Upgrade Pengaturan Space Google Chat Menjadi In-line Thread

Untuk menyederhanakan aliran percakapan, Google Chat mengubah pengaturan default space mereka menjadi in-line thread. Pengaturan in-line thread ini sebenarnya sudah diperkenalkan sejak tahun 2022 lalu. Lalu, apa saja yang akan berubah dengan pengaturan baru ini?

Upgrade pengaturan default space

Photo Credit: Google Workspace Updates

Melalui upgrade ini, semua space yang dibuat mengikuti topik percakapan akan diatur menjadi in-line thread. Dengan begitu, aliran percakapan di space Google Chat diharapkan dapat menjadi lebih sederhana dan ramping. Sementara itu, thread space yang sudah ada akan terus berfungsi seperti biasa hingga proses upgrade selesai.

Photo Credit: Google Workspace Updates

Menjelang upgrade, administrator Workspace, mitra, dan reseller akan menerima email dengan informasi lebih lanjut mengenai apa saja yang akan berubah setelah peningkatan.

Baca juga: Smart Compose, Balas Pesan Google Chat Kini Jadi Makin Ringkas

Mengapa upgrade ini penting?

Google Chat terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan pengguna dengan fitur baru. Untuk memberikan pengalaman pengguna yang konsisten dan mengurangi kompleksitas, semua space Chat akan menggunakan in-line thread pada akhir Q1 2024.

In-line thread memungkinkan pengguna untuk membalas pesan apa pun dan membuat diskusi yang terpisah dari percakapan utama. Pengguna juga dapat mengikuti utas tertentu, di mana mereka akan menerima pemberitahuan untuk balasan dan @-mention yang ada dalam di utas tersebut, membantu mengurangi kebingungan dan tetap dalam topik. Selain itu, pengguna dapat memanfaatkan fitur bermanfaat lainnya yang akan datang seperti mengutip pesan, tautan pesan, dan banyak lagi.

Baca juga: Google Chat Luncurkan Konfigurasi Announcement-Only untuk Space Manager, Apa Fungsinya?

Penting untuk diingat

Pesan yang dikirim sebelum upgrade akan dipertahankan dan akan diatur secara kronologis, bukan berdasarkan topik. Juga akan ada pemisah berjudul “Begin New Topic” untuk ditunjukkan setiap kali topik baru dimulai.

Dalam beberapa kasus, ketika pengguna telah menanggapi topik yang lebih lama, urutan kronologis baru diutamakan. Artinya, pesan mungkin tidak muncul di sebelah topik asli, tapi disesuaikan dengan penanda waktu mereka. Saat ini terjadi, respons baru akan mengutip pesan terakhir yang dibalas, seperti yang terlihat pada gambar kedua di bawah ini.

Sebelum upgrade (Percakapan dikelompokkan berdasarkan topik)

– Photo Credit: Google Workspace Updates

Setelah upgrade (Percakapan berubah menjadi thread in-line, pesan diatur secara kronologis)

– Photo Credit: Google Workspace Updates

Anda juga akan melihat pemisah antara pesan terakhir yang dikirim sebelum migrasi dan pesan yang menunjukkan bahwa ruang telah ditingkatkan ke ruang dengan balasan in-line. Ke depan, semua pesan baru akan menampilkan fungsionalitas thread in-line.

Memulai upgrade

Upgrade Google Chat ke thread in-line ini berjalan secara otomatis tanpa memerlukan pengaturan tambahan, baik dari administrator maupun end-user.

Photo Credit: Google Workspace Updates

Upgrade ini berlaku untuk seluruh pengguna Google Workspace dan berjalan secara otomatis tanpa pengaturan tambahan apa pun.

Baca juga: Kini, Buat Aplikasi untuk Google Chat Jadi Makin Mudah dengan AppSheet

Google Chat terus menghadirkan beragam fitur baru dan meningkatkan kapabilitas mereka untuk menghadirkan pengalaman chatting yang lebih praktis sekaligus seamless. Untuk menikmati beragam fitur dan kapabilitas andalan Chat, jangan lupa berlangganan Google Workspace.

Workspace merupakan rangkaian produktivitas dari Google dengan beragam edisi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Mulai dari edisi Business untuk keperluan bisnis hingga edisi Education untuk institusi pendidikan. Semuanya bisa Anda dapatkan melalui EIKON Technology, official reseller Google Workspace untuk Indonesia. Informasi lengkap mengenai implementasi solusi, silakan hubungi kami di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments