Region Google Cloud Baru Akan Hadir di Asia Pasifik, Apa Saja?

Hadirnya cloud telah memicu transformasi di seluruh dunia, termasuk di Asia Pasifik., IDC bahkan memperkirakan bahwa total pengeluaran untuk layanan cloud di Asia Pasifik (kecuali Jepang) akan mencapai USD282 miliar pada tahun 2025. Untuk memenuhi permintaan layanan cloud yang terus meningkat di Asia Pasifik, Google mengumumkan tiga region Cloud baru, yaitu Malaysia, Thailand, dan Selandia Baru.

Penambahan ini diharapkan dapat membantu perusahaan dari seluruh industri, perusahaan rintisan, dan sektor publik di Asia Pasifik akan mendapat manfaat dari kontrol utama yang memungkinkan mereka mempertahankan latensi rendah dan standar keamanan, residensi data, dan kepatuhan tertinggi, termasuk persyaratan penyimpanan data tertentu.

Dapat sambutan meriah

Photo Credit: pressfoto (Freepik)

Dari retail hingga sektor publik, perusahaan terkemuka menjadikan Google Cloud sebagai partner inovasi tepercaya mereka. Region Cloud baru di Malaysia, Thailand, dan Selandia Baru akan membantu pelanggan tumbuh dan memecahkan masalah bisnis mereka yang paling kritis. Google Cloud menyebutkan akan terus mengembangkan region cloud mereka agar bisa terus memenuhi kebutuhan pelanggan yang selalu berkembang.

Baca juga: 3 Fitur Security dnd Compliance di Google Cloud Logging yang Wajib Anda Ketahui

Region Cloud baru ini mendapat sambutan meriah, terutama dari perusahaan asal negara yang baru ditambahkan. Salah satunya datang dari Kami, sebuah perusahaan edutech asal Selandia Baru. Jordan Thoms, CTO Kami menyebutkan bahwa Google Cloud merupakan partner yang dapat mendukung perjalanan inovasi berkelanjutan mereka. Dengan dukungan Cloud, Kami telah memberikan pengalaman yang menarik dan dapat diandalkan bagi jutaan guru dan siswa di seluruh dunia. Investasi dari Google Cloud ini diharapkan dapat memberikan layanan dengan latensi lebih rendah kepada pengguna serta meningkatkan dan mengoptimalkan penawaran premium gratis Kami ke semua sekolah di Selandia Baru.

Photo Credit: yanalya (Freepik)

Antusiasme juga datang dari Trade Me, situs lelang online dan iklan baris terbesar di Selandia Baru. Anders Skoe, CEO Trade Me menyebutkan, “Pelanggan adalah inti bisnis kami, dan membantu menemukan apa yang mereka cari, lebih cepat dari sebelumnya, adalah prioritas utama kami. Kolaborasi dengan Google Cloud sangat penting dalam memastikan stabilitas dan ketahanan infrastruktur kami, memungkinkan kami untuk memberikan pengalaman kelas dunia kepada 650.000 pengunjung situs kami tiap hari. Trade Me menyambut baik investasi Google Cloud di Selandia Baru, dan menantikan lebih banyak peluang untuk bermitra erat dalam perjalanan transformasi teknologi kami.”

Baca juga: Tips Gunakan Google Cloud Search Query API untuk Menyempurnakan Hasil Cloud Search

“Perjalanan kami dengan Google Cloud berlangsung hampir setengah dekade, dengan inisiatif kemitraan dan inovasi terbaru kami membuka jalan bagi AirAsia dan Capital A untuk mendisrupsi arena platform digital dengan cara yang sama seperti yang kami lakukan pada maskapai penerbangan. Pengumuman region Cloud baru yang akan hadir di Malaysia menunjukkan keinginan berkelanjutan Google Cloud untuk memperluas kapabilitas guna melengkapi dan mendukung aspirasi kami untuk mendirikan Airasia Super App di pusat e-commerce, logistik, dan ekosistem fintech, sambil memperkaya komunitas lokal dan memberi inklusivitas, aksesibilitas, dan nilai bagi 700 juta orang di ASEAN. Saya sangat senang dengan pencapaian besar ini dan kemungkinan baru yang akan diciptakan oleh jaringan region cloud Google Cloud yang berkembang untuk kami, rekan-rekan kami, dan masyarakat luas.” – Tony Fernandes, CEO Capital A.

Jaringan global

Wilayah cloud baru ini merupakan bukti komitmen berkelanjutan Google Cloud dalam mendukung transformasi digital di seluruh Asia Pasifik. Ke depannya, Google terus berinvestasi dalam memperluas konektivitas di seluruh kawasan dengan bekerja sama dengan mitra di industri telekomunikasi untuk membangun kabel bawah laut, termasuk Apricot, Echo, JGA South, INDIGO, dan Topaz dan titik menambah kehadiran di kota-kota besar.

Baca juga: Fitur Private Offers dari Google Cloud Marketplace, Apa yang Ditawarkan?

Penambahan region Google Cloud ini diharapkan dapat mempercepat transformasi digital di kawasan Asia Pasifik. Indonesia sendiri sudah tergabung dalam jaringan ini dan sudah banyak perusahaan yang merasakan manfaatnya. Apakah Anda juga ingin menjadi bagian dalam jaringan global Google Cloud?

Gunakan solusi komputasi awan Google Cloud untuk menunjang bisnis Anda. EIKON Technology siap membantu Anda dengan menghadirkan produk resmi dan berlisensi, serta konsultasi menyeluruh mulai dari tahap perencanaan hingga penerapan solusi. Untuk informasi selengkapnya, klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments