Sederhanakan dan Perkuat Proses Sign-in dengan Passkey untuk Pengguna

Google Workspace kini mengaktifkan penggunaan passkey sebagai alternatif sandi yang lebih sederhana, namun tetap aman untuk masuk ke Google Account. Selain itu, administrator Workspace sekarang juga dapat mengizinkan pengguna menggunakan passkey untuk melewati kata sandi saat masuk ke aplikasi Workspace.

Fitur baru ini memberikan pilihan bagi pengguna untuk tidak memasukkan kata sandi dan masuk dengan biometrik (sidik jari atau pengenalan wajah) atau mekanisme pengunci layar di ponsel, laptop, atau desktop lainnya. Untuk saat ini, passkey Workspace tersedia dalam format open beta, yang berarti administrator bisa menggunakannya tanpa mendaftar dalam program beta apa pun.

Passkey Google Workspace

Photo Credit: Google Workspace Updates

Passkey telah dirancang dengan mempertimbangkan privasi masing-masing pengguna. Saat pengguna sign-in dengan passkey ke aplikasi Workspace mereka, seperti Gmail atau Google Drive, sistem secara otomatis akan mengonfirmasi bahwa pengguna memiliki akses ke perangkatnya. Selanjutnya, pengguna dapat membuka kunci dengan sidik jari, pengenalan wajah, atau mekanisme pengunci layar lainnya. Data biometrik pengguna tidak akan dikirim ke server Google atau situs web dan aplikasi lain yang dapat membahayakan keamanan pengguna.

Passkey merupakan metode sign-in baru tanpa kata sandi yang dapat menawarkan pengalaman autentikasi yang lebih nyaman dan aman di seluruh situs web maupun aplikasi. Passkey dirancang mengikuti standar industri dan telah tersedia di berbagai browser dan sistem operasi populer yang digunakan banyak orang setiap harinya, seperti Android, ChromeOS, iOS, macOS, dan Windows. Data awal Google (bulan Maret-April 2023) menunjukkan bahwa passkey 2x lebih cepat dan 4x lebih sedikit rawan kesalahan dibanding dengan password biasa.

Baca juga: Melindungi Keamanan Siswa dengan Kesadaran Terhadap Keamanan Siber

Passkey didasarkan pada protokol kriptografi kunci publik (public key cryptographic protocols) yang mendukung keamanan fisik, seperti Titan Security Key. Oleh karena itu, passkey dapat tahan terhadap phishing dan serangan online lainnya.

Faktanya, penelitian Google telah menunjukkan bahwa passkey memberikan perlindungan yang lebih kuat terhadap bot otomatis, serangan phishing massal, dan serangan tertarget, dibandingkan dengan SMS, one-time password, dan bentuk lain dari two-factor authentication (2FA) tradisional. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai teknis passkey, Anda bisa mengunjungi halaman berikut.

Baca juga: Menimbang Kembali Open Source dan Keamanan Multicloud

Mulai menggunakan passkey

Administrator dapat mengizinkan pengguna di lingkungan kerja mereka untuk melewati kata sandi saat sign-in untuk masuk menggunakan passkey. Secara default, setelan ini nonaktif. Itu artinya, pengguna tidak dapat melewatkan sandi saat sign-in, tapi masih dapat membuat dan menggunakan passkey sebagai metode 2-Step Verification (2SV).

Untuk mengaktifkan passkey, administrator cukup masuk ke konsol Admin dan kemudian masuk ke menu Security dan pilih opsi Passwordless.

Photo Credit: Google Workspace Updates

Bagi end-user, setelah admin mengaktifkan passkey, silakan kunjungi g.co/passkeys untuk mulai sign-in tanpa menggunakan sandi atau metode 2 SV.

Photo Credit: Google Workspace Updates

Ketersediaan passkey

Passkey Workspace telah tersedia dalam format open beta dan dirilis secara bertahap, baik untuk domain rilis cepat maupun domain rilis terjadwal mulai dari tanggal 5 Juni 2023 (kemungkinan memerlukan waktu hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur). Fitur ini tersedia bagi seluruh pelanggan Google Workspace dan Cloud Identity.

Baca juga: Melindungi Jaringan Cloud Anda di Masa Mendatang Dengan Keamanan Data Otonom

Passkey merupakan metode sign-in baru tanpa kata sandi yang dapat menawarkan pengalaman autentikasi yang lebih nyaman dan aman di seluruh situs web maupun aplikasi. Dengan passkey, Anda dapat sign-in lebih cepat, tanpa perlu mengorbankan keamanan.

Selain passkey, Google Workspace telah melengkapi ekosistem kerja mereka dengan keamanan tingkat tinggi, melindungi Anda dari berbagai ancaman keamanan siber. Belum berlangganan Workspace? EIKON Technology menyediakan paket berlangganan Workspace for Business dan Workspace for Education yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Informasi lebih lanjut mengenai implementasi solusi, silakan hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments