Temukan E-mail Lebih Cepat dengan Top Results Gmail

Untuk meningkatkan pengalaman dalam melakukan pencarian di Gmail versi mobile, Google meluncurkan sebuah fitur baru yang akan membantu Anda menemukan hasil secara tepat, hanya dengan sedikit usaha. Seperti apa cara kerja fitur terbaru Gmail ini?

Fitur top results Gmail

Photo Credit: Google Workspace Updates

Saat melakukan pencarian di Gmail, model machine learning akan menggunakan istilah penelusuran, email terbaru dan faktor relevan lainnya untuk menampilkan hasil yang paling cocok dengan kueri penelusuran Anda. Hasil ini sekarang akan muncul di bagian atas daftar di bagian khusus, diikuti oleh semua hasil yang diurutkan berdasarkan keterkinian (recency).

Dengan kata lain, fitur ini akan menampilkan informasi yang paling relevan terlebih dahulu, sehingga memungkinkan Anda menemukan email tertentu dengan mudah dan cepat.

Baca juga: Client-Side Encryption Untuk Gmail Kini Telah Hadir Dalam Versi Beta

Mulai menggunakan fitur

Fitur top results dari Gmail ini tidak memerlukan pengaturan apa pun dari administrator. Anda bisa menggunakannya langsung di aplikasi Gmail. Untuk mulai menggunakan, ketik kata kunci pencarian di bilah pencarian Gmail. Top results secara otomatis akan menampilkan email yang relevan sebagai hasil pencarian teratas.

Tips agar pencarian Anda akurat

Anda dapat menemukan email di kotak masuk dengan search terms yang detail. Untuk membantu Anda menelusuri lebih cepat, Gmail menyarankan search terms saat memasukkan kata kunci pencarian. Istilah penelusuran ini didasarkan pada informasi dari akun Gmail Anda, seperti pesan, kontak, label, atau penelusuran sebelumnya.

Photo Credit: Gmail Help

  1. Di perangkat mobile Anda, buka aplikasi Gmail.
  2. Di bagian atas, di kotak pencarian, tekan opsi Search mail.
  3. Ketik kriteria pencarian.
  4. Tekan ikon pencarian  .
  5. Hasil pencarian akan menampilkan seluruh email terkait, kecuali email dalam folder Spam dan Trash.

Baca juga: Client-Side Encryption untuk Gmail Kini Tersedia bagi Umum, Ini Kegunaannya

Saat Anda menelusuri alamat email seseorang, hasilnya juga akan menampilkan email yang menyertakan aliasnya. Untuk membatasi pencarian hanya pada email asli, kata pencarian harus diapit dengan tanda kutip ganda. Contoh: “from:john.doe@gmail.com”.

Saat Anda menelusuri ‘from: email”, hasilnya juga akan menampilkan file Drive yang dibagikan oleh alamat email tersebut.

Agar hasil pencarian makin spesifik Anda dapat memanfaatkan filter . Berikut adalah filter pencarian yang tersedia beserta fungsinya. Anda juga dapat menggabungkan beberapa filter untuk mempersempit pencarian.

  • Label

Menelusuri apa pun yang tersimpan di dalam label tertentu.

  • From

Menelusuri apa pun yang dikirim dari alamat email tertentu.

  • To 

Menelusuri apa pun yang Anda kirimkan ke alamat email tertentu.

  • Attachment

Menelusuri apa pun yang menyertakan lampiran atau memiliki jenis lampiran tertentu seperti Docs, Sheets, atau PDF.

  • Date

Menelusuri apa pun yang dikirim dari rentang tanggal tertentu atau tanggal tertentu.

  • Is unread

Menelusuri apa pun yang ditandai dengan label unread atau belum dibaca.

  • Exclude calendar updates

Menelusuri apa pun yang bukan merupakan update dari Google Calendar.

Ketersediaan fitur

Fitur top results Gmail ini dirilis dalam format extended rollout mulai tanggal 2 Juni 2023 (kemungkinan akan memakan waktu lebih dari 15 hari untuk visibilitas fitur), baik untuk domain rilis cepat maupun domain rilis terjadwal. Fitur tersedia bagi seluruh pelanggan Google Workspace dan pengguna dengan Google Account pribadi.

Baca juga: Cara Mengatur Visibilitas Warning Banner Gmail Email Melalui Kontrol Admin Baru

Dengan memanfaatkan fitur baru dari Gmail ini, penelusuran email akan makin cepat dan akurat, sehingga alur kerja Anda pun makin efisien. Agar makin optimal, dukung lingkungan kerja Anda dengan rangkaian produktivitas Google Workspace yang tersedia di EIKON Technology. Kami menyediakan solusi implementasi lengkap sesuai kebutuhan Anda. Informasi lebih lanjut mengenai Google Workspace, silakan hubungi kami di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments