Belajar dari Kesuksesan Salesforce : Tingkatkan Produktivitas Bisnis dengan Kolaborasi G Suite

Salesforce adalah penyedia layanan perangkat lunak Customer Relation Management (CRM). Kantor Salesforce mendapatkan ranking pertama dari Fortune’s dalam kategori 100 Perusahaan Terbaik sebagai Tempat Kerja. Salesforce mendominasi pasar, seperti yang dikatakan Bloomberg dengan pangsa pasar sebesar 19,6% pada 2017 menurut International Data Corporation. Perusahan ini terus tumbuh 25% pada tahun fiskal 2018.

Anda pasti penasaran bagaiamana cara Salesforce mempertahankan posisinya sebagai pemimpin industri CRM di tengah persaingan bisnis yang ketat?

Peringkat yang disandang oleh Salesforce ini tidak lepas dari baiknya kepemimpinan, filosofi, dan kepuasan kerja. Hasil ini salah satunya disebabkan oleh penerapan G Suite sebagai alat kolaborasi karyawan dan partner bisnis.

Kendala-kendala yang dialami Salesforce sebelum menggunakan G Suite :

  1. Seiring dengan perusahaan yang berkembang pesat, Direktur Manager Programnya menemukan bahwa sistem email, alat komunikasi, dan teknologi kolaborasi perusahaan mereka tidak dapat mengikuti perkembangan perusahaan.
  2. Kapasitas penyimpanan email terbatas (itu artinya jika kapasitas email penuh, maka email tidak akan dapat masuk inbox)
  3. Orang-orang sering membagi dokumen penting seperti lampiran dengan beberapa versi berbeda. Yang mana ini membuat error dan menunda proses review dan approval dokumen. Dengan kata lain cara ini tidak produktif.

Jadi, apa manfaat dan keutungan G Suite untuk Salesforce ? Simak testimoninya disini.

testimoni G Suite salesforce

  • Salesforce dapat memproduksi konten yang panjang dalam waktu hanya 24 jam, walaupun harus melewati beberapa approval dari berbagai pemangku kepentingan
  • Manfaat G Suite, memungkinkan kolaborasi real-time dengan mitra penting, sehingga mempercepat proses keputusan
  • Keuntungan G Suite, mengurangi ratusan versi dokumen dengan menggabungkannya menjadi satu

Pada awalnya, Salesforce memigrasikan sebagian karyawan ke Google Docs untuk kolaborasi real-time. Kemudian mereka menggunakan Gmail dan Google Calender pada G Suite secara lengkap. Saat ini lebih dari 30.000 karyawan Salesforce menggunakan aplikasi G Suite untuk mengirim email, video, mengobrol dengan tim, dokumen, presentasi, spreadsheet dan banyak lagi.

“Dibandingkan yang dulu kita pakai, kapasitas infrastruktur G Suite jauh lebih besar. Kapasitas penyimpanan email dulu maksimal hanya 250MB contohnya. Dengan G Suite, kapasitasnya unlimited. Dan itu besar sekali,” kata Tetsu. “Gmail juga memiliki bulit-in intelligence fitur seperti Smart Replay, jadi orang-orang menghemat waktu mengelola inbox mereka dan lebih fokus pada membentuk cutomer value.

“Integrasi antara Gmail, Docs, Calender, Google Drive, dan aplikasi G Suite lainnya adalah poin penjualan lainnya”, tambah Andy White, Senior Director, Infrastruture Engineering. “Secara keseluruhan, platform kolaborasi real-time G Suite ini impresif.” Berikut testimoni G Suite pada Salesforce :

1. G Suite Bermanfaat Mempercepat Laju Kolaborasi

Sebelumnya mereka membutuhkan waktu untuk menyelesaikan materi pemasaran jauh lebih lambat karena harus mengkonsolidasikan berbagai draft melalui email. Seteah menggunakan G Suite peninjauan dokumen oleh banyak stakeholders (pada bagian legal, marketing, dan departemen lain) lebih cepat karena hanya memerlukan satu dokumen tanpa banyak versi. Sehingga mereka menyelesaikan materi pemasaran hanya 24 jam, dibandingkan sebelumnya membutuhkan waktu berminggu-minggu.

2. G Suite Memungkinkan Kolaborasi Secara Real Time di Berbagai Belahan Dunia Manapun

Salesforce adalah perusahaan multinasional yang berpusat di San Francisco, namun karyawan dan kantornya ada di seluruh dunia.

Nick Amido, Direktur Teknik Infrastrukturnya mengatakan bahwa dengan Google Hangouts dan Hangouts Meet mereka dapat mengatasi batasan geografis. Dia mengaku sekitar tiga tahun lalu, Salesforce memiliki 200 Hangouts setiap hari. Sekarang jumlah ini meledak jadi lebih dari 15.000 sehari. G Suite membantu mereka berinteraksi dengan banyak orang sekaligus secara bersamaan dan melihat presentasi yang sama di Slide.

“G Suite benar-benar meruntuhkan hambatan apa pun antara kami dan mitra yang kami tangani. Itu membuat kita semua merasa seperti satu tim, yang sangat ideal untuk mendapatkan hasil terbaik, ”kata Leandro.

3. G Suite Membuat Ratusan Versi Dokumen Menjadi Satu 

Saat bekerja dengan tim, mungkin setiap orang memiliki tugas yang berbeda dalam membuat laporan. Untuk menyatukan beberapa laporan dari masing-masing orang butuh konsolidasi file. Ini akan memakan waktu lama. Bahkan sering membuat frustasi jika ada beberapa versi dokumen dengan judul yang sama. Dengan menggunakan Google Docs, Spreadsheet, Slide, tim dapat berkolaborasi secara real-time pada satu dokumen yang sama tanpa perlu konsolidasi yang membuang banyak waktu.

Jejak perubahan dokumen pun dapat dilihat mulai dari siapa saja, apa saja, jam berapa penyuntingan dilakukan. Dan setiap orang akan memiliki satu versi dokumen yang sama.

Manfaat G Suite yang lain yaitu kemampuan untuk menambahkan komentar. Sehingga, jika misalnya ada beberapa bagian dokumen yang menampilkan data yang tidak valid, maka pengguna lain dapat mengajukan pertanyaan dalam komentar untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Keuntungan G Suite yaitu dapat mengurangi kerumitan dan mempercepat kolaborasi.

4. Mengidentifikasi Sumber Daya Yang Kurang Dimanfaatkan

Salesforce memiliki dua program percontohan yang memanfaatkan Google Calendar dan G Suite untuk mengoptimalkan penggunaan ruang rapat. Dengan program yang dinamakan Room Insights Dashboard, Saleforce mengidentifikasi ratusan sumber daya yang kurang dimanfaatkan termasuk ruang rapat. Data ini kemudian digunakan untuk membuat keputusan lebih baik untuk organisasinya.

5. Mengurangi Biaya Tambahan Backup Data Terpisah

Penyimpanan tanpa batas G Suite dan pencadangan otomatisnya pada fitur Google Backup and Sync membuat Salesforce berhenti membayar biaya tambahkan setiap tahun untuk layanan backup cloud terpisah. Salesforce menyatakan bahwa G Suite dapat menghemat biaya tahunan yang besar.

EIKON Technology adalah Google Premier Partner di Indonesia. Kami menjadi reseller G Suite resmi di Indonesia. Anda dapat membaca keuntungan membeli G Suite di reseller resmi Indonesia melalui artikel ini. Kami akan selalu siap membantu perusahaan Anda berkembang dan lebih maju. Dengan aplikasi produktivitas dari Google, G Suite, Anda dapat meningkatkan laju kolaborasi tim Anda. Kami akan support Anda selama 24 jam.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of