

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments